Evaluasi Variabilitas Kinerja Struktur Perkerasan Jalan Berbasis Pengujian Seismik
Abstract
Evaluasi perkerasan jalan diperlukan untuk memeriksa kerusakan awal yang terjadi pada perkerasan. Penilaian perkerasan dilakukan untuk memprediksi kualitas material perkerasan secara fungsional dan struktural. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan mengevaluasi perkerasan jalan secara struktural menggunakan pengukuran seismik Spectral Analysis of Surface Waves (SASW). Metode SASW menguji sifat material perkerasan sebagai teknik evaluasi struktural. Metode SASW merupakan metode seismik non-destruktif yang menghasilkan, mengukur, dan memproses gelombang Rayleigh yang terdispersi. Selanjutnya, proses inversi dengan teknik optimasi digunakan untuk menganalisis data dispersi gelombang Rayleigh guna menghasilkan profil kekakuan setempat, dalam parameter kecepatan gelombang geser dan modulus elastisitas. Parameter kekakuan dari metode ini yang dihasilkan pada tingkat regangan mikroskopis yaitu kurang dari 0,001%, di mana pada tingkat ini, bahan tanah berperilaku elastis linier. Hasil dari uji SASW selanjutnya dibandingkan dengan uji Marshall dan nilai uji Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Pengamatan visual juga dilakukan untuk menentukan penilaian fungsional untuk mengukur seberapa besar kerusakan permukaan jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SASW dapat secara efektif mengukur kecepatan gelombang geser dan variabilitas modulus elastisitas pada setiap lapisan perkerasan. Studi ini merekomendasikan pengujian seismik untuk memeriksa variabilitas kinerja struktural perkerasan jalan terpasang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AASHTO T-245-74. Worksheet for A Marshall Mix Design. The American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO), Standard Specification for Transportation Materials, and Methods of Sampling and Testing.
Al-Hunaidi, M. O. (1998). Evaluation-based genetic algorithms for analysis of non-destructive surface waves test on pavements, NDT &E International, 31(4), 273-280. https://doi.org/10.1016/S0963-8695(98)00007-3
Babashamsi, P., Yusoff, N. I. M., Ceylan, H., Md Nor, N., & Jenatabadi, H. (2016). Sustainable development factors in pavement life-cycle: Highway/airport review. Sustainability, 8(3), 248. https://doi.org/10.3390/su8030248
Barudin, N. M., Yaacob, H., Hassan, N. A., Warid, M. N. M., Idham, M. K., Ismail, C. R., Nor, H. M., Hainin, M. R., Mohamad, A., Afiqah, R. N., Ayob, M. F., & Jaya, R. P. (2019). Correlation between functional and structural properties of flexible pavement. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 220, 012007.
Carvalho, A. F. C., & Santos, L. G. D. P. (2019). Maintenance of airport pavements: The use of visual inspection and IRI in the definition of degradation trends. International Journal of Pavement Engineering, 20(4), 425-431. https://doi.org/10.1080/10298436.2017.1309189
Das, B. M. (1993). Mekanika tanah (Prinsip-prinsip rekayasa geoteknik) Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Di Mascio, P., & Moretti, L. (2019). Implementation of a pavement management system for maintenance and rehabilitation of airport surfaces. Case Studies in Construction Materials, 11. https://doi.org/10.1016/j.cscm.2019.e00251
Munggarani, N. A., & Wibowo, A. (2017). Kajian faktor-faktor penyebab kerusakan dini perkerasan jalan lentur dan pengaruhnya terhadap biaya penanganan. Jurnal Infrastruktur, 3(1), 1-9.
Nazarian, S. & Stokoe II, K. H. (1984). In-situ shear wave velocity from spectral analysis of surface waves. Proc.of 8th World Conf. on Earthquake Engineering 3, 31-38.
Rosyidi, S. A. P. (2004). Evaluation of dynamic stiffness of pavement material using SASW method. Master Thesis. Universiti Kebangsaan Malaysia.
Rosyidi, S. A. P. (2015). Simultaneous in-situ stiffness and anomalies measurement on pavement subgrade using tomography surface waves technique. Procedia Engineering, 125, 534 – 540. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2015.11.057
Rosyidi, S. A. P., & Taha, M. R. (2004). Measurement of pavement moduli using simple surface wave propagation technique. Proceeding of the 7nd Symposium of Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT). Catholic Parahyangan University.
Rosyidi, S. A. P., & Yusoff, N. I. M. (2018). Wavelet-spectrogram analysis of surface wave technique for in situ pavement stiffness measurement, Journal of Materials in Civil Engineering, 30(11). https://doi.org/10.1061/(ASCE)MT.1943-5533.0002504
Rosyidi, S. A. P., Yusoff, N. I. M., Ismail, N. N., & Mat Yazid, M. R. (2021). Integrated time-frequency wavelet analysis and impulse response filtering on SASW test for rigid pavement stiffness prediction, Ain Shams Engineering Journal, 12(1), 367-380. https://doi.org/10.1016/j.asej.2020.05.006
SNI 06-2489-1991. Metode pengujian campuran aspal dengan alat Marshall. Departemen Pekerjaan Umum.
Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No. 04/SE/M/2010 tentang Pemberlakukan Pedoman Cara Uji California Bearing Ratio (CBR) dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Kementerian Pekerjaan Umum.
Trimukti, E. (2009). Tinjauan kerusakan jalan provinsi pada ruas Nanga Pinoh - Sokan Kabupaten Melawi. Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 125-138. http://dx.doi.org/10.26418/jtsft.v9i1.286
Vancura, M. E. (2013). Evaluation of in-situ variability of concrete pavement characteristics and their effect on performance. Ph.D. Dissertation. University of Minnesota, USA.
Wiyono, A. W. W., Setiawan, A., & Nurhidayat, N. (2012). Pengaruh suhu terhadap modulus elastisitas dan angka poisson beton aspal lapis aus (AC-WC) dengan kapur sebagai filler. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Transportasi, 2(2), 105 – 114.
DOI: https://doi.org/10.18196/st.v24i2.12868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sri Atmaja P. Rosyidi
Editorial Office :
SEMESTA TEKNIKA
Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia
Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656
Email: semesta_teknika@umy.ac.id, semestateknika@umy.university
Website: http://http://journal.umy.ac.id/index.php/st
Semesta Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.