Evaluasi Program E-Learning pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Model CIPP

Authors

  • Ainikke Zakiyyatul Fitriani Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10481

Keywords:

Evaluasi, E-Learning, Metode CIPP

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi komponen konteks pelaksanaan program e-learning yaitu kesesuaian pelaksanaan program e-learning terhadap kebutuhan mahasiswa berdasarkan tujuan pelaksanaan program pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan menggunakan metode evaluasi CIPP (Context, Input, Proccess dan Output). Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode deskriptif kuantitatif, yaitu untuk meninjau serta melihat objek penelitian dengan apa adanya sesuai fenomena yang terlihat pada saat penelitian dilaksanakan dan menggambarkannya dengan angka sebagai kesimpulan akhir penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi e-learning pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dilihat dari komponen Context pada metode evaluasi CIIP (Context, Input, Proccess dan Output) termasuk dalam kategori baik dengan presentase Tingkat Capaian Responden 74,57%.

References

Affandi, Affandi. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press.

Ananda, Rusydi, dan Tien Rafida. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Asrul, Asrul, Rusydi Ananda, dan Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Darodjat, Darodjat, dan Wahyudhiana M. 2015. "Model Evaluasi Program Pendidikan." Islamadina, 17, No. 1: 1-28. http://dx.doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1665

Harahap, Seprida Hanum, dan Muhammad Firza Alpi. 2017. "E-Learning Dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Dosen Di Perguruan Tinggi Di Kota Medan." Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol.4, No.1: 42-49. https://doi.org/10.31289/jkbm.v4i1.1243

Lazwardi, Dedi. 2017. "Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah." Al-Idarah:Jurnal Kependidikan Islam, 7, No.2: 142-156. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i2.2267

Mahirah. 2017. "Evaluasi Belajar Peserta Didik". Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1,No. 2: 257-267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269

Nuke.L, Chusna. 2019. "Pembelajaran E-Learning." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol. 2: 113-117.

Putra, Erik Ade. 2015. "Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang." JUPPEKhu, 4, No. 3: 71-76. https://doi.org/10.24036/jupe60650.64

Sidiq, Umar, dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV.Nata Karya.

Sudaryono, Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sukamta, Sukamta, Bambang Riyanta, Eko Purwanti, Nafi Ananda Utama, Endro Dwi Hatmanto, Suryanto, Wahyudi, Winny Setyonugroho, Aris Widyo Nugroho, Muh.Budi Nur Rahman. 2018. Panduan Penjaminan Proses Pembelajaran Daring. Yogyakarta: UMY Press.

Surjono, Herman Dwi. 2010. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Suryati, Suryati. 2017. "Sistem Manajemen Pembelajaran Online, Melalui E-Learning." Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 1, No. 1: 60-76. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/2034

Widiara, I Ketut. 2018. "Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital." Purwadita, 2, No. 2: 50-56.

Yustanti, Ike, dan Dian Novita. 2019. "Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0 ." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Palembang: 338-346.

Downloads

Published

2021-09-22

How to Cite

Fitriani, A. Z. (2021). Evaluasi Program E-Learning pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Model CIPP. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 109–127. https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10481

Issue

Section

Articles