Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Mempertimbangkan Jenis Kelamin

Ibnur Rusi

Abstract


Fasilitas teknologi dan jaringan internet, serta kemudahan dalam mengaksesnya pada perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi wadah yang baik bagi mahasiswa untuk kemudian dimanfaatkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran mereka. Melalui fasilitas internet yang disediakan oleh perguruan tinggi, mahasiswa dapat mengakses segala macam bentuk informasi untuk memenuhi kebutuhan ilmu dan mengerjakan tanggungjawabnya, tetapi pemanfaatan internet sering disalahgunakan untuk hal yang tidak berguna yang tidak ada kaitannya untuk menunjang pembelajaran, seperti mengakses media sosial dan bermain game online. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan motivasi belajar dengan mempertimbangkan jenis kelamin. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Singkawang dengan menggunakan pendekatan model TAM (Technology Acceptance Model), sedangkan untuk menguji validitas dan realibilitas menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa kemudahan penggunaan dan manfaat penggunaan internet berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa dan minat belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan hasil dari mahasiswi variabel kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswi akan tetapi kemudahan penggunaan internet berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswi dan minat belajar mahasiswi mempengaruhi motivasi belajar mahasiswi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi STIE Mulia untuk memaksimalkan penggunaan internet guna mendukung kegiatan pembelajaran.


Keywords


Manajemen

Full Text:

PDF

References


Davis, F. D. 1989. Percieved Usefulness, Percieved Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. Miss Quarterly.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Greenlaw, R., & Hepp, E. 2002. Fundamentals of the Internet and The World Wide Web. McGraw Hill. New York

Hamzah, B. U. 2008. Profesi Kependidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Hanifah, & Abdullah, S. 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi, 63-68.

Jihad, A., dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pelajaran. Multi Pressindo. Yogyakarta

Jogiyanto, H. M. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Andi Publisher. Yogyakarta

Khairani, M. 2014. Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo. Yogyakarta

Priyatno, D. 2016. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Gava Media. Yogyakarta

Ricoida, D.I, dan Pibriana, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Dan Perilaku Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor. Rineka Cipta. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen, cetakan kesatu. Alfabeta. Bandung

Tjahjono, H. K., & Wulandari, Y. 2008. Implementasi Model Penerimaan Teknologi Pada Organisasi: Kajian Intensi Dosen Menggunakan Teknologi E-Learning. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 20(1), 42-51.

Widiatika, I., & Sensuse, D. 2008. Pengembangan Model Penerimaan Teknologi Internet Oleh Pelajar Dengan Menggunakan Konsep Technology Acceptance Model (TAM), Jurnal Sistem Informasi MT -UI, 81-92.

Winarno, W. W. 2004. Sistem Informasi Manajemen. UPP AMP YKPN. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.18196/bti.101116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi terindex:
 
 

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

Office:
Magister of Managemet Postgraduate Building 2nd Floor UMY
Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 Ext. 133
WA : +62 815-8758-702
E-mail: jbti@umy.university


This work is licensed under Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International