Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Kewirausahaan Islami Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Pengusaha UMKM Muslim Di Kota Yogyakarta)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh penerapan nilai-nilai kewirausahaan Islami (kejujuran, kemauan bekerja keras, menepati janji, tertib administrasi, selalu berdoa, membayar zakat dan sedekah, memiliki jiwa kepemimpinan) terhadap keberhasilan usaha (Studi Pada Pengusaha UMKM Muslim Di Kota Yogyakarta). Penelitian mengambl 50 pengusaha UMKM di wilayah kota Yogyakarta.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penerapan nilai - nilai kewirausahaan Islami yaitu: kejujuran, kemauan bekerja keras, menepati janji, tertib administrasi, selalu berdoa, membayar zakat dan sedekah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha.Secara parsial, variabel kejujuran, kemauan bekerja keras, menepati janji, tertib administrasi, selalu berdoa, membayar zakat dan sedekah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan variabel kepemimpinan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha
Article Details
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate the changes made. This should be done in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your usage.
- ShareAlike — When you remix, transform, or build upon the material, the contributions must be distributed under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
References
Eddy Soeryanto Soegoto (2009), Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung, Elex Media Computindo.
Ghozali, I (2002), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Fakultas Ekonomi, UNDIP, Semarang.
Hastin, U. (2012), Penerapan Nilai-Nilai Kewirausahaan Islami dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Henry F, N. ( 2007), Ekonomi manajerial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ina Primiana (2009), Menggerakkan sektor riil UKM & Industri Bandung :Alfabeta.
Pareno (2001), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Wirausaha Muslim Jawa Timur dalam Perspektif Pendidikan Nilai.Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Malang.
Sony H, P. (2009), Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan di Masyarakat. Andragogia- Jurnal PNFI, 1(1), pp. 57-82.
Suryana (2003), Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat.
Suyatno P. C. (2010), Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Kecil (Studi Pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, pp. 177-184.
Sugiyono (2012), Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Tasmara, T(2002), “Membudayakan Etos Kerja Islami”, Gema Insani Press. Jakarta.
http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Yogyakarta
http://umkm.jogjakota.go.id/direktori2/group.php
http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_07.11_.1765_.pdf