Pengaruh Metode Power Teaching terhadap Penguasaan Goi Tingkat Dasar

Authors

  • Rahmi Oktayory Wikarya Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang
  • Meira Anggia Putri Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.11705

Keywords:

metode, Power Teaching, kosakata, bahasa Jepang

Abstract

Salah satu kesulitan yang dialami siswa selama mempelajari bahasa asing di sekolah terutama dalam mempelajari bahasa Jepang adalah kesulitan dalam menguasai kosakata. Penelitian ini berawal dari banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari kosakata selama pembelajaran bahasa Jepang di sekolah. Oleh karena itu metode pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran bahasa Jepang di sekolah agar memudahkan siswa dalam mengingat kosakata. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode Power Teaching terhadap penguasaan goi siswa dan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai metode Power Teaching. Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan pre-test and post-test control group desain. Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Pasundan 2 Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah metode power teaching sangat berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan goi siswa dan dari hasil data angket, dapat dikatakan bahwa metode ini sangat efektif sehingga mampu membuat siswa lebih aktif dan fokus dalam mempelajari bahasa Jepang.

References

Biffle, C. (2010b). POWER TEACHING for Challenging Kids. (E-Book). [online].Tersedia: http://www.wholebrainteaching.com/index.php?option=com_docman&task=doc_download&gid=32&itemid=223

Biffle, C. (2010c). POWER TEACHING. LLC - Milestones. [online]. Tersedia: http://www.wholebrainteaching.com/index.php/whole-brain-teaching/goodies/whole-brain-teaching-llc-milestones.html

Biffle, C. (2012d). POWER TEACHING. [online]. Tersedia: http://www.funderstanding.com/curriculum/whole-brain-teaching/

Fathurrahman, P., & Sutikno, M. S. (2007). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep islami. PT. Rafika Aditama

Jabar, S. (2014). Penerapan metode whole brain teaching pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI SMAN 16 Bandung. [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/11454/

Sugiyono, S. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutedi, D. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang, Panduan bagi Guru dan calon Guru dalam meneliti Bahasa Jepang dan Pengajarannya. Penerbit Humaniora.

Wirani, F., Setiyadi, A. B., & Hasan, H. (2014). The implementation of “power teaching” approach in increasing students’ speaking participation. U-Jet: Unila Journal of English Teaching, 3(4), 1-14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/123/article/view/4501/0

Downloads

Published

2021-09-04

How to Cite

Wikarya, R. O., & Putri, M. A. (2021). Pengaruh Metode Power Teaching terhadap Penguasaan Goi Tingkat Dasar. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(2), 168–183. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.11705

Issue

Section

Articles