Evaluasi Pembelajaran Bunpou pada Kelas Daring di LPK Mulia Meisou Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10235Keywords:
evaluasi, pembelajaran bunpou, kelas daring, LPTKAbstract
Pembelajaran daring telah menjadi trend sejak lebih dari satu dekade lalu. Tetapi, adanya pandemi COVID-19 di tahun 2020 semakin mendesak kebutuhan untuk menerapkan pembelajaran daring di seluruh jenjang pendidikan, termasuk di lembaga pelatihan kerja (LPK). Topik mengenai pembelajaran bahasa Jepang di LPK telah banyak diteliti, tetapi topik yang berfokus pada evaluasi pembelajaran bahasa Jepang di kelas daring pada masa pandemi belum banyak dieksplorasi. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring kelas Engineer di LPK Mulia Meisou Indonesia (LPK MMI) dengan berfokus pada: 1) pelaksanaan evaluasi pembelajaran bunpou di kelas Engineer LPK MMI, 2) bagaimana hasil dari evaluasi tersebut. Telaah pada dokumen catatan guru, hasil tes siswa, serta wawancara pada siswa dilakukan untuk mencari uraian dari fokus penelitian. Evaluasi pembelajaran bunpou di kelas Engineer LPK MMI dilaksanakan dengan memanfaatkan Google Forms. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas bervariasi pada tiap tes, dengan adanya faktor penyerta yang diduga dapat memengaruhi hasil tes. Evaluasi melalui tes berbasis google forms dianggap memadai untuk menjaring informasi tentang penguasaan materi belajar oleh siswa. Tetapi, evaluasi melalui Google Forms perlu disertai dengan langkah-langkah lanjutan agar dapat terpetakan masalah yang sesungguhnya dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran, agar evaluasi pembelajaran dapat menyentuh hal-hal terkait proses belajar dengan lebih menyeluruh.References
Allen, E., & Seaman, J. (2007). Online nation: Five years of growth in online learning. Boston: Sloan Consortium. Diambil kembali dari https://eric.ed.gov/?id=ED529699
Anshari, M., Alas, Y., Yunus, N. H., Sabtu, N. P., & Hamid, M. S. (2016). Online Learning: Trends, issues, and challenges in the Big Data Era. Journal of e-Learning and Knowledge Society, 12(1). Diambil kembali dari https://www.learntechlib.org/p/171433/
Artawan, I. W., Padmadewi, N. N., & Adnyani, K. E. (2015). Pengembangan buku panduan kebudayaan Jepang dan peternakan babi (Nihon no bunka to youton) untuk peserta magang di LPK Duta Sahaya Tabanan. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 1(2). http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6269
Astina, I. K., Hermawan, G. S., & Mardani, D. M. (2019). Profil strategi pembelajaran bahasa Jepang di LPK Terakoya Bali. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(3), 478-488. https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i3.21457
Asmara, M. A. (2015). Penerapan evaluasi Can Do statements dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Universitas Pendidikan Indonesia. Diambil kembali dari http://repository.upi.edu/22414/
Bates, A. (2019). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning (2nd ed.). Diambil kembali dari https://opentextbc.ca/teachinginadigitalage/
Blake, R. J. (2011). Current Trends in Online Language Learning. Annual Review of Applied Linguistics, 31, 19-35. https://doi.org/10.1017/S026719051100002X
Hrastinski, S. (2008). A study of asynchronous and synchronous e-learning methods discovered that each supports different purposes. EDUCAUSE QUARTERLY (4), hal. 51-55. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/238767486_Asynchronous_and_synchronous_e-learning
Indonesia, B. P. (2020, Juni 6). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring. Diambil kembali dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring
Indonesia, B. P. (2020, Juni 6). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pembelajaran. Diambil kembali dari kbbi.kemdikbud.go.id: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pembelajaran
Liang, R., & Chen, D.-T. (2012). Online learning: Trends, potential, and challenges. Creative Education, 3(8), 1332-1335. http://dx.doi.org/10.4236/ce.2012.38195
Nurgiyantoro, B. (2017). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Yasa, M. S., Mardani, D. M., & Sadyana, I. W. (2015). Profil pembelajaran bahasa Jepang di lembaga pelatihan kerja Duta Sahaya Tabanan. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 1(2). http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6282
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, social media account, or on their website) after the article getting published in the journal, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.