Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020

Nurul Fikriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan butir soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena seluruh informasi yang diperoleh akan disajikan dalam bentuk angka. Data yang diperoleh yaitu dengan menggunakan metode dokumentasi yang berupa soal ulangan tengah semester, kunci jawaban, dan respon jawaban siswa. Pada penelitian ini menggunakan seluruh populasi yang terdiri dari seluruh soal ulangan tengah semester mata pelajaran bahasa Arab kelas VII. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 25 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) validitas soal valid berjumlah 31 butir (89%) dan tidak valid berjumlah 4 butir (11%), (2) tingkat kesukaran soal mudah berjumlah 3 butir (10%) sedang berjumlah 25 butir (80%) sukar 3 butir (10%), (3) daya pembeda soal layak berjumlah 25 butir (81%) dan tidak layak berjumlah (19%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas dan kelayakan butir soal ulangan tengah semester mata pelajaran bahasa arab kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 sudah termasuk ke dalam kategori cukup.

Keywords


analisis; evaluasi; soal; ulangan tengah semester

Full Text:

PDF

References


Ainin, dkk. 2006. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Antara, Anak Agung Purwa. 2020. Penyetaraan Vertikal dengan Pendekatan Klasik dan Item Response Theory (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Herlambang, Bima Kartika. 2015. Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margono, Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurul Fikriyah

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.