PENERIMAAN PAJAK REKLAME DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Opissen Yudisyus

Abstract


The advertisement tax is the biggest source of taxation for Yogyakarta. Since 2003 until the fourth quarter of 2012, the advertisement tax keeps increasing. This study aims to know the factors influencing the acceptance of the advertisement tax in Yogyakarta. The regression model that is used is the Multiple Linier Regression Model with the Ordinary Least Square (OLS) method. The result shows that independent variables such as PDRB, A number of people, and a number of industries have a significant impact toward advertisement tax.

 

Pajak reklame merupakan sumber penerimaan pajak daerah yang penting bagi Kota Yogyakarta. Hal ini terbukti selama kuartal 1 tahun 2003 sampai dengan kuartal 4 tahun 2012 pajak reklame mengalami peningkatan. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame Kota Yogyakarta. Model regresi yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda (Multiple Linier RegressionMethod) dengan metode kuadrat terkecil atau ordinary Least square (OLS). Hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel independen (PDRB, Jumlah Penduduk, dan Jumlah Industri) secara bersama-sama dapat menunjukkan pengaruhnya terhadap penerimaan pajak reklame secara signifikan.

 


Keywords


advertisement tax; product domestic regional bruto; industry; tax revenue

Full Text:

PDF

References


Lincolin, A. (2010). Ekonomi pembangunan. Edisi Kelima. Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Badan Pusat Statistik. Indikator ekonomi Kota Yog¬yakarta berbagai tahun. Yogyakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. (tt). Kota Yogyakarta dalam angka berbagai tahun.Yogyakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. (tt). Produk domestik regional bruto kota Yogyakarta menurut la¬pangan usaha berbagai tahun. Yogyakarta: BPS.

Dumairy. (1999). Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Nurmayasari, Dini. (2010). Analisis penerimaan pajak re¬klame Kota Semarang. Skripsi. Sema¬rang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponego¬ro.

Pemerintah Kota Yogyakarta. (2012). Buku data status lingkungan hidup Kota Yogyakarta Tahun 2012. Yogyakarta: Pemkot DIY.

Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 51 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Per¬aturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 51 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 26 Tahun 2010 tentang Masterplan Reklame dan Alat Peraga di Kota Yogyakarta.

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 74 Tahun 2009 tentang Izin Penyelenggaraan Reklame.

Pesik, V. F. (2013). Faktor-faktor yang mem¬pe¬ngaruhi penerimaan pajak reklame di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol. 1 No 3, Sep¬tember 2013:804–812.

Altim, S. (2009). Kajian faktor nilai strategis lokasi dalam penempatan reklame di Kota Palu. Jurnal “Ruang”. Vol 1 No 1 Sept 2009.

Yuliadi, I. (2001). Aspek ekonomi kebijakan oto¬nomi daerah. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan Vol 2 No 1 April 2001. Uni¬versitas Muhammadiyah Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan




 

Office:
Redaksi JESP UMY, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183
Telp: (0274) 387656 ext.184
Fax: (0274) 387646
Email: jesp@umy.ac.id


Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan (JESP) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.