Dampak Kepuasan Kerja dan Stres Kerja Dalam Peningkatan Kinerja Guru SLB Negeri1 Bantul
Keywords:
kepuasan kerja, stres kerja, kinerjaAbstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak Kepuasan Kerja dan Stres Kerja dalam peningkatan Kinerja Guru SLB di SLB Negeri 1 Bantul. Subyek penelitian adalah Guru SLB Negeri 1 Bantul yang terdiri dari Guru yang mengajar di jurusan A (tuna Netra), jurusan B(tuna rungu wicara), jurusan C (tunagrahita) dan jurusan D(tunadaksa), jumlah responden sebanyak 53 Guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis datanya adalah data primer dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja Guru SLB Negeri 1 Bantul tinggi dan tingkat Stres Kerja sedang. Sedangkan hasil analisis kuantitatif bahwa Kepuasan kerja Guru berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru sedangkan Stres Kerja tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru di SLB Negeri 1 Bantul.References
Danang S, 2013. Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. CAPS Yogyakarta.
Gibson, J.L, Ivancevich, John.M, Donnelly, James.H. 1996. Organisasi : Perilaku, Struktur Proses., Edisi Kedelapan. Binarupa Aksara , Jakarta.
Hasibuan, M.S.P. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriyani, A. 2009. Pengaruh konflik peran ganda dan stress kerja terhadap kinerja perawat wanita rumah sakit (studi pada Rumah Sakit Roemani MuhammadiyahSemarang (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
Joko Narimo, Suwarjo. Hubungan Stres dan Tingkat pendapatan dengan Kinerja Guru Swasta. Vol 3.No.2 (2015) September. https:// journal.uny.ac.id, diakses tanggal 6 Januari 2017.
Luthan,Fred. 2006.Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Penerbit Andi Yogyakarta.
Mangkunegara, A.P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kedua belas. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mangkunegara, Puspitasari. Kecerdasan Emosi, Stres Kerja dan Kinerja Guru SMA. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol.45, No.2. E-Jurnal.uny.ac.id.
Mas’ud, F. 2002. Mitos 40 Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Univer-sitas Diponegoro.
Muchlas, M. (2008). Perilaku organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pratiwi. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah menurut Persepsi Guru, dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Insani Mandiri,2013.Vol.2.No.1. https://jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses 5 Januari 2017.
Pudjiastuti, S.W. Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja SMP Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Jurnal manajemen Sumber Daya Manusia.Vol.5,No.2 (2011).
Robbins dan Judge, 2015. Perilaku Organisasi.Salemba Empat. Jakarta.
Rosita, Pengaruh Konflik Peran Ganda dan stress Kerja terhadap Kinerja Dosen Wanita di Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Jurnal manajemen Bisnis 2014. (E journal.umm.ac.id, diakses tanggal 10 Januari 2017).
Sejarah Sekolah SLB Negeri 1 Bantul (www.slbn1bantul.sch.id, diakses bulan 5 Januari 2017).
Sekaran, U. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Buku 1). Edisi 4. Salemba Empat.
....................... 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Buku 2). Edisi 4. Salemba Empat.
Sudiro. Pengaruh Komitmen Keorganisasian dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Tenaga Edukatif (Studi di Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen Vol.7.No.1 (2009).https://jurnaljam.ub.ac.id, diakses tanggal 5 Januari2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate the changes made. This should be done in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your usage.
- ShareAlike — When you remix, transform, or build upon the material, the contributions must be distributed under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.