Metode Pembelajaran Kosakata bagi Pembelajar Bahasa Jepang: Dari Grammar-Translation ke Contextual Vocabulary Acquisition

Mery Kharismawati, Devita Widyaningtyas Yogyanti, Ummul Hasanah

Abstract


Penguasaan kosa kata merupakan hal yang penting dalam pembelajaran bahasa. Berdasarkan observasi dan wawancara, metode pembelajaran kosakata siswa angkatan 2018 di program studi D3 Bahasa Jepang, Sekolah Vokasi, Unversitas Gadjah Mada, menggunakan metode grammar-translation. Siswa juga diperkenalkan pada pemerolehan kosa kata dalam konteks (Contextual Vocabulary Acquisition/CVA). Untuk membandingkan efektivitas metode-metode tersebut, dilakukan eksperimen yang melibatkan 18 siswa. Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok 1 menggunakan metode grammar-translation konvensional, dan kelompok 2 menggunakan metode yang sama, namun diberi intervensi berupa pembelajaran kosa kata visual menggunakan aplikasi Kahoot!. Siswa diminta menebak kosa kata target dalam bentuk soal kata-per kata di tahap 1, dan menerjemahkan kalimat yang mengandung kosa kata target.  Hasil analisis menunjukkan kelompok pengguna Kahoot! menunjukkan hasil lebih baik. Uniknya, pada kedua kelompok, terdapat siswa yang menunjukkan penerapan CVA. Siswa berhasil menebak kosa kata target dalam tes tahap 2, setelah memahami hal-hal yang berkaitan dengan kosa kata tersebut berdasarkan prior knowledge mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kosa-kata sebaiknya mengkombinasikan metode-metode yang sudah ada, agar siswa mendapat petunjuk lengkap mulai dari tataran morfologis hingga visual sehingga mereka dapat menginternalisasi suatu kosa kata dengan sempurna.


Keywords


Pembelajaran kosakata; Bahasa Jepang; grammar-translation; Kahoot!; Contextual Vocabulary Acquisition (CVA)

Full Text:

PDF

References


Alqahtani, M. (2015). The importance of vocabulary in language learning and how to be taught. International Journal of Teaching and Education, III(3), 21–34. https://doi.org/10.20472/te.2015.3.3.002

Asrori, I. (2016). Strategi pembelajar Indonesia mengidentifikasi makna kata bahasa Arab dalam konteks kalimat wacana Geografi. Arabi: Journal of Arabic Studies, 1(2), 11. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.4

Fauzan, R. (2019). Pemanfaatan gamification Kahoot.it sebagai enrichment kemampuan berfikir historis mahasiswa pada mata kuliah sejarah kolonialisme Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 257. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5764

Hyso, K., & Tabaku, E. (2011). Importance of vocabulary teaching to advanced foreign language students in improving reading. Problems of Education in The 21st Century, 29, 55–62. www.scientiasocialis.lt

Kunto Ariwibowo, E. (2020.). Webinar study mode: Fitur baru di Kahoot! untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Retrieved October 27, 2020, from http://www.erickunto.com/2020/05/21/webinar-study-mode-fitur-baru-di-kahoot-untuk-mendukung-pembelajaran-jarak-jauh/

Matsushita, T. (2014). How is the relationship between vocabulary knowledge and reading comprehension ? A case of Japanese (Issue August).

Nation, I. S.P. (2013). Learning vocabulary in another language (2nd ed.). Cambride University Press.

Ninmote, C. (2017). Strategies for learning kanji vocabulary among Thai students who studied Japanese courses as an elective in higher education.

Oxford, R. L. (1990). Language learning strategies: What every teacher should knows. Heinle & Heinle Publication.

Rapaport, W. J. (2003). What is the “context” for contextual vocabulary acquisition? Proceedings of the 4th International Conference on Cognitive Science/7th Australasian Society for Cognitive Science Conference (ICCS/ASCS-2003), June 2003, 547–552.

http://www.cse.buffalo.edu/~rapaport/Papers/contextbook.pdf

Richard, L. (n.d.). Jsho - Japanese Dictionary - Apps on Google Play. Retrieved December 3, 2020, from https://play.google.com/store/apps/details?id=ric.Jsho&hl=en&gl=US

Shoimin, A. (2014). Metode pembelajaran inovatif dalam berkurikulum 2013. Ar Ruzz Media.

Van Els, T. et al. (1984). Applied linguistics and the learning and teaching of foreign languages. Edward Arnolds Publisher.

Yi, H. (2014). Foreign language vocabulary learning strategies: Patterns of use among college students (Doctoral dissertation). Auburn University. https://etd.auburn.edu/bitstream/handle/10415/4304/Final%20Submission%20Yi%20Han.pdf?sequence=2&isAllowed=y




DOI: https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Japanese Language Education and Linguistics

 

 

Editorial Office

Journal of Japanese Language Education and Linguistics

KH Ibrahim Building (E6) First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183

email: jjlel.pbj@umy.ac.id

Phone: +62 274 387656, ext. 459

Department of Japanese Language Education, Faculty of Language Education, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta




                                                                                                                        Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.