Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Nurul Fikriyah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10501

Keywords:

analisis, evaluasi, soal, ulangan tengah semester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan butir soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena seluruh informasi yang diperoleh akan disajikan dalam bentuk angka. Data yang diperoleh yaitu dengan menggunakan metode dokumentasi yang berupa soal ulangan tengah semester, kunci jawaban, dan respon jawaban siswa. Pada penelitian ini menggunakan seluruh populasi yang terdiri dari seluruh soal ulangan tengah semester mata pelajaran bahasa Arab kelas VII. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 25 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) validitas soal valid berjumlah 31 butir (89%) dan tidak valid berjumlah 4 butir (11%), (2) tingkat kesukaran soal mudah berjumlah 3 butir (10%) sedang berjumlah 25 butir (80%) sukar 3 butir (10%), (3) daya pembeda soal layak berjumlah 25 butir (81%) dan tidak layak berjumlah (19%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas dan kelayakan butir soal ulangan tengah semester mata pelajaran bahasa arab kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 sudah termasuk ke dalam kategori cukup.

References

Ainin, dkk. 2006. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Antara, Anak Agung Purwa. 2020. Penyetaraan Vertikal dengan Pendekatan Klasik dan Item Response Theory (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Herlambang, Bima Kartika. 2015. Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margono, Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-09-22

How to Cite

Fikriyah, N. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 128–140. https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10501

Issue

Section

Articles