Pengaruh Jaminan Utang, Penurunan Arus Kas dari Aktivitas Operasi dan Fixed Asset Intensity Terhadap Revaluasi Aset Tetap

Drida Fioni, Yeasy Darmayanti, Dandes Rifa

Abstract


Aset tetap merupakan komponen penting dalam menjalankan operasional perusahaan dan untuk memastikan bahwa jumlah tercatat tidak berbeda secara material dari jumlah realnya, maka dibutuhkan revaluasi (penilaian kembali) yang harus dilakukan dengan keteraturan yang cukup ketat dengan menggunakan nilai wajar pada tanggal neraca. Frekuensi revaluasi aset tetap tidak diatur oleh standar akan tetapi bergantung pada pergerakan nilai wajar dari aset tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan bukti-bukti empiris pengaruh jaminan utang, penurunan arus kas dari aktivitas operasi, dan fixed asset intensity terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap. Data dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2015. Sampel dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling dimana sampel dipilih secara selektif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 perusahaan. Penelitian ini menggunakan regresi logistik. Hasilnya menunjukkan bahwa fixed asset intensity berpengaruh terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap. Namun variabel jaminan utang dan penurunan arus kas dari aktivitas operasi tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap. Penelitian ini memperlihatkan nilai R Square sebesar 3,5% yang artinya ada sekitar 96,5% lagi variabel dependen dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Jaminan utang, Arus Kas Operasi, Fixed Asset Intensity; Revaluasi Aset Tetap.

Full Text:

PDF

References


Belkaoui, A. R. (2007). Accounting Theory. Jakarta: Salemba Empat.

Bintoro, I. (2010). Konvergensi PSAK-IFRS Sebagai Langkah Pemantapan dalam Persiapan Penerapan IFRS. Diakses dari: www.informasi-seminar.com.

Cotter & Zimmer. (1995). Asset Revaluations and Assessment of Borrowing Capacity, ABACUS, 31.

Cotter, J. (1999). Asset Revaluations and Debt Contracting. ABACUS, 35.

Ernawati. (2014). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK NO 16) atas Aset Tetap pada PT. Pelayaran Liba Marindo Tanjungpinang, Skripsi, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Firmansyah, E. & Sherlita, E. (2012). Pengaruh Negosiasi Debt Contracts Dan Political Cost Terhadap Perusahaan Untuk Melakukan Revaluasi Aset Tetap (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010). Seminar Nasional Akuntansi & Bisnis (1).

Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Khairati, A. (2015). Pengaruh Leverage, Firm Size and Fixed Asset Intensity terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Revaluasi Aset Tetap. Skripsi. Universitas Bung Hatta, Padang.

Manihuruk, T. N., & Farahmita, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Revaluasi Aset Tetap pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Saham Beberapa Negara ASEAN, Seminar Nasional Akuntansi.

Martani, D., Siregar, S. V., Wardhani, R., Farahmita, A., & Tanujaya, E. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Jakarta: Salemba Empat.

Nurjanah, A. (2013). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Revaluati Aset Tetap Pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Saputra, A. (2016). Pengaruh Negosiasi Dept Contract, Political Cost, Merger dan Akuisis Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Revaluasi Aset Tetap. Skripsi, Universitas Bung Hatta, Padang.

Seng, D. & Su, J. (2010). Managerial Incentives Behind Fixed Asset Revaluation. International Journal of Business Research, 10(2).

Tay, I. (2009). Fixed Asset Revaluation: Management Incentives and Market Reactions. Thesis, Lincoln University, New Zeland.

Watts, R. L. & Zimmerman, J. L. (1990). Positive Accounting Theory: A Ten Year Perspective. The Accounting Review 65 (1), 131 – 156.

Yulistia, R. M., Fauziati, P., Minovia, A. F. & Khairati, A. (2015). Pengaruh Leverage, Arus Kas Operasi, Ukuran Perusahaan dan Fixed Asset Intensity Terhadap Revaluasi Aset Tetap, Seminar Nasional Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.030134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia