Model Empirik Efek Mediasi Kapabilitas Inovasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran

Lutfi Lutfi, Wawan Ichwanudin, Hayati Nupus

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan segmen terbesar pelaku ekonomi nasional dan berperan penting bagi masyarakat dalam menghadapi krisis ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan variabel kapabilitas inovasi dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, studi pada UMKM makanan dan minuman (kuliner) di Kota Cilegon. Data responden yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah UMKM makanan dan minuman (kuliner) di Kota Cilegon dengan metode observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan teknik pengolahan dan analisis data menggunakan SEM dengan software smartPLS versi 2.0.m3. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kinerja pemasaran, namun jika melalui variabel mediasi kapabilitas inovasi maka orientasi pasar berpengaruh poisitif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dengan demikian maka variabel kapabilitas inovasi mampu memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Implikasi manajerial juga dibahas dalam penelitian ini.

Keywords


Orientasi Pasar; Kapabilitas Inovasi, Kinerja Pemasaran;

Full Text:

PDF

References


Alexander, Bharadwaj, S, G, ; Varadarajan, P, R; Fahy, J, 2013, Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Propositions, Journal of Marketing, Vol.57, Oktober, p. 83-99

Craven, D.W. 2015, Pemasaran Strategis, Edisi Keempat, Terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dinas Koprasi, Usaha Mikro Dan Kecil. 2018. http: //diskopumk.cilegon.go.id

Ferdinand, A,T, 2011. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategi. Research Paper Series. No.1 Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Ferdinand, A.T., (2013), Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair, J, et al, (2017) "An updated and expanded assessment of PLS-SEM in information systems research", Industrial Management & Data Systems, Vol. 117 Issue: 3, pp.442-458,

Han., Jin K. Srivastara., 2014, “Contomer-led and Market Oriented Let’s Not Confuse The Two”, Strategy Management Journal. pp. 1001-1008.

Setiawati, I dan Widyartati, P, 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran online terhadap Peningkatan Laba UMKM. Jurnal Ilmiah. Dhamputra. Semarang.

Ismawanti, E, (2015), “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Dengan Faktor Lingkungan Sebagai Variabel Moderat, Studi Pada Industri Kerajinan Batik Di Pekalongan, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang

Kohli ,A. K., & Jaworski, B. J., 2014. “Market Orientation : The Construct, Research Proposition, and Managerial Implication”, Journal of Marketing, pp. 1 - 18

Lamb, W; Hair, J, F; McDanniel, C, 2015,”Pemasaran” Buku Satu (Alih Bahasa David Octarevia), Jakarta, Penerbit Salemba Empat

Benn, L 2015. Developing Innovation Capability in Organisation: A Dinamic Capabilities Approach. International Journal of Innovation Management, vol.5, pp 377-400

Supranoto, M, 2009, Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar , Inovasi, Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran ( Studi Empiris Pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah di Kota Semarang ), Tesis, Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang 2009

Narver, J. C., & Slater , S. F. 2013. “Market Orientation and The Learning Organization ”, Journal of Marketing. p.63 – 74.

Narver, J. C., & Slater , S. F. 2013. “The Effect of Market Orientation on Business Profitability”, Journal of Marketing. Pp.20 – 35.

Narver, J.C. dan Slater, SF, 2013, The Effect of Market Orientation on Business Profitability, Jurnal of Marketing, 54 (Oktober). Pp 20-25

Nicky, N, H, R, 2015. Analisis Strategi Produk, Diferensiasi Layanan dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran. Jurnal EMBA, Volume 3 Nomer 4 Desember.

Porter, M, E., 2013, “Competitif Strategy”, The FreePress, New York. P. 20.

Prasetya, D, I, (2014), “Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, dan Orientasi Pasar, Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 1 No. 3, Desember 2014

Satyagraha, H, (1994). “Keunggulan Bersaing dan Aliansi Strategis:” Redefinisi

Setyawati, E; Abrilia, H, 2013, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan, Jurnal Fokus Bisnis, Volume 12, no 02, Bulan Desember 2013

Sismantono, A. 2014. Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar, dan Inovasi Terhadap Keungggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Industri Kecil dan Menengah Produk Makanan di Propinsi Bengkulu. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Sumiati, 2015. Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha dan Orienatasi Pasar Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan UMKM dikota Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Volume 1 Nomer 1 April.

SWOT”. Usahawan. No.4,Th.XXIII.

Terziovski, M. 2010. Innovation practice and its performance implications in small and Logam Winongan di Kabupaten Pasuruan.... mediumenterprises (SMEs) in the manufacturing sector: a resource-based view. Strategic Management Journal, Vol. 31 No. 8, pp. 892-900, ISSN 0143-2095.

Voss, Z, G ; Voss, G, B, (2016), “Strategic orientation and firm performance in an artistic environment”, Journal of Marketing, Chicago: Jan 2016. Vol. 64, Iss. 1; pg. 67, 17 pgsA. (2017). Evaluating web resources. Retrieved from Widener. Http://website.co.id/web

Bray, J. (2017). Bluetooth: Connect without wires (1st ed., Vol. 1). Prentice Hall.

Dewi, A., Seftaviani, N., & Rochmawati, E. (2020). Patient Safety Incident Differences Between Accredited and not Accredited Primary Health Center. JBTI (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit), 8(3), 215–223. https://doi.org/10.18196/JBTI.83109

Fang, Q. (2018). Lightweight sensing and communication protocols for target enumeration and aggregation. 1, 1–14. https://doi.org/xxxxxxxx




DOI: https://doi.org/10.18196/bti.113146

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi terindex:

    

__________________________________________________

Office:

Program Magister Manajemen, Gd. Pascasarjana Lt. 2
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul Yogyakarta 55183.

Telepon 0274 387656 Ext. 133
Mobile 0811 267 764
Email: jurnalbti.mmumy@gmail.com

ISSN Cetak : 2085-7721

ISSN Online : 2622-0733

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats