Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan dan Karakteristik Merek Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Outlet Planet Surf di Yogyakarta

Aris Argiansyah, Siti Dyah Handayani

Abstract


This research aims to investigate the effect of brand characteristic, company characteristic and customer’s brand characteristic toward customer’s loyalty in Outlet Planet Surf Yogyakarta.This research is quantitative in nature by using survey method with questionnaire. The population of the research is the customer in Outlet Planet Surf Yogyakarta, by using the criteria of customer who made a purchase transaction at least once in the last three months. The samples are 100 respondents by using purposive sampling technique. The method of analysis being used is the quantitative analysis which include: validity test and reliability test, double linear regression, and the hypothesis is tested by using Individual Parameter Significance Test (statistical test t), simultaneous significance test (statistical test f) and determination coefficient analysis (R2). The result of the research shows that simultaneously the three free variables which are brand characteristic (X1), company characteristic (X2), and customer’s brand characteristic (X3) positively and significantly affect the customer’s loyalty (Y). Partial test also shows that all of the respective variables positively and significantly affect the customer’s loyalty.


Keywords


brand characteristic; company characteristic;customer’s brand characteristic; customer’s loyalty

Full Text:

PDF

References


Bilson Simamora. 2001, Dick dkk dalam Suryani (2008) definisi karakteristik pelangan merek dalam artikel http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-00620-mn%20bab%202.pdf

Ghozali I. 2013 buku yang berjudul Aplikasi Analisis Mutivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Edisi 7. Isbn 979.704.015.1

Gitaniaty. 2006. Jurnal penelitian berjudul “Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Konsumen-Merek terhadap Loyalitas Merek melalui Kepercayaan terhadap Merek” (Studi Kasus pada Konsumen Obat Kumur Merek Listerine di Kota Semarang).

Goodwin dkk. 1999 dan Nugroho 2005 definisi loyalitas pelangan dalam artikel http://eprints.uny.ac.id/9449/3/BAB%202%20-%2008601244039.pdf

Keagan, 1995 artikel definisi karakteristik merek dalam artikel http://ilmumanajemenpemasaran.wordpress.comdiaksees 15 november 2014 pk 03.15

Kerlinger. 1973, Tuckman 1982 dan Sudjana 1992. Artikel pengertian hipotesis http://dinulislamjamilah.wordpress.com/2010/03/17/hipotesis/Diakses tanggal 15 November 2014 pk 03.00 WIB

Kotler. 2003 definisi karakteristik merek dalam artikel http://ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com diaksees 15 november 2014 pk 03.18

Kurniawan, A.S. 2011.Jurnal penelitian “Pengaruh Trust In A Brand TerhadapLoyalitas Pelanggan” (Studi pada Starbuck Coffee di Semarang) Fakultas EkonomiUniversitas DiponegoroSemarang. http://eprints.undip.ac.id/29536/1/Skripsi012.pdf Diakses tangal 23 Desember 2014 pk 21.45

Lau dan Lee. 1999.”Consumers' Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty” Journal of Market - Focused Management; Dec 1999; 4, 4; ABI/INFORM Complete pg. 341

Nanda, D.A.A., Sasongko, dan Julianto, D.E. 2013. Jurnal penelitian berjudul “Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Pelanggan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy Pada PT. Telkom Kandatel Banyuwangi”. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember (UNEJ). E-mail: sasongko.fisip@unej.ac.id

Nasution, I.A., Fahma, F. Dan Budijanto, M. 2013 Jurnal penelitian,berjudul Kepercayaan Konsumen Terhadap Merek Dan Hubungannya Dengan Loyalitas Merek Produk Mesin Cetak (Printer) Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Seminar Nasional IENACO,2013. ISSN: 2337-4349. Universitas Sebelas Maret E-mail: akbar.uns@gmail.comfakhrina09@gmail.commurman.budijanto@gmail.com

Planet Surf Indonesia. Tersedia dalam World Wide Web : www.planetsurfonline.com/ Diakses tanggal 14 November 2014 pk 01.07 WIB

Putra, M.J.F. 2012.jurnal penelitian berjudul “Pengaruh Kepercayaan Merek (Trust In A Brand) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Pengguna Sim Card Merek Im3”. (Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Universitas Brawijaya) Universitas Brawijaya.

Rahman, D. 2013. Skripsi penelitian berjudul “Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan Dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Axis”.(Survei pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) Jurusan ManajemenFakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Riana, G., 2008. Jurnal penelitian berjudul “Pengaruh Trust In A BrandTerhadap Brand LoyaltyPada Konsumen Air Minum Aqua Di Kota Denpasar”. Jurusan ManajemenFakultas Ekonomi, Universitas Udayana Denpasar. ISSN 1410-4628.

Sayuti, A., 2014. Skripsi penelitian berjudul “Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Prisoner Apparel”. Jurusan ManajemenFakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

SekaranU., 2006, buku yang berjudul Research Methods For Business, penerbit Salemba empat, Jakarta.

Singarimbun, S & Effendi, S., 1995 Metode Penelitian Survei Cetakan ke dua, PT. Pustaka LP3ES, Jakarta.

Sugiyono, 2007, buku yang berjudul Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung.

Swastha dan Sukotjo. 2002. Kansil. 2001, definisi karakteristik perusahaan dalam artikel lidya-novita.blogspot.co.id/2011/11/perusahaan-dan-lingkungan-perusahaan.html

Syafi’I, dkk. 2010. Jurnal penelitian berjudul “Pengaruh Karakteristik Merek, Diferensiasi Produk, Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Telepon Seluler Blackberry” (Studi Kasus pada Mahasiswa Program S1 angkatan 2010 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro) http://eprints.undip.ac.id/29483/1/Skripsi006.pdf Diakses tanggal 15 November 2014 pk 12.00 WIB

Tabel jadwal pelaksanaan penelitian Proposal skripsi http://repository.upi.edu/5501/5/s_pgsd_penjas_0701098_chapter3.pdf Diakses tanggal 16 November 2014 pk 04.38 WIB.

Tjahyadi,R.A. 2006. Jurnal penelitian berjudul “Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek”. Staf Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2006.

Tjahjono, H.K., 2009. Metode Penelitian Bisnis. Visi Solusi Madani MM UMY

Widyanto, dkk. 2014. Jurnal penelitian berjudul “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian”.(Survei pada Konsumen Distro Planet Surf Mall Olympic Garden kota Malang) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 14 No. 1 September 2014| http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.idDiakses tangal 05 September 2015 pk 23.32

Wijaya,P.S.M. 2007. Jurnal penelitian berjudul pengaruh “Trust In A Brand Terhadap BrandLoyalty Maskapai Penerbangan GarudaIndonesia di Kota Yogyakarta”, Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.

Zulftkar. 2010. jurnal ekonomi dan binis berjudul “Pengaruh Trust In A Brand Merek Terhadap Brand Loyalty” Air Meneral Aqua Di Kota Banda Aceh. Dosen jurusan tara niaga politelaik negri lhokseumawe. Jurnal ekonomi dan binis volume 9, No 2, Agustus 2010 ISSN 1693-8852.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen Bisnis





Office: 

Ruang Jurnal Manajemen Bisnis
Gedung Ki Bagus Hadikusuma (E4) Lantai 2, Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55183
Website: journal.umy.ac.id/index.php/mb - E-mail: mabis@umy.ac.id
Phone: +62 274 387 656 (ext: 118)

Jurnal Manajemen Bisnis is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)