Permainan Ular Tangga Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Disabilitas Rungu
DOI:
https://doi.org/10.18196/di.v10i1.9566Keywords:
Disabilitas Rungu, Kesehatan Gigi dan Mulut, Permainan Ular Tangga, Tingkat PengetahuanAbstract
Anak disabilitas rungu memiliki keterbatasan pendengaran sehingga mengalami hambatan dalam perkembangan bahasa. Keterbatasan tersebut mempengaruhi tingkat pengetahuan anak terhadap informasi yang didapatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan permainan ular tangga dalam peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak disabilitas rungu di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan Experimental dengan pre and post test group design. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa disabilitas rungu di SLB Negeri Semarang berjumlah 45 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Data dinalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) pada data sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan permainan ular tangga yang artinya terdapat pengaruh pada penyuluhan menggunakan permainan ular tangga terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak disabilitas rungu. Kesimpulan penelitian ini adalah penyuluhan menggunakan permainan ular tangga berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak disabilitas rungu.
References
Husna N, Prasko P. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Busy Book Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut. J Kesehatan Gigi. 2019;6(1):51–55.
Binkley CJ, Johnson KW, Abadi M, Thompson K, Shamblen SR, Young L, et al. Improving the oral health of residents with intellectual and developmental disabilities: an oral health strategy and pilot study. Eval Program Plann. 2014;47:54–63.
Setiawan I, Mujtaba M, Zuana M, Chalim A. Teaching Vocabulary Using Modified Snakes and Ladders Game. ALSUNA J Arab English Lang. 2018;1(87):87–95.
Yusuf Y, Auliya U. Sirkuit Pintar : Melejitkan Kemampuan Menghafal Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga. cetakan pe. SR Z, Fauzi I, editors. Jakarta: Visimedia; 2011. 16–17.
Chabib M, Djatmika ET, Kuswandi D. Efektivitas Pengembangan Media. J Pendidik Teor Penelitian, dan Pengetah. 2017;2:910–8.
RI KK. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. 99–103.
Desiningrum RD. Psikologi anak berkebutuhan khusus. Cetakan Pertama. Vol. 3. Yogyakarta: Psikosain; 2016. 777–786.
Korver AMH, Smith RJH, Camp G Van, Schleiss MR, Lustig LR, Usami S, et al. Congenital hearing loss. Primer. 2017;3:1–17.
Rifai. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Materi Pembelajaran Sakramen Perjamuan Kudus VIII SMP Negeri 17 Surakarta,. Dun (J Teol dan Pendidik Kristiani ). 2017;1(2):172–92.
Rohman BN. Pelaksanaan Pembelajaran Bina Wicara Bagi Siswa Tunarungu di SLB Negeri 2 Bantul. J Widia Ortodidaktika. 2018;7(6):662–75.
Kusumaningtyas ED, Purbaningrum E. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Anak Tunarungu Kelas V di SDLB-B. J Pendidik Khusus. 2017;9(3):1–9.
Tantra FHA. Penggunaan Media POP-UP Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Tunarungu Kelas P1 Di SLB Dena Upakara Wonosobo. J Widia Ortodidaktika. 2016;5(1):1194–204.
Syarifin A. Percepatan Perkembangan Kognitif Anak: Analisis Terhadap Kemungkinan dan Persoalannya. al-Bahtsu. 2017;2(1).
Notoatmojo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.
Effendi D, Hardiyana B, Gustiana I. Implementasi Rancangan Aplikasi Program Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernafasan Untuk SDLB Bagian B Tunarungu Berbasis Multimedia. J Simetris. 2017;8(1):99–112.
Juliani, Asriati N, Syahrudin H. Efektivitas Pembelajaran Make A Match dalam Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi. 2017;1–11.
Hasan Y. Pelaksanaan Bina Bicara Melalui Pembelajran Individual Bagi Anak Tunarungu Di SLB Karya Tabing Padang. Pedagogi. 2017;XVII(1):29–35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License
Insisiva Dental Journal : Majalah Kedokteran Gigi Insisiva (IDJ) is licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. This license is acceptable for Free Cultural Works.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).