Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Keadilan terhadap Kepercayaan Masyarakat pada Pemerintah Desa: Apakah Kepuasan Masyarakat Memediasi?

Riyan Fardhany Wirawan, Rizal Yaya

Abstract


Latar Belakang: Dalam satu dekade terakhir, Pemerintah Republik Indonesia memberi otonomi dan dana yang besar untuk pembangunan desa, akan tetapi kasus korupsi anggaran desa juga semakin meningkat yang berpotensi menurunkan kepercayaan masyarakat pada pemerintah desa.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan keadilan pemerintah desa terhadap kepercayaan masyarakat desa yang dimediasi oleh kepuasan masyarakat
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan 50 responden dari aparat pemerintah desa dan 28 responden dari anggota Badan Permusyawaratan Desa yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dan perangkat lunak (software) SmartPLS 3.0
Hasil Penelitian: Transparansi pemerintah desa berpengaruh positif terhadap kepercayaan masyarakat desa. Adapun kepuasan masyarakat tidak dapat memediasi pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan keadilan pemerintah desa terhadap kepercayaan masyarakat desa.
Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini menggunakan variabel kepuasan masyarakat sebagai variabel pemediasi.


Keywords


Akuntabilitas Pemerintah Desa; Transparansi Pemerintah Desa; Keadilan Pemerintah Desa; Kepercayaan Masyarakat Desa; Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adams, J. S. (1963). Towards an understanding of inequity. The journal of abnormal and social psychology, 67(5), 422.

Ahmad, Z. A., & Rusdianto, R. (2018). The Analysis of Amil Zakat Institution/Lembaga Amil Zakat (LAZ) Accountability toward Public Satisfaction and Trust. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2), 109-119.

Ahmadpour-Samani, P., Arman, H., Foukerdi, A., Hadi-Vencheh, A., & Mavi, R. K. (2022). The equity theory: a quantitative perspective using data envelopment analysis. RAIRO-Operations Research, 56(5), 3711-3732.

Alwi, I. (2015). Kriteria empirik dalam menentukan ukuran sampel pada pengujian hipotesis statistika dan analisis butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Antara News. (2022). ICW: Kasus Korupsi 2021 Terbanyak di Sektor Anggaran Dana Desa, antaranews.com. Available at: icw: Kasus korupsi 2021 terbanyak di sektor anggaran dana desa (Accessed: 18 November 2022).

Aprilia, I. (2019). Determinan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan alokasi dana desa dan dampaknya terhadap kepercayaan masyarakat. Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 109-122.

Setiawan, M. B. (2007). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah (studi pada pd. bpr bank pasar kendal). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 14(2).

Donaldson, L., & Davis, J. H. (1991). Stewardship theory or agency theory: CEO governance and shareholder returns. Australian Journal of management, 16(1), 49-64.

Dwiyanto, A. (2018). Manajemen pelayanan publik: peduli inklusif dan kolaborasi. UGM press.

Fikri, R., Amrillah, M. F., Rosyadi, M. I., Azam, S., & Asshiddiqy, F. (2023). Rencana Pemekaran Kelurahan Selat Panjang Timur Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Dilihat Dari Prinsip Equity Theory. Jurnal Niara, 16(1), 20-27.

Hendiyani, M. F. (2019). Inovasi pelayanan publik di kota kreatif dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 10-16.

Indonesia Corruption Watch. (2007). Korupsi APBD; Bupati Kendal Diadili, Diduga Terima Uang Rp 24,3 Miliar, antikorupsi.org. Available at: https://antikorupsi.org/id/article/korupsi-apbd-bupati-kendal-diadili- diduga-terima-uang-rp-243-miliar (Accessed: 27 January 2023).

Irawan, A., & Waluyo, M. (2020). Analisis Model Hubungan Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Provider Telkomsel di Kota Surabaya Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). JUMINTEN, 1(6), 13-24.

Kompas. (2021). Kisah Kades di Kendal, Tilap Dana Desa demi Dapat Bansos yang Ternyata Abal-abal, kompas.com. Available at: https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/102412578/kisah-kades-di- kendal-tilap-dana-desa-demi-dapat-bansos-yang-ternyata-abal?page=all (Accessed: 27 January 2023).

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kristiansen, S., Dwiyanto, A., Pramusinto, A., & Putranto, E. A. (2009). Public sector reforms and financial transparency: Experiences from Indonesian districts. Contemporary Southeast Asia, 64-87.

