Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Intellectual Capital, Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan

Fitri Wahyuni, Novalia Pramudita

Abstract


Latar Belakang: Perusahaan pertambangan adalah salah satu perusahaan yang memberikan dampak lingkungan dan sosial yang tinggi sehingga terdapat tuntutan moral untuk melakukan pertanggungjawaban sosial dan mengungkapkan pertanggung jawaban tersebut sehingga dapat di nilai sebagai perusahaan yang baik, selain itu kemampuan-kemampuan yang dimiliki pekerjanya diharapkan dapat meningkatkan nilai dari perusahaan itu sendiri. Ukuran perusahaan juga menjadi faktor penting sebagai pemoderasi hubungan antara pengungkapan CSR dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan.
Tujuan: Memberikan bukti empiris pengaruh Pengungkapan CSR dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan pada perusaahan pertambangan di Indonesia.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan 69 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020-2022 dengan kriteria sampel adalah perusahaan pertambangan yang merilis laporan tahunan dan laporan keberlanjutan yang berisi standar umum dan khusus dengan standar panduan Global Reporting Initiative secara berturut-turut selama periode 2020-2022. Data pada penelitian ini diolah menggunakan menggunakan regresi linier berganda dengan MRA (Moderated Regression Analysis).
Hasil Penelitian: Hasil menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan dapat memoderasi hubungan CSR terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi hubungan intellectual capital terhadap nilai perusahaan.
Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini menambahkan variabel intellectual capital sebagai variabel independen, menambahkan variabel ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi dan menggunakan perusahaan pertambangan pada tahun 2020-2022.


Keywords


Corporate Social Responsibility; Intellectual Capital; Ukuran Perusahaan; Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Anjani, A., & Dillak, V. J. (2019). Pengaruh Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. JASa ( Jurnal Akuntansi, Audit Dan Sistem Informasi Akuntansi ), 3(3), 306–320.

Ardiansyah, G. G. K. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 367–375.

Berliana, G., & Hesti, T. (2021). Peran Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan (Kaitan antara Nilai Tambah, Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan). Jurnal Syntax Admiration, 2(5), 843–862.

Chung, K. H., & Pruitt, S. W. (1994). A Simple Aprroximation of Tobin’s Q. Venture Capital Special Isssue, 23(3), 70–74.

Devi, S., Budiasih, I. G. N., & Badera, I. D. N. (2017). Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management Dan Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. JAKI: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 14(1), 20–45.

Dewi, E. P., & Husain, T. (2019). Pengaruh Intellectual Capital Dan Kualitas Audit Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Dividend Policy Sebagai Variabel Moderasi. ULTIMA Accounting, 11(2), 142–159.

Dewi, V. S., & Ekadjaja, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 118–126.

Emar, A. E. S., & Ayem, S. (2020). Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management dan Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance Sebagai Moderasi. Wacana Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 19(2), 78–90.

Fasya, A. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Informasi Perpajakan Akuntansi Dan Keuangan Publik, 13(2), 145–162.

Ferdiansyah, Moch. A., & Faisal, F. A. (2020). Faktor-Faktor Nilai Perusahaan: Kajian Berdasarkan Modal Intelektual, Pertumbuhan dan Kinerja Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 30(4), 911–921. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i04.p09

Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Boston.

Halim, K. I. (2021). Pengaruh Intellectual Capital, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 227–232.

Hartono, J. (2016). Metodologi penelitian bisnis (salah kaprah dan pengalaman-pengalaman) (6th ed.). BPFE Yogyakarta.

Irmansyah, F. M. (2017). Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Volatilitas Pendapatan, Dan Resiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Moderating Pada Saham Jii (Jakarta Islamic Index) Di Bursa Efek Indonesia. AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 2(1), 13–24.

Junardi. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 68–79.

Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37–49.

Karundeng, F., Nangoi, G. B., & Karamoy, H. (2017). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2012-2016). Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 8(2), 1–10.

Kesumastuti, M. A. R. M., & Dewi, A. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Usia dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1854–1866. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i07.p19

Lamusu. (2017). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Property Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 46(1), 163–171.

Lestari, N., & Sapitri, R. C. (2016). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(1), 20–33.

Mahanani, H. T., & Kartika, A. (2022). Pengaruh struktur modal, likuiditas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 360–372.

Muasiri, A. H., & Sulistyowati, E. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Dan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 426–436.

Murhadi, W. R. (2013). Analisis laporan keuangan : proyeksi dan valuasi saham. Salemba Empat.

Murnita, P. E. M., & Putra, I. M. P. D. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(2).

Nuryana, I. (2016). Analisis Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengangkatan Joko Widodo Sebagai Presiden Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 1–9.

Octoriawan, A., & Rusliati, E. (2019). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MODERASI UKURAN PERUSAHAAN. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 11(2), 60–68.

Pohan, H. T., Noor, I. N., & Bhakti, Y. F. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi . Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 41–52.

PSAK 19: Aset Takberwujud, Ikatan Akuntan Indonesia (2015).

Pulic, A. (1998). Measuring the Performance of Intellectual Potential in Knowledge Economy (presented in 1998 at the 2nd McMaster World Congress on Measuring and Managing Intellectual Capital by the Austrian Team for Intellectual Potential).

Putri, A. K., Sudarma, M., & Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2), 344–358.

Putri, A. S., & Miftah, D. (2021). Pengaruh Intellectual Capital, Leverage, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 2(2), 259–277.

Rahmadi, I. H., & Mutasowifin, A. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(2), 279–294.

Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ganec Swara, 15(1), 813–823.

Rasyid, C. A. M. P., Indriani, E., & Hudaya, R. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(1), 136–156.

Rifana, R., & Nuswantara, D. A. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI 2015-2018. Jurnal Akuntansi: AKUNESA, 10(1), 92–102.

Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(1), 56–69.

Sakinah, I., & Hendrani, A. (2022). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(5), 2173–2180.

Wedayanti, L. P., & Wirajaya, I. G. A. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 24(3), 2304–2332.

Wernerfelt, B. (1984). A resource-based view of the firm. Strategic Management Journal, 5(2), 171–180.

Yadiati, W., Nissa, Paulus, S., Suharman, H., & Meiryani. (2019). The Role of Green Intellectual Capital and Organizational Reputation in Influencing Environmental Performance. International Journal of Energy Economics and Policy, 9(3), 261–268.

Yulandari, L. F., & Gunawan, H. (2019). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Pasar Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Applied Managerial Accounting, 3(1), 36–50.




DOI: https://doi.org/10.18196/rabin.v8i1.22175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.