Perbandingan Kayu Manis dan Kopi Putih terhadap Perubahan Warna Resin Akrilik Polimerisasi Dingin

Hastoro Pintadi, Tika Kartika Putri

Abstract


Resin akrilik merupakan resin yang memiliki kejernihan luar biasa, warna dan sifat optik tetap stabil dibawah kondisi mulut normal dan secara klinis juga cukup stabil terhadap panas. Kayu manis dan kopi putih merupakan bahan minuman yang dapat menyebabkan perubahan warna pada resin akrilik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kayu manis dan kopi putih terhadap perubahan warna resin akrilik polimerisasi dingin. Metode penelitian ini adalah eksperimental laboratories dengan rancangan postest control group design. Subyek yang digunakan adalah lempeng resin akrilik polimerisasi dingin berbentuk bulat dengan diameter 26 mm dan tebal 2 mm (ISO 1567) yang direndam dalam kayu manis dan kopi putih untuk mengevaluasi bahan yang paling banyak merubah warna resin akrilik dalam 2,5 hari. Uji perubahan warna dengan spektrofotometer, uji analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil uji statistika didapatkan pengaruh yang signifikan dengan nilai kromatisitas perubahan warna tertinggi pada perendaman kayu manis yaitu dengan rerata 7,93368 sedangkan paling rendah pada perendaman kopi putih yaitu 5,15632. Kesimpulan pada penelitian ini adalah perubahan warna resin akrilik polimerisasi dingin pada kayu manis lebih tinggi dibandingkan pada kopi putih.


Keywords


Kayu Manis; Kopi Putih; Polimerisasi Dingin; Resin Akrilik

Full Text:

PDF

References


Wahjuni S, Mandanie S A. (2017). Fabrication Of Combined Prosthesis With Castable Extracoronal Attachments (Laboratory Procedure). Journal Of Vocational Health Studies, 01 : 75-81.

Kangsudarmanto Y, Rachmadi P, I Wayan A KF. (2014). Perbandingan Perubahan Warna Heat Cured Acrylic Basis Gigi Tiruan Yang Direndam Dalam Klorheksidin Dan Effervescent (Alkaline Peroxide). Jurnal Kedokteran Gigi, II, 205-209.

Naini, A. (2011). Pengaruh Berbagai Minuman Terhadap Stabilitas Warna Resin Akrilik.J Stomatognatik, 8, 74-77.

Gladwin M, Bagby M. (2004). Clinical Aspects of Dental Materials (3 ed.). Lippincott Williams & Wilkins.

Goenharto, S. (2016). Bahaya bagi teknisi dental laboratorium pada pembuatan peranti ortodonti lepas. Jurnal PDGI, 65, 6-11.

Kementrian Kesehatan RI. (2011). 100 Top Tanaman Obat Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Tradisional.

Ferry, Y. (2013). Prospek Pengembangan Kayu Manis (Cinnamomum Burmanii L) Di Indonesia.J SIRINOV, 1, 11-20.

Supiyana, Sidiqa A N, Sukma N. (2013). Perbedaan Diskolorisasi resin komposit hybrid yang direndam dengan larutan kopi hitam dan kopi putih. Jurnal Material Kedokteran Gigi, 2, 161-168.

Anusavice, Rawls R H. (2003). Science of Dental Materials (Eleventh ed.). Saunders, 734-746.

Nopitasari I. (2010). Proses Pengolahan Kopi Bubuk (Campuran Arabika Dan Robusta) Serta Perubahan Mutunya Selama Penyimpanan.

Ifwandi, Sari D V, Lismawati. (2013). Pengaruh Perendaman Elemen Gigi Tiruan Resin Akrilik Dalam Larutan Daun Sirih (Piper Betle Linn) Terhadap Perubahan Warna. Cakradonya Dent, 5, 542-618.

Kusstianti N, Karyaningrum E A, Wilujeng Y B. (2018). Pengaruh Penggunaan Bubuk Kayu Manis dan Cengkeh sebagai Warna Rambut Beruban. Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1.

Togatorop S R, Rumampuk F J, Wowor S N V. (2017). Pengaruh Perendaman Plat Resin Akrilik Dalam Larutan Kopi Dengan Berbagai Kekentalan Terhadap Perubahan Volume Larutan Kopi. Jurnal e-Gigi, 5.

Andriani M, Amanto S B, Gandes. (2012). Pengaruh Penambahan Gula Dan Suhu Penyajian Terhadap Nilai Gisi Minuman Teh Hijau. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, 5.

Chismirina S, Andayani R, Ginting R. (2014). Pengaruh Kopi Arabika (Coffea Arabica) Dan Kopi Robusta (Coffea Canephora) Terhadap Viskositas Saliva Secara In Vitro. Cakradonya Dent J, 6(2), 678-744.

Utarid G R. (2018). Pengaruh Proporsi Tepung Pati Singkong Dan Bubuk Kayu Manis (Cinnamomum Burmannii) Terhadap Sifat Dan Masa Simpan Fisik Masker Wajah Tradisional. e-Jurnal, 07 : 93-99.

Praputri E dan Sundari E. (2008). Pengambilan Minyak Atsiri Berdasarkan Ketinggian Pengulitan dan Dari Bagian Tanaman Kayumanis Yang Terbuang. Jurnal Teknos-2k, 8(1).




DOI: https://doi.org/10.18196/di.9216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Insisiva Dental Journal: Majalah Kedokteran Gigi Insisiva are indexed by:

 

Office:

Gedung Siti Walidah F3 4th Floor, Faculty of Dentistry Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387656 Ext.217
Email: jurnalkgumy@gmail.com
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/di/index

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) International license.