Pengaruh Metode Power Teaching terhadap Penguasaan Goi Tingkat Dasar
Abstract
Salah satu kesulitan yang dialami siswa selama mempelajari bahasa asing di sekolah terutama dalam mempelajari bahasa Jepang adalah kesulitan dalam menguasai kosakata. Penelitian ini berawal dari banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari kosakata selama pembelajaran bahasa Jepang di sekolah. Oleh karena itu metode pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran bahasa Jepang di sekolah agar memudahkan siswa dalam mengingat kosakata. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode Power Teaching terhadap penguasaan goi siswa dan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai metode Power Teaching. Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan pre-test and post-test control group desain. Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Pasundan 2 Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah metode power teaching sangat berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan goi siswa dan dari hasil data angket, dapat dikatakan bahwa metode ini sangat efektif sehingga mampu membuat siswa lebih aktif dan fokus dalam mempelajari bahasa Jepang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Biffle, C. (2010b). POWER TEACHING for Challenging Kids. (E-Book). [online].Tersedia: http://www.wholebrainteaching.com/index.php?option=com_docman&task=doc_download&gid=32&itemid=223
Biffle, C. (2010c). POWER TEACHING. LLC - Milestones. [online]. Tersedia: http://www.wholebrainteaching.com/index.php/whole-brain-teaching/goodies/whole-brain-teaching-llc-milestones.html
Biffle, C. (2012d). POWER TEACHING. [online]. Tersedia: http://www.funderstanding.com/curriculum/whole-brain-teaching/
Fathurrahman, P., & Sutikno, M. S. (2007). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep islami. PT. Rafika Aditama
Jabar, S. (2014). Penerapan metode whole brain teaching pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI SMAN 16 Bandung. [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/11454/
Sugiyono, S. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutedi, D. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang, Panduan bagi Guru dan calon Guru dalam meneliti Bahasa Jepang dan Pengajarannya. Penerbit Humaniora.
Wirani, F., Setiyadi, A. B., & Hasan, H. (2014). The implementation of “power teaching” approach in increasing students’ speaking participation. U-Jet: Unila Journal of English Teaching, 3(4), 1-14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/123/article/view/4501/0
DOI: https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.11705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Journal of Japanese Language Education and Linguistics
Editorial Office
Journal of Japanese Language Education and Linguistics
KH Ibrahim Building (E6) First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183
email: jjlel.pbj@umy.ac.id
Phone: +62 274 387656, ext. 459
Department of Japanese Language Education, Faculty of Language Education, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.