Evaluasi Pembelajaran Bunpou pada Kelas Daring di LPK Mulia Meisou Indonesia

Thamita Islami Indraswari, Siti Mutiaraningsih, Siti Julaeha, Santy Sugiarty

Abstract


Pembelajaran daring telah menjadi trend sejak lebih dari satu dekade lalu. Tetapi, adanya pandemi COVID-19 di tahun 2020 semakin mendesak kebutuhan untuk menerapkan pembelajaran daring di seluruh jenjang pendidikan, termasuk di lembaga pelatihan kerja (LPK). Topik mengenai pembelajaran bahasa Jepang di LPK telah banyak diteliti, tetapi topik yang berfokus pada evaluasi pembelajaran bahasa Jepang di kelas daring pada masa pandemi belum banyak dieksplorasi. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring kelas Engineer di LPK Mulia Meisou Indonesia (LPK MMI) dengan berfokus pada: 1) pelaksanaan evaluasi pembelajaran bunpou di kelas Engineer LPK MMI, 2) bagaimana hasil dari evaluasi tersebut.  Telaah pada dokumen catatan guru, hasil tes siswa, serta wawancara pada siswa dilakukan untuk mencari uraian dari fokus penelitian. Evaluasi pembelajaran bunpou di kelas Engineer LPK MMI dilaksanakan dengan memanfaatkan Google Forms. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas bervariasi pada tiap tes, dengan adanya faktor penyerta yang diduga dapat memengaruhi hasil tes. Evaluasi melalui tes berbasis google forms dianggap memadai untuk menjaring informasi tentang penguasaan materi belajar oleh siswa. Tetapi, evaluasi melalui Google Forms perlu disertai dengan langkah-langkah lanjutan agar dapat terpetakan masalah yang sesungguhnya dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran, agar evaluasi pembelajaran dapat menyentuh hal-hal terkait proses belajar dengan lebih menyeluruh.

Keywords


evaluasi; pembelajaran bunpou; kelas daring; LPTK

Full Text:

PDF

References


Allen, E., & Seaman, J. (2007). Online nation: Five years of growth in online learning. Boston: Sloan Consortium. Diambil kembali dari https://eric.ed.gov/?id=ED529699

Anshari, M., Alas, Y., Yunus, N. H., Sabtu, N. P., & Hamid, M. S. (2016). Online Learning: Trends, issues, and challenges in the Big Data Era. Journal of e-Learning and Knowledge Society, 12(1). Diambil kembali dari https://www.learntechlib.org/p/171433/

Artawan, I. W., Padmadewi, N. N., & Adnyani, K. E. (2015). Pengembangan buku panduan kebudayaan Jepang dan peternakan babi (Nihon no bunka to youton) untuk peserta magang di LPK Duta Sahaya Tabanan. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 1(2). http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6269

Astina, I. K., Hermawan, G. S., & Mardani, D. M. (2019). Profil strategi pembelajaran bahasa Jepang di LPK Terakoya Bali. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(3), 478-488. https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i3.21457

Asmara, M. A. (2015). Penerapan evaluasi Can Do statements dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Universitas Pendidikan Indonesia. Diambil kembali dari http://repository.upi.edu/22414/

Bates, A. (2019). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning (2nd ed.). Diambil kembali dari https://opentextbc.ca/teachinginadigitalage/

Blake, R. J. (2011). Current Trends in Online Language Learning. Annual Review of Applied Linguistics, 31, 19-35. https://doi.org/10.1017/S026719051100002X

Hrastinski, S. (2008). A study of asynchronous and synchronous e-learning methods discovered that each supports different purposes. EDUCAUSE QUARTERLY (4), hal. 51-55. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/238767486_Asynchronous_and_synchronous_e-learning

Indonesia, B. P. (2020, Juni 6). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring. Diambil kembali dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring

Indonesia, B. P. (2020, Juni 6). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pembelajaran. Diambil kembali dari kbbi.kemdikbud.go.id: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pembelajaran

Liang, R., & Chen, D.-T. (2012). Online learning: Trends, potential, and challenges. Creative Education, 3(8), 1332-1335. http://dx.doi.org/10.4236/ce.2012.38195

Nurgiyantoro, B. (2017). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Yasa, M. S., Mardani, D. M., & Sadyana, I. W. (2015). Profil pembelajaran bahasa Jepang di lembaga pelatihan kerja Duta Sahaya Tabanan. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 1(2). http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6282




DOI: https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Japanese Language Education and Linguistics

 

 

Editorial Office

Journal of Japanese Language Education and Linguistics

KH Ibrahim Building (E6) First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183

email: jjlel.pbj@umy.ac.id

Phone: +62 274 387656, ext. 459

Department of Japanese Language Education, Faculty of Language Education, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta




                                                                                                                        Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.