Editorial Policies

Focus and Scope

Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan dikelola oleh Program Studi Akuntansi bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPD) dan Asosiasi Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APSA PTM). Jurnal ini menitikberatkan pada penyampaian hasil penelitian ilmiah yang dilakukan secara bersama oleh Mahasiswa dan Dosen bidang Akuntansi yang mencakup (namun tidak terbatas pada):

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Audit
  • Perpajakan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Manajemen Keuangan
  • Akuntansi Syariah dan
  • Komprehensif Isu dalam Akuntansi
  • Pendidikan Akuntansi
  • Pendidikan Bisnis

 

Section Policies

Cover Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel yang dikirim ke Jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia akan dievaluasi melalui 2 tahap review, yaitu pre-review dan review substansi. Pre-review artikel dilakukan oleh tim editorial untuk meninjau kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal dan pedoman penulisan tertentu. Pemeriksaan plagiarisme dilakukan dengan menggunakan software Turnitin dan Google Scholar. Durasi ulasan antara 2-3 minggu.

Ulasan substansial single-blind dilakukan oleh setidaknya 2 reviewer. Durasi ulasan antara 3-8 minggu. Jika diinginkan, reviewer dapat meminta review kembali setelah penulis merevisi artikelnya. Keputusan apakah artikel dapat diterbitkan adalah otoritas dari Editor, dengan mempertimbangkan rekomendasi dari reviewer. Setiap naskah yang masuk dinilai berdasarkan aturan berikut:

  1. Keaslian dan kontribusi terhadap pengembangan keilmuan
  2. Keandalan metodologi
  3. Kesesuaian dengan topik yang diambil
  4. Koherensi analisis
  5. Tata bahasa Indonesia sesuai dengan EYD

 

Publication Frequency

Jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia akan diterbitkan sebanyak 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu setiap Bulan Juli dan Desember pada masing-masing volume.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Archiving

Jurnal ini tergabung dalam jaringan PKP Preservation Network, yang menyediakan layanan preservasi dan pengarsipan secara otomatis apabila terjadi sesuatu yang menyebabkan jurnal ini tidak terbit lagi (trigger event).

 

Etika Publikasi

Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan dikelola oleh Program Studi Akuntansi bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPD) dan Asosiasi Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APSA PTM).

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia yaitu pengelola, managing editor, reviewer dan penulis (author). Inti kode etik publikasi ilmiah mencakup tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu:

  1. Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi.
  2. Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang.
  3. Kejujuran, yakni bebas dari plagiarisme dalam publikasi.

Tanggung Jawab Penerbit Jurnal RABIN: 

  1. Penerbit Jurnal bertanggungjawab untuk menerbitkan naskah setelah melalui proses review, revisi, bebas plagiarism, editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Penerbit Jurnal bertanggungjawab untuk menjamin kebebasan akademik bagi para Editor dan Reviewer dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal bertanggungjawab penuh untuk menjaga privasi dan kebebasan editorial.
Tanggung Jawab Editor Jurnal RABIN: 
  1. Editor Jurnal bertanggungjawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor, yang mengacu pada kebijakan editorial. Editor jurnal juga akan melakukan penditeksian terhadap setiap naskah yang dikirim dan memastikan setiap naskah bebas plagiarism.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, team editor berasaskan pada asas kesamaan perilaku dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasikan naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan atau ideologi politik dari penulis.
  3. Editorial dan tim editor tidak akan memberitahukan kepada penulis tentang siapa yang menelaah kelayakan terbit dan sebaliknya nya (blind review).
  4. Naskah yang tidak lolos proses review, maka naskah tidak akan diterbitkan dan atau tidak digunakan oleh peneliti editor untuk kepentingannya pribadi.
Tanggung jawab Reviewer RABIN:
  1. Reviewer membantu Editor dalam membuat keputusan Editorial terhadap artikel yang masuk
  2. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi artikel  yang ditelaahnya.
  3. Telaah artikel  dilakukan secara blind review dan obyektif dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi artikel yang ditelaahnya.
  5. Reviewer harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari artikel yang ditelaahnya untuk kepentingan sendiri.
Tanggunjawab Penulis (Authors)
  1. Penulis menyajikan artikel  penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan bebas plagiarism.
  2. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
  3. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  4. Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi.
  6. Penulis diwajibkan membuat surat pernyataan bebas plagiarism.

 

Kebijakan Cek Plagiarisme

Setiap artikel yang diserahkan ke jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia akan diproses menggunakan Turnitin (untuk memeriksa kesamaan). Hasil pemeriksaan Turnitin tidak boleh lebih dari 15%. Dalam hal kemiripan artikel lebih dari 15%, artikel tersebut akan ditolak oleh kepala editor Jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia untuk tahap evaluasi pustaka.


 

Biaya Publikasi

Jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia memungut Biaya setiap artikel yang telah direview dan dinyatakan diterima untuk terbit, sedangkan proses artikel tidak dipungut biaya.

  1. Biaya Publikasi Artikel : Rp. 700.000
  2. Biaya Proses Artikel : Rp. 0