Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Kewirausahaan Islami Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Pengusaha UMKM Muslim Di Kota Yogyakarta)

Hasnah Rimiyati, Munjiati Munawaroh

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh penerapan nilai-nilai kewirausahaan Islami (kejujuran, kemauan bekerja keras, menepati janji, tertib administrasi, selalu berdoa, membayar zakat dan sedekah, memiliki jiwa kepemimpinan) terhadap keberhasilan usaha (Studi Pada Pengusaha UMKM Muslim Di Kota Yogyakarta). Penelitian mengambl 50 pengusaha UMKM di wilayah kota Yogyakarta.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penerapan nilai - nilai kewirausahaan Islami yaitu: kejujuran, kemauan bekerja keras, menepati janji, tertib administrasi, selalu berdoa, membayar zakat dan sedekah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha.Secara parsial, variabel kejujuran, kemauan bekerja keras, menepati janji, tertib administrasi, selalu berdoa, membayar zakat dan sedekah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan variabel kepemimpinan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha


Keywords


nilai-nilai kewirausahaan Islami, kejujuran, kemauan bekerja keras, menepati janji, tertib administrasi, selalu berdoa, membayar zakat dan sedekah, memiliki jiwa kepemimpinan, keberhasilan usaha

Full Text:

PDF

References


Eddy Soeryanto Soegoto (2009), Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung, Elex Media Computindo.

Ghozali, I (2002), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Fakultas Ekonomi, UNDIP, Semarang.

Hastin, U. (2012), Penerapan Nilai-Nilai Kewirausahaan Islami dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Henry F, N. ( 2007), Ekonomi manajerial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ina Primiana (2009), Menggerakkan sektor riil UKM & Industri Bandung :Alfabeta.

Pareno (2001), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Wirausaha Muslim Jawa Timur dalam Perspektif Pendidikan Nilai.Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Malang.

Sony H, P. (2009), Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan di Masyarakat. Andragogia- Jurnal PNFI, 1(1), pp. 57-82.

Suryana (2003), Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat.

Suyatno P. C. (2010), Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Kecil (Studi Pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, pp. 177-184.

Sugiyono (2012), Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Tasmara, T(2002), “Membudayakan Etos Kerja Islami”, Gema Insani Press. Jakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Yogyakarta

http://umkm.jogjakota.go.id/direktori2/group.php

http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_07.11_.1765_.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Bisnis





Office: 

Ruang Jurnal Manajemen Bisnis
Gedung Ki Bagus Hadikusuma (E4) Lantai 2, Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55183
Website: journal.umy.ac.id/index.php/mb - E-mail: mabis@umy.ac.id
Phone: +62 274 387 656 (ext: 118)

Jurnal Manajemen Bisnis is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)