Pelaksanaan Penilaian Formatif Mata Pelajaran Bahasa Jepang di Jawa Timur Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ulfah Sutiyarti Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Kisyani Kisyani Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Yulia Hapsari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10568

Keywords:

Pandemi Covid 19, Pembelajaran daring, Penilaian formatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan penilaian formatif di SMA dan sederajat di Jawa Timur di masa pandemi covid 19. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data menggunakan instrumen angket yang disebarkan ke responden pada waktu pertemuan MGMP bahasa Jepang wilayah Jawa Timur dan dikuatkan dengan metode wawancara. Responden sejumlah 51 guru bahasa Jepang yang hadir dalam pertemuan MGMP bahasa Jepang wilayah Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran daring merupakan sesuatu yang baru bagi sistem pembelajaran kita namun bapak ibu guru anggota MGMP Bahasa Jepang wilayah Jawa Timur dengan cepat dapat beradaptasi dan dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Meskipun tidak dapat kita hindari bahwa adanya kendala sinyal yang dikarenakan tidak semua daerah dapat terjangkau jaringan internet dengan baik namun ini tidak menghalangi proses pembelajaran bahasa Jepang.

References

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education, 5(1), 7–71. https://doi.org/10.1080/0969595980050102.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huhta, A. (2008). The handbook of educational linguistics. Blackwell Publishing.

Jian, H. & Luo, S. (2014). FORMATIVE ASSESSMENT IN L2 CLASSROOM IN CHINA: THE CURRENT SITUATION, PREDICAMENT AND FUTURE. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 3(2), 18-34. https://doi.org/10.17509/ijal.v3i2.266

Lewy, A. (1990). Formative and summative evaluation. In H. Walberg & G. Haertel (eds.), The international encyclopedia of educational evaluation (pp. 26–28). Pergamon Press.

Nitko, A. J. (1993). Designing tests that are integrated with instruction. In Robert L. Linn (ed.), Educational measurement (pp. 447–474). Oryx Press.

Permendikbud Tentang Standar Penilaian Pendidikan, Permendikbud No. 23 (2016).

Purnomo, Y. W. (2013). Keefektifan penilaian formatif terhadap hasil belajar mahasiswa ditinjau dari motivasi belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 649-656.

Sari, I. P., Mustikasari, V. R., & Pratiwi, N. (2019). Pengintegrasian penilaian formatif dalam pembelajaran IPA berbasis saintifik terhadap pemahaman konsep peserta didik. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), Retrieved from http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva

Sriyati, S. (2011). Penerapan asesmen formatif untuk membentuk habits of mind mahasiswa Biologi. [Dissertasi Tidak Dipublikasikan]. Universitas Pendidikan Indonesia

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Sutiyarti, U., Kisyani, K., Mintowati, M., & Hapsari, Y. (2021). Pelaksanaan Penilaian Formatif Mata Pelajaran Bahasa Jepang di Jawa Timur Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(1), 63–82. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10568

Issue

Section

Articles