Pengaruh Metode Power Teaching terhadap Penguasaan Goi Tingkat Dasar
DOI:
https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.11705Keywords:
metode, Power Teaching, kosakata, bahasa JepangAbstract
Salah satu kesulitan yang dialami siswa selama mempelajari bahasa asing di sekolah terutama dalam mempelajari bahasa Jepang adalah kesulitan dalam menguasai kosakata. Penelitian ini berawal dari banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari kosakata selama pembelajaran bahasa Jepang di sekolah. Oleh karena itu metode pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran bahasa Jepang di sekolah agar memudahkan siswa dalam mengingat kosakata. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode Power Teaching terhadap penguasaan goi siswa dan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai metode Power Teaching. Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan pre-test and post-test control group desain. Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Pasundan 2 Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah metode power teaching sangat berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan goi siswa dan dari hasil data angket, dapat dikatakan bahwa metode ini sangat efektif sehingga mampu membuat siswa lebih aktif dan fokus dalam mempelajari bahasa Jepang.
References
Biffle, C. (2010b). POWER TEACHING for Challenging Kids. (E-Book). [online].Tersedia: http://www.wholebrainteaching.com/index.php?option=com_docman&task=doc_download&gid=32&itemid=223
Biffle, C. (2010c). POWER TEACHING. LLC - Milestones. [online]. Tersedia: http://www.wholebrainteaching.com/index.php/whole-brain-teaching/goodies/whole-brain-teaching-llc-milestones.html
Biffle, C. (2012d). POWER TEACHING. [online]. Tersedia: http://www.funderstanding.com/curriculum/whole-brain-teaching/
Fathurrahman, P., & Sutikno, M. S. (2007). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep islami. PT. Rafika Aditama
Jabar, S. (2014). Penerapan metode whole brain teaching pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI SMAN 16 Bandung. [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/11454/
Sugiyono, S. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutedi, D. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang, Panduan bagi Guru dan calon Guru dalam meneliti Bahasa Jepang dan Pengajarannya. Penerbit Humaniora.
Wirani, F., Setiyadi, A. B., & Hasan, H. (2014). The implementation of “power teaching” approach in increasing students’ speaking participation. U-Jet: Unila Journal of English Teaching, 3(4), 1-14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/123/article/view/4501/0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, social media account, or on their website) after the article getting published in the journal, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.