Evaluasi Pembelajaran Bunpou pada Kelas Daring di LPK Mulia Meisou Indonesia

Authors

  • Thamita Islami Indraswari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Siti Mutiaraningsih LPK Mulia Meisou Indonesia
  • Siti Julaeha LPK Mulia Meisou Indonesia
  • Santy Sugiarty LPK Mulia Meisou Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10235

Keywords:

evaluasi, pembelajaran bunpou, kelas daring, LPTK

Abstract

Pembelajaran daring telah menjadi trend sejak lebih dari satu dekade lalu. Tetapi, adanya pandemi COVID-19 di tahun 2020 semakin mendesak kebutuhan untuk menerapkan pembelajaran daring di seluruh jenjang pendidikan, termasuk di lembaga pelatihan kerja (LPK). Topik mengenai pembelajaran bahasa Jepang di LPK telah banyak diteliti, tetapi topik yang berfokus pada evaluasi pembelajaran bahasa Jepang di kelas daring pada masa pandemi belum banyak dieksplorasi. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring kelas Engineer di LPK Mulia Meisou Indonesia (LPK MMI) dengan berfokus pada: 1) pelaksanaan evaluasi pembelajaran bunpou di kelas Engineer LPK MMI, 2) bagaimana hasil dari evaluasi tersebut.  Telaah pada dokumen catatan guru, hasil tes siswa, serta wawancara pada siswa dilakukan untuk mencari uraian dari fokus penelitian. Evaluasi pembelajaran bunpou di kelas Engineer LPK MMI dilaksanakan dengan memanfaatkan Google Forms. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas bervariasi pada tiap tes, dengan adanya faktor penyerta yang diduga dapat memengaruhi hasil tes. Evaluasi melalui tes berbasis google forms dianggap memadai untuk menjaring informasi tentang penguasaan materi belajar oleh siswa. Tetapi, evaluasi melalui Google Forms perlu disertai dengan langkah-langkah lanjutan agar dapat terpetakan masalah yang sesungguhnya dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran, agar evaluasi pembelajaran dapat menyentuh hal-hal terkait proses belajar dengan lebih menyeluruh.

References

Allen, E., & Seaman, J. (2007). Online nation: Five years of growth in online learning. Boston: Sloan Consortium. Diambil kembali dari https://eric.ed.gov/?id=ED529699

Anshari, M., Alas, Y., Yunus, N. H., Sabtu, N. P., & Hamid, M. S. (2016). Online Learning: Trends, issues, and challenges in the Big Data Era. Journal of e-Learning and Knowledge Society, 12(1). Diambil kembali dari https://www.learntechlib.org/p/171433/

Artawan, I. W., Padmadewi, N. N., & Adnyani, K. E. (2015). Pengembangan buku panduan kebudayaan Jepang dan peternakan babi (Nihon no bunka to youton) untuk peserta magang di LPK Duta Sahaya Tabanan. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 1(2). http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6269

Astina, I. K., Hermawan, G. S., & Mardani, D. M. (2019). Profil strategi pembelajaran bahasa Jepang di LPK Terakoya Bali. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(3), 478-488. https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i3.21457

Asmara, M. A. (2015). Penerapan evaluasi Can Do statements dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Universitas Pendidikan Indonesia. Diambil kembali dari http://repository.upi.edu/22414/

Bates, A. (2019). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning (2nd ed.). Diambil kembali dari https://opentextbc.ca/teachinginadigitalage/

Blake, R. J. (2011). Current Trends in Online Language Learning. Annual Review of Applied Linguistics, 31, 19-35. https://doi.org/10.1017/S026719051100002X

Hrastinski, S. (2008). A study of asynchronous and synchronous e-learning methods discovered that each supports different purposes. EDUCAUSE QUARTERLY (4), hal. 51-55. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/238767486_Asynchronous_and_synchronous_e-learning

Indonesia, B. P. (2020, Juni 6). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring. Diambil kembali dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring

Indonesia, B. P. (2020, Juni 6). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pembelajaran. Diambil kembali dari kbbi.kemdikbud.go.id: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pembelajaran

Liang, R., & Chen, D.-T. (2012). Online learning: Trends, potential, and challenges. Creative Education, 3(8), 1332-1335. http://dx.doi.org/10.4236/ce.2012.38195

Nurgiyantoro, B. (2017). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Yasa, M. S., Mardani, D. M., & Sadyana, I. W. (2015). Profil pembelajaran bahasa Jepang di lembaga pelatihan kerja Duta Sahaya Tabanan. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 1(2). http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6282

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Indraswari, T. I., Mutiaraningsih, S., Julaeha, S., & Sugiarty, S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bunpou pada Kelas Daring di LPK Mulia Meisou Indonesia. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10235

Issue

Section

Articles