Kusumawati, R. D., & Aulawi, H. (2021). Peran Perceived Effectiveness of Escrow Services terhadap Satisfaction dan Trust pada E-Commerce di Indonesia. Jurnal Ekonomi Indonesia, 10(1), 13-24.

La Laka, M. D. L. M. W., & Suprasto, H. B. (2020). Accountability, information technology and village performance. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(2), 71-78.

Moorman, C., Zaltman, G., & Deshpande, R. (1992). Relationships between providers and users of market research: The dynamics of trust within and between organizations. Journal of marketing research, 29(3), 314-328.

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of marketing, 58(3), 20-38.

Novatiani, A., Rusmawan Kusumah, R. W., & Vabiani, D. P. (2019). Pengaruh transparansi dan akuntabilitas terhadap kinerja instansi pemerintah. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 10(01).

Pasolong, H. (2021). Kepemimpinan Birokrasi Cetakan Kelima. Bandung: Alfabeta.

Pratolo, S. (2008). Transparansi dan akuntabilitas tata kelola pemerintahan daerah dalam hubungannya dengan perwujudan keadilan dan kinerja pemerintah daerah: Sudut pandang aparatur dan masyarakat di era otonomi daerah. Journal of Accounting and Investment, 9(2), 108-124.

Pratolo, S., Atmaja, N. R. S., & Sofyani, H. (2020). What determines village autonomy in Indonesia? A case of villages in Sleman regency. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 7(1), 15-32.

Pratolo, S., & Jatmiko, B. (2017). Akuntansi Manajemen Pemerintah Daerah. LP3M: Yogyakarta.

Pratolo, S. (2022, January). Accountability of Covid-19 Handling Fund: The Role of Internal Control and Quality of Human Resources. In International Conference on Sustainable Innovation Track Accounting and Management Sciences (ICOSIAMS 2021) (pp. 220-227). Atlantis Press.

Rachmawan, R., Subekti, I., & Abid, N. (2020). The effect of tax knowledge on relationship of procedural justice perception towards voluntary tax compliance mediated by trust. International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478), 9(4), 207-213.

Rato, K. W., & Rahmat, A. (2020). Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6 (3), 295.

Samsualam, S. (2020). Pengaruh Penerapan Prinsip Good Corporate Governance terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju Tahun 2019. Jurnal Mitrasehat, 10(2), 333-349.

Sari, N. K. (2019). Pengaruh persepsi dukungan organisasi dan keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja. Psikoborneo, 7(1), 123-134.

Schillemans, T. (2010). Redundant accountability: The joint impact of horizontal and vertical accountability on autonomous agencies. Public Administration Quarterly, 300-337.

Septyarini, E., & Pratiwi, R. N. (2020). Pengaruh keadilan organisasi dan profesionalisme kepemimpinan terhadap kesejahteraan psikologis karyawan. Maker: Jurnal Manajemen, 6(2), 157-168.

Sofyani, H., Akbar, R., & Ferrer, R. C. (2018). 20 years of performance measurement system (PMS) implementation in Indonesian local governments: Why is their performance still poor?. Asian Journal of Business and Accounting, 11(1), 151-184.

Sofyani, H., Pratolo, S., & Saleh, Z. (2022). Do accountability and transparency promote community trust? Evidence from village government in Indonesia. Journal of Accounting & Organizational Change, 18(3), 397-418.

Sofyani, H., & Tahar, A. (2021). Peran akuntabilitas dan transparansi pemerintah desa indonesia terhadap kepercayaan masyarakat desa: kasus di Kabupaten Bantul. Jurnal Akademi Akuntansi, 4(1).

Sudarman, B. B., & Yaya, R. (2022, January). Factors Influencing Financial Accountability in Ciamis Regency. In International Conference on Sustainable Innovation Track Accounting and Management Sciences (ICOSIAMS 2021) (pp. 99-107). Atlantis Press.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48-61.

Susliyanti, E. D., & Binawati, E. (2020). Pengaruh Akuntabilitas Keuangan Dan Akuntabilitas Kinerja Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Masyarakat Atas Penggunaan Dana Desa. Efektif Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, quality dan satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Yaya, R., & Wahyuli, H. (2019, November). Determinants of Financial Statements Quality in Village Government. In 5th International Conference on Accounting and Finance (ICAF 2019) (pp. 134-138). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v8i1.20334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.