Pengaruh Audit Operasional, Pengendalian Internal, Good Clinical Governance, Etika Bisnis Lembaga Rumah Sakit Terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS Pada Rumah Sakit (Studi Empiris pada RSUD dan RS Swasta di Kota Surakarta)

Sotya Roes Piyajeng, Sigit Arie Wibowo

Abstract


Tujuan dari tesis ini adalah untuk menguji pengaruh Variabel Independen (yaitu, audit operasional, pengendalian internal, tata kelola klinis yang baik, etika bisnis lembaga rumah sakit) pada efektivitas layanan pasien BPJS di rumah sakit sebagai Variabel Dependen dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara efektivitas layanan pasien BPJS di Rumah Sakit Pemerintah (RSUD) dan efektivitas layanan pasien BPJS di Rumah Sakit Swasta (Rumah Sakit Swasta Surakarta). Penulis melakukan penelitian dengan studi empiris di RSUD dan RS Surakarta. Penulis menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan Responden di 3 Rumah Sakit (yaitu, 1 RSUD dan 2 Rumah Sakit Swasta). Repondent adalah mereka yang bekerja di Departemen SPI, Akuntansi dan Keuangan, dan BPJS. Analisis yang digunakan dalam tesis ini adalah Analisis Regresi dan Independent Sample T-Test. Berdasarkan kasus ini, Penulis memiliki kesimpulan bahwa ada pengaruh 3 Variabel Independen (yaitu, audit operasional, kontrol internal, tata kelola klinis yang baik) pada efektivitas layanan pasien BPJS di rumah sakit dan tidak ada pengaruh etika bisnis pada efektivitas pelayanan pasien BPJS di rumah sakit. Analisis Variance mengatakan bahwa tidak ada perbedaan antara efektivitas layanan pasien BPJS di Rumah Sakit Pemerintah (RSUD) dan efektivitas layanan pasien BPJS di Rumah Sakit Swasta (Rumah Sakit Swasta Surakarta).


Keywords


audit operasional, pengendalian internal, good clinical governance, etika bisnis lembaga, efektivitas pelayanan pasien BPJS, uji beda rsud dan rs swasta

Full Text:

PDF

References


_______ ,2016. Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Jaminan Kesehatan.

________ ,2004. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

________ ,2009. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

________ ,2009. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

________ ,2011. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

________ ,2015. Peraturan Mentri Keuangan Republik Indonesia Nomor 92/PMK.05 Tahun 2011 tentang Badan Layanan Umum.

________ ,2015. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2015 tentang Pedoman Organisasi Rumah Sakit.

Arini, L., Sulindawati, N. L. G. E., SE Ak, M., Herawati, N. T., & AK, S. (2015). Analisis Pengendalian Intern Terhadap Persediaan Obat Untuk Pasien BPJ (Badan Penyelenggara Jaminan Sosisal_ Kesehatan di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kabupaten Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1), 3(1).

Arvianita. (2015). Pengaruh Audit Operasional Dan Pengendalian Internal Terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Queen Latifa Yogyakarta). Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta. UNY.

Bayangkara, IBK. (2008). Audit Manajemen:Prosedur dan Implementasi. Jakarta: SalembaEmpat.

Cahyati, I. (2013). Pengaruh Audit Operasional Terhadap Efktivitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap di Rumah Sakit (Suatu Studi pada RSUD Cibabat Cimahi). Bandung.

Dera, S. (2013). Manajemen Komplain Pelanggan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Surabaya.

Ella, dkk., (2015). Pengaruh Audit Operasional dan Good Clinical Governance terhadap Efektifitas Pelayanan Kesehatan JKN/BPJS. Bandung.

Haliah. (2012). Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Disertasi Doktor pada FPS UNHAS Makassar.

Jeihan, L. (2015). Audit Operasional Atas Pengelolaan Persediaan Obat Pada Rumah Sakit Umum (RSU) Aminah Blitar. Blitar.

Jeles. dkk.. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Mutu Pelayanan di RSUD Dr. M. Haulussy. Ambon

Koloay, B. N. (2013). Etika Pemerintahan Dalam Penyelenggaraan Tugas Aparatur Pemerintahan (SuatuKajianStudi Di BadanKepegawaian Daerah Kota Bitung). Jurnal Eksekutf, 1(1).

Koonmee, K.. Singhapakdi, A.. Virakul, B & Lee, D. J. (2009). Ethics institutionalization, quality of work life, and employee job-related outcomes: A survey of human resource manajers in Thailand. Journal of Business Research, 1-7.

Nazaruddin, I., & Basuki, A. T. (2017). Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Danisa Media.

Partakusuma, L. G. (2016). Evaluasi Tata Kelola Rumah Sakit Badan Layanan Umum pada 4 Rumah Sakit Vertikal Kelas A di Jawa dan Bali. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 1(1).

Pratolo, S. (2015). Audit Kinerja Manajemen. Yogyakarta: LP3M UMY.

Rahmawati. (2017). Pengaruh Audit Operasional, Pengendalian Internal, Good Clinical Governance, Etika Bisnis Lembaga Rumah Sakit Terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS di Rumah Sakit (Studi Empiris Pada Rumah Sakit di Tulungangung), Skripsi, dipublikasikan, Yogyakarta, UMY). Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta. UMY.

Rashidpour, Ali., & Mazaheri M. Mahdi. (2013). Evaluation of Agency and Stewardship Approach in four units of the Islamic Azad University and Prediction of Their Potential Productivity. Arabian Journal of Business and Management Review, 3 (5): .34-42.

Ratmino & Winarsih, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratriana, D. (2015). Audit Manajemen Atas Fungsi Instalasi Farmasi Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo. Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta. UNY.

Safitri, M. (2015). Analisis Pengendalian Intern atas Pelaksanaan Prosedur Penyediaan Obat-obatan pada Rumah Sakit PHC Surabaya. Surabaya.

Sawyers, L. B., Mortimer A, & James H. (2005). Sawyer’s Internal Auditing. (Alih bahasa: Desi Andharini). Buku 1 Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukrisno. A. (2006), Auditing, Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI, Salemba empat.

Susanto, D., Yusuf, D. A., & Rachmawati, Y. (2015). Pengaruh Good Governance Terhadap Kualitas Pemberian Layanan Publik. Paradigma, 12(02), 073-091.

Syaputra, D. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan Bpjs Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu. Musi.

The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG). (2012). Good Corporate Governance (GCC) pada Perspektif 4. Organisasi Pembelajar. Jakarta.

Utami, R. D. T., & Titisari, K. H. (2017). Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Persediaan Obat di Rumah Sakit Umum Kasih Ibu Surakarta.

Zulkarnain, U. (2013). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT MNC Sky Vision Cabang Gorontalo. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.010215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia