Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting

Mega Arthika Dewi, Caesar Marga Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji, membuktikan secara empiris dan mengetahui bahwa ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas memiliki hubungan dengan pengungkapan ISR pada perusahaan yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah (DES). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah dan menerbitkan Laporan Tahunan secara berturut-turut tahun 2011-2017. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 273. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis dilakukan dengan metode regresi berganda dan juga Uji Asumsi Klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Sedangkan, ukuran dewan komisaris dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.


Keywords


Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Daftar Efek Syariah, dan ISR

Full Text:

PDF

References


Asyhari, L. D. (2016). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Pengungkapan ISR Bank Umum Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Gustani. (2015). Islamic Social Reporting (ISR) Sebagai Model Pelaporan CSR Institusi Bisnis Syariah.

Hafida, A. S. (2012). Implementasi Shariah Enterprise Theory Melalui Value Added Statement untuk Menilai Tanggung Jawab Perbankan Syariah Kepada stakeholders. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin Semarang.

Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective. Indonesian Manage-ment & Accounting Research, 1 (2), 128-146.

Kamil, A., & Herusetya, A. (2012). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap luas pengungkapan kegiatan corporate social responsibility. Media Riset Akuntansi, 1 (2), 1-17.

Khoirudin, A. (2013). Corporate Governancedan Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perbankan Syariah di Indonesia. Accounting Analysis Journal, 2 (2), 227-232.

Kurniawati, M., & Yaya, R. (2017). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kinerja Keuangan dan Kinerja Lingkungan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 18 (2), 163-171.

Maulida, A. P., Yulianto, A., & Asrori. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Simposium Nasional Akuntansi, 17, 1-18.

Nazaruddin, i., & Basuki, A. T. (2015). Analisis Dengan SPSS. Yogyakarta: Danisa Media.

Ningrum, R. A., Fachrurrozie, & Jayanto, P. Y. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pengungkapan ISR. Accounting Analysis Journal, 2 (4), 1-9.

Nurrokhmah, S. A. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Surat Berharga Syariah, dan Levearge Terhadap Pengungkapan ISR. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal Of International Studies, (12), 4-20.

Rosiana, R., Arifin, B., & Hamdani, M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Governance Score Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5 (1), 1-18.

santoso, A. L., & Dhiyaul-Haq, Z. M. (2017). Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 4 (2), 125-142.

Setiawan, I., Asnawi, H. F., & Sofyani, H. (2016). Apakah Ukuran, Profitabilitas, dan Praktik Manajemen Laba Memengaruhi Tingkat Pelaksanaan dan Pelaporan Islamic Social Reporting Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 3 (2), 65-76.

Solihin, I. (2011). Corporate Social Responsibility From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Sulistyawati, A. I., & Yuliani, I. (2017). Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Indeks Saham Syariah Indonesia. Journal Akuntansi, 13 (2), 15-27.

Wati, W. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Widiyanti, N. W., & Hasanah, N. T. (2017). Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Sosial Reporting. Journal Bisnis dan Manajemen Islam, 5 (2), 239-264.

Zubek, F. F., & Mashat, A. A. (2015). Corporate Social and Environmental Responsibility Disclosure (CSRD) by Qatar Listed Companies on their Corporate Web Sites. University Bulletin, 1 (17), 109-134.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.020225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia