Gender In Social Media: Semiotic Study of Gender Constuction of Women in Instagram Account @ModusKeras Postings
Abstract
Instagram adalah satu jenis media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagi foto kepada pengguna lain. Namun tak hanya sekedar foto biasa yang seringkali dibagikan pengguna instagram, kadangkala foto tersebut mengandung seksualitas seperti di dalam akun Instagram @moduskeras yang umumnya menampilkan perempuan sebagai objeknya. Penelitian dengan metode kualitatif ini bertujuan mengetahui bagaimana konstruksi gender terjadi dalam media sosial Instagram dengan menelusuri unsur-unsur semiotik dari berbagai gambar unggahan akun @moduskeras. Dengan menggunakan teori-teori media sosial, konstruksi gender, bias gender dalam media online, dan semiotika. Menggunakan analisis semiotika Charles Peirce yang mengusung tiga unsur, yaitu tanda, objek, dan interpretan. Tanda kemudian akan dikategorikan menjadi ikon, indeks dan simbol. Terdapat 10 gambar yang menjadi objek kajian bagaimana gender dikonstruksi. Peneliti melihat 10 gambar tersebut terdapat aspek-aspek tanda yang dapat menunjukkan bagaimana gender perempuan dibentuk. 10 gambar tersebut kemudian dimasukkan kedalam 4 macam kategorisasi yaitu: Objetivikasi tubuh perempuan, komersialisasi perempuan, perempuan menjadi objek fetishisme dan menjadi sosok pasif, serta perempuan memiliki batas dan terpenjara. Hasil penelitian ini adalah akun Instagram @moduskeras mengkonstruksi gender perempuan sesuai dengan paham patriarki yang membuat perempuan tidak bisa terlepas dari seksualitas dan menjadi objek dari laki-laki.
Abstract
Instagram is one kind of social media that allows users to share photos to others. But not only regular photos that distributed by users, sometimes the photo contains sexuality. Instagram @moduskeras account generally displays women as its object. This research with qualitative method aims to find out how gender constructions occur in social media Instagram by tracing the semiotic elements on images uploaded by @moduskeras account. Using theories about Instagram as social media, gender constructions, gender bias in online media, and semiotics. Using Peirce's semiotic analysis that carries three elements: signs, objects, and interpretations. The sign will then be categorized into icon, index, and symbol. There are 10 images which become the object of studying how gender is constructed. Researcher saw that 10 pictures have several aspects of the sign that can show how women's gender is formed. The 10 images then inserted into four types of categorization: Objectivication of women's bodies, commercialization of women, women become objects of fetishism and being passive, and women have limits and imprisonment from the world. The result of this research is Instagram @moduskeras account constructs women’s gender based on patriarchal system which women can not be separated from sexuality and become the object of men.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18196/jkm.101010
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Komunikator
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Komunikator Supported by:
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jl. Lingkar Selatan Yogyakarta 55183 Po Box 1063, telp. (0274) 387656 pesawat 175, fax: (0274) 387646, email: jurnal.komunikator@gmail.com komunikator@umy.ac.id, website: journal.umy.ac.id
Komunikator Incorporates with:
Komunikator is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.