Efektivitas Penggunaan Fun Arabic Student Sheet (FARASSHEE) sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Ulangan Harian Siswa Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Ambarbinangun Tahun Ajaran 2019/2020

Eza Alhaniah Amalina

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah terdapat permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Ambarbinangun yaitu siswa masih membutuhkan bantuan guru dalam mengerjakan ulangan harian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Fun Arabic Student Sheet (FARASSHEE) sebagai alat evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pelaksanaan ulangan harian bahasa Arab kelas 5 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Ambarbinangun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model pre-eksperimen one shot case study. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 B yang berjumlah 29 orang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas konten dan seluruh butir soal pada FARASSHEE terbukti valid. Hasil uji realibilitas menunjukkan koefisien realibilitas sebesar 0,617 dan dinyatakan realiabel. Penelitian ini menggunakan uji paired samples t test dalam menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: Setelah menggunakan FARASSHEE total nilai rata-rata ulangan harian  siswa kelas 5 B meningkat menjadi 67.41. Kemudian menggunakan uji paired sample t test dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Perolehan nilai korelasi antara kedua sampel adalah 0,516 dengan nilai signifikansi 0,004 (kurang dari 0,005). Hal ini menyatakan bahwa terdapat hubungan dan peningkatan hasil antara nilai ulangan harian sebelum menggunakan FARASSHEE dan setelah menggunakannya.


Keywords


Efektivitas; Lembar Kerja Siswa; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Di-Lee, Che. 2014. "Worksheet,Usage,Reading Achievement,Classes' Lack of Readiness, and Science Achievement: A Cross-Country Comparison." International Journal of Education in Mathematics, Science and Techonology 2, no. 2.

Edam, Nia Septiani, Pangemanan Sofia, dan Josef Kairupan. 2018. "Efektivitas Program Cerdas Command Center Sebagai Media Informasi Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik (Studi di Kantor Walikota Manado)." Jurnal Jurisan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Universitas Sam Ratulangi) 1, no. 1.

Enggarwati, Nur Sasi. 2015. "Kesulitan Guru SD Negeri Glagah Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013." Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar 12.

Fitriani, Ida, Rustiyarso, dan Okianna. 2013. "Analisis Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi SMA." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 2, no. 10.

Izza, Aini Zulfa, Mufti Falah , dan Siska Susilawati. 2020. " Studi Literatur: Problematika

Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar". Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan.

KBBI Daring. April 20, 2020. https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/pembelajaran.

KBBI Daring. April 20, 2020. https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/Alat.

Magdalena, Lena, Ayuni Alfiani Nurkholifah, dan Muhammad Hatta. 2015. "Aplikasi Ulangan Harian Menggunakan Systematic Random Sampling Berbasis WEB Studi Kasus: SMKN I Bulukamba Brebes." Jurnal Digit 5, no. 2.

Majid, Abdul. 2011. "Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru". Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pane Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. "Belajar Dan Pembelajaran".

Jurnal FITRAH: Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2.

Riadi, Akhmad. 2017. "Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran". Ittihad Jurnal

Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.27.

Salirawati, Das. 2019. Penyusunan dan Kegunaan LKS. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiono, Sugiono. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alphabeta.

Sulistiasih, Sulistiasih. 2018. Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran SD. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.