Kendala Berkomunikasi yang Dihadapi oleh Tenaga Profesional Penutur Bahasa Jepang di Perusahaan Jepang

Authors

  • Lufi Wahidati Program Studi DIII Bahasa Jepang, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
  • Fatmawati Djafri Program Studi DIII Bahasa Jepang, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10523

Keywords:

kesulitan berkomunikasi, komunikasi bisnis, bahasa Jepang

Abstract

Dalam rangka penyelenggaraan program pelatihan bahasa asing untuk komunikasi bisnis, dilakukan survei pendahuluan terkait kendala berkomunikasi yang dihadapi oleh staf Indonesia penutur bahasa Jepang. Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi jenis kesulitan, situasi-situasi yang sering menimbulkan kesulitan berkomunikasi, serta penyebab terjadinya permasalahan komunikasi menurut para tenaga profesional penutur bahasa Jepang yang bekerja di perusahaan Jepang. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian diawali dengan pengumpulan data menggunakan angket. Simpulan sementara yang diperoleh dari hasil analisis angket kemudian akan diuji kembali melalui wawancara mendalam (in-depth interview) pada beberapa responden yang terpilih. Hasil wawancara dan data dari angket kemudian dianalisis kembali untuk mendapatkan simpulan akhir dari penelitian. Berdasarkan analisis, disimpulkan bahwa staf Indonesia penutur bahasa Jepang terutama mengalami permasalah berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang saat harus melakukan komunikasi secara spontan tanpa adanya persiapan. Kendala tersebut banyak terjadi pada saat diskusi, rapat, juga komunikasi melalui telpon. Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya kendala berkomuniasi dengan penutur jati bahasa Jepang. Faktor internal meliputi faktor penguasaan bahasa dan faktor perbedaan budaya, sedangkan faktor eksternal terjadi karena perbedaan budaya kerja di Indonesia dan di Jepang.

References

Clearly Cultural. (n.d.). Uncertainty avoidance. https://clearlycultural.com/geert-hofstede-cultural-dimensions/uncertainty-avoidance-index/

Dwiwardani, W., & Wahidati, L. (2019). Kebutuhan kompetensi soft skill lulusan program studi bahasa/sastra Jepang di dunia kerja. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 2(2), 133–147. https://doi.org/10.22146/jla.40511

Hemanona, V., & Suharyono, S. (2017). ANALISIS PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT TERHADAP COUNTRY ADVANTAGES INDONESIA (Studi Terhadap FDI Amerika Serikat di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 52(1), 16–25. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2151

Japan Foundation. (n.d.). N1-N5: Summary of linguistics competence required for each level. https://www.jlpt.jp/e/about/levelsummary.html

JETRO. (1999). Communicating with Japanese in Business. JETRO. https://www.jetro.go.jp/costarica/mercadeo/communicationwith.pdf

Liliweri, A. (2016). Konfigurasi dasar teori-teori komunikasi antarbudaya. Bandung: Nusa Media.

Nisfullayli, S., et al., (2018). Program Pelatihan Bahasa Asing Terapan: Pemetaan Kompetensi Bahasa Asing untuk Komunikasi Bisnis. Laporan Penelitian Dana Anggaran Masyarakat Tahun Anggaran 2018 Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. (Tidak dipublikasikan).

Pratama, I. (2015). PERLUNYA PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA DALAM PROSES NEGOSIASI BISNIS (Studi Pada PT. Pratama Jaya Perkasa). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 24(1), 86028. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/939

Vanuxem, R. (2017, September 19). Five unexpected adjustments you will need to make in your new job. Hays. https://social.hays.com/2017/09/19/five-adjustments-new-job/#:~:text=Adjustments in your new role,a positive and patient attitude

Visiaty, A. (2020). Unsur budaya dalam komunikasi berbahasa Jepang di dunia korporasi di Indonesia: Kajian konflik interkultural. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.22146/jla.57500

Downloads

Published

2021-03-23

How to Cite

Wahidati, L., & Djafri, F. (2021). Kendala Berkomunikasi yang Dihadapi oleh Tenaga Profesional Penutur Bahasa Jepang di Perusahaan Jepang. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(1), 12–30. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10523

Issue

Section

Articles