Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2010-2014

Ulfa Sriwahyuni, Wihandaru SP

Abstract


The research aims to test the profitability, leverage, institutional ownership, and the investment opportunity set (IOS) toward firm value with dividend policy as an intervening variable. The sample is taken from the manufacture companies listed on Indonesia Stock Market or Bursa Efek Indonesia (BEI) during 2010-2014. This study used purposive sampling method. The data analysis technique in this research was conducted using multiple linear regression. The analysis method used classical assumption test, composed from; heteroskedasticity test, multicollinearity test, and autocorrelation test. The hypothesis used T-Test, F-Test, and Determinant Coefficient Test. The result shows that profitability, leverage, investment opportunity set (IOS) and dividend policy are significantly influence on firm value. Meanwhile institutional ownership is not significantly influence on firm value. Profitability, institutional ownership, and investment opportunity set (IOS) are significantly influenced on dividend policy. Leverage is not significantly influenced on dividend policy. Lastly, dividend policy can be an intervening variable from profitability, institutional ownership, and investment opportunity set (IOS)


Keywords


Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, Investment Opportunity Set (IOS), Nilai Perusahaan, dan Kebijakan Dividen.

Full Text:

PDF

References


Andriyani, M. 2008. “Analisis Pengaruh Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, Insider Ownership, Investment Opportunity Set (IOS), dan Profitability terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Automotive di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2004-2006.” Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro. 585

Astriani, Eno Fuji. 2014. "Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan." Jurnal Akuntansi 2.1.

Brigham, Eugene F and Joel F.Houston. 2009. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi sepuluh. Buku satu. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Damodar N. Gujarati and Dawn C. Porter. 2012. Dasar–dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, S. C. 2008. “Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen.” Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 47-58.

Ernawati, Dewi. 2016. "Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan." Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi 4.4.

Fistyarini, R. 2015. “Pengaruh Profitabilitas, Kesempatan Investasi Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen Tunai Dengan Likuiditassebagai Variabel Moderating” (Studi Kasus Pada Saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010–2013). Diss. Universitas Negeri Semarang.

Ghozali, I. 2013. Analisis Multivariat dan Ekonometrika : Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiyanti, N. 2012. “Analisis Pengaruh Insider Ownership, Leverage, Profitabilitas, Firm Size dan Dividen Payout Ratio terhadap Nilai Perusahaan.” Unpublished Undergraduate thesis, Universitas Diponogoro, Semarang.

Harmawan, H. 2015. “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Kebijakan Hutang Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013)”. Diss. Fakultas Ekonomi.

Hariyanto, M. S., dan Lestari, P. V. 2016. “Pengaruh Struktur Kepemilikan, IOS, dan ROE terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverage.”EJurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3).

Herawati, T. 2013. "Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusa-haan." Jurnal Manajemen 2.2, 113-125.

Indahningrum, R. P., dan Handayani, R. 2009. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Free Cash Flow dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan.” Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 11(3), 189-207.

Irham F. 2014. Analisis Kinerja Keuangan. Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Mamduh M. H. 2014. Manajemen Keuangan. Edisi 1 Yogyakarta: Bpfe.

Marpaung, E. I., dan Hadianto, B. 2011. “Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen: Studi Empirik pada Emiten Pembentuk Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Akuntansi, 1(1), p-70.

Martin, John D., William Petty, Arthur J. Keown and David F. Scott Jr., 2004. Manajemen Keuangan: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Indeks.

Mawarni, L. F. I., dan Ratnadi, N. M. D. (2014). “Pengaruh Kesempatan Investasi, Leverage, dan Likuiditas pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI.” E-Jurnal Akuntansi, 9(1), 200-208. 586

Natalia, D. 2013. “Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI.” Jurnal Akuntansi, 1(1).

Nurraiman, R. 2014. "Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia."

Nuraina, E. 2012. “Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Hutang dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI).” Jurnal akrual, 4(1).

Nurhayati, M. 2013. “Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa.” Jurnal Keuangan dan Bisnis, 5(2), 144-153.

Nofrita, R. 2013. "Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)." Jurnal Akuntansi 1.1.

Pasaribu, M. Y., dan Sulasmiyati, S. 2016. “Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011- 2014.” Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), 154-164.

Permanasari, W. I., dan Warsito, K. 2010. “Pengaruh Kepemilikan manajemen, Kepemilikan Institusional, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan”. Diss. Universitas Diponegoro.

Prabowo, S, dan Ubud S. 2014. "Pengaruh Kepemilikan Institusional, Arus Kas Bebas terhadap Kebijakan Dividen dan Volatilitas Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)." Jurnal Aplikasi Manajemen 11.3 : 417-426.

Prapaska, J. R., dan Siti, M. 2012. “Analisis Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bei Tahun 2009-2010.”(Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Purnama Sari, N. K. A., dan Budiasih, I. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Free Cash Flow Dan Profitabilitas Pada Kebijakan Dividen.” E-Jurnal Akuntansi, 15(3), 2439-2466.

Rahmiati, Y. 2013. “Pengaruh Profitabilitas Dan Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Kebijakan Deviden Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Moderat.” Manajemen S-1, 1(1).

Rahmawati, T., dan Heti, C. 2012. “Pengaruh Insider Ownership, Institutional Ownership, Dispersion Of Ownership, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan, Dan Risiko Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2006.” Widya Warta, 35(01).

Rachmad, A. N., dan Muid, D. 2013. “Pengaruh Struktur Kepemilikan, Leverage, Dan Return On Asset (ROA) Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Perusahaan Non keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.

Sari, R. R., Muharam, H., dan Sufian, S. 2016. “Analisis Pengaruh Investment Opportunities, Leverage, Risiko Pasar Dan Firm Size Terhadap Dividend 587 Policy (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011–2014).” Doctoral dissertation, Diponegoro University.

Senda, F. D. 2013. "Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden, Profitabilitas, Leverage Financial, Dan Investment Oppurtunity Set Terhadap Nilai Perusahaan." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen 2.3.

Sugiarto. 2009. Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri. Edisi Permata .Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sumarni, I., dan Yusniar, M. W. 2016. “Pengaruh Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen.” Jurnal Wawasan Manajemen, 2(2).

Suad, H dan Pudjiastuti, E. 2004. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Sukirni, D. (2012). “Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan.” Accounting Analysis Journal, 1(2).

Tjahjono, H.K. 2015. Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY

Weston, J.F dan Copeland. 2008. Dasar–Dasar Manajemen Keuangan Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Wibowo, R., dan Aisjah, S. 2013. “Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode

–2011).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1).

Wijaya, B. I., dan Sedana, I. B. 2015. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(12).

Yudiana, I., dan Yadnyana, I. K. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Investment Opportunity Set Dan Profitabilitas Pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur.” E-Jurnal Akuntansi, 15(1), 111-141


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Bisnis





Office: 

Ruang Jurnal Manajemen Bisnis
Gedung Ki Bagus Hadikusuma (E4) Lantai 2, Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55183
Website: journal.umy.ac.id/index.php/mb - E-mail: mabis@umy.ac.id
Phone: +62 274 387 656 (ext: 118)

Jurnal Manajemen Bisnis is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)