Permainan Ular Tangga Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Disabilitas Rungu

Nabilah Nur Dini, Erna Dwi Agustin, Musri Amurwaningsih

Abstract


Anak disabilitas rungu memiliki keterbatasan pendengaran sehingga mengalami hambatan dalam perkembangan bahasa. Keterbatasan tersebut mempengaruhi tingkat pengetahuan anak terhadap informasi yang didapatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan permainan ular tangga dalam peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak disabilitas rungu di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan Experimental dengan pre and post test group design. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa disabilitas rungu di SLB Negeri Semarang berjumlah 45 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Data dinalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) pada data sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan permainan ular tangga yang artinya terdapat pengaruh pada penyuluhan menggunakan permainan ular tangga terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak disabilitas rungu. Kesimpulan penelitian ini adalah penyuluhan menggunakan permainan ular tangga berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak disabilitas rungu.


Keywords


Disabilitas Rungu; Kesehatan Gigi dan Mulut; Permainan Ular Tangga; Tingkat Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Husna N, Prasko P. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Busy Book Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut. J Kesehatan Gigi. 2019;6(1):51–55.

Binkley CJ, Johnson KW, Abadi M, Thompson K, Shamblen SR, Young L, et al. Improving the oral health of residents with intellectual and developmental disabilities: an oral health strategy and pilot study. Eval Program Plann. 2014;47:54–63.

Setiawan I, Mujtaba M, Zuana M, Chalim A. Teaching Vocabulary Using Modified Snakes and Ladders Game. ALSUNA J Arab English Lang. 2018;1(87):87–95.

Yusuf Y, Auliya U. Sirkuit Pintar : Melejitkan Kemampuan Menghafal Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga. cetakan pe. SR Z, Fauzi I, editors. Jakarta: Visimedia; 2011. 16–17.

Chabib M, Djatmika ET, Kuswandi D. Efektivitas Pengembangan Media. J Pendidik Teor Penelitian, dan Pengetah. 2017;2:910–8.

RI KK. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. 99–103.

Desiningrum RD. Psikologi anak berkebutuhan khusus. Cetakan Pertama. Vol. 3. Yogyakarta: Psikosain; 2016. 777–786.

Korver AMH, Smith RJH, Camp G Van, Schleiss MR, Lustig LR, Usami S, et al. Congenital hearing loss. Primer. 2017;3:1–17.

Rifai. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Materi Pembelajaran Sakramen Perjamuan Kudus VIII SMP Negeri 17 Surakarta,. Dun (J Teol dan Pendidik Kristiani ). 2017;1(2):172–92.

Rohman BN. Pelaksanaan Pembelajaran Bina Wicara Bagi Siswa Tunarungu di SLB Negeri 2 Bantul. J Widia Ortodidaktika. 2018;7(6):662–75.

Kusumaningtyas ED, Purbaningrum E. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Anak Tunarungu Kelas V di SDLB-B. J Pendidik Khusus. 2017;9(3):1–9.

Tantra FHA. Penggunaan Media POP-UP Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Tunarungu Kelas P1 Di SLB Dena Upakara Wonosobo. J Widia Ortodidaktika. 2016;5(1):1194–204.

Syarifin A. Percepatan Perkembangan Kognitif Anak: Analisis Terhadap Kemungkinan dan Persoalannya. al-Bahtsu. 2017;2(1).

Notoatmojo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.

Effendi D, Hardiyana B, Gustiana I. Implementasi Rancangan Aplikasi Program Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernafasan Untuk SDLB Bagian B Tunarungu Berbasis Multimedia. J Simetris. 2017;8(1):99–112.

Juliani, Asriati N, Syahrudin H. Efektivitas Pembelajaran Make A Match dalam Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi. 2017;1–11.

Hasan Y. Pelaksanaan Bina Bicara Melalui Pembelajran Individual Bagi Anak Tunarungu Di SLB Karya Tabing Padang. Pedagogi. 2017;XVII(1):29–35.




DOI: https://doi.org/10.18196/di.v10i1.9566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Insisiva Dental Journal: Majalah Kedokteran Gigi Insisiva are indexed by:

 

Office:

Gedung Siti Walidah F3 4th Floor, Faculty of Dentistry Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387656 Ext.217
Email: jurnalkgumy@gmail.com
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/di/index

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) International license.