Metode Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja (Studi Pada PT “X”di Semarang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan PT “X” di Semarang yang menggunakan metode balance scorecard secara keseluruhan dalam kondisi baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang berjumlah 60 orang (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) dan customer yang masih aktif sampai dengan tahun 2013 sebesar 100 konsumen baik dari rumah sakit, apotek maupun distributor kecil (perspektif pelanggan). Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 50 konsumen dan 38 karyawan (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan).
Hasil penelitian menunjukkan kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada financial perspective (perspektif keuangan) berada dalam kondisi baik. Kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada Customersl Perspective (perspektif pelanggan) berada dalam kondisi baik. Kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada Internal Business Process Perspective (perspektif proses bisnis internal) berada dalam kondisi baik. Kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada Learning and Growth Perspective (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) berada dalam kondisi baik. Dan kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada keseluruhan perspektif berada dalam kondisi baik.
Keywords: balance scorecard , kinerja, customer.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18196/jbti.v6i1.1394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International