Analisis Strategi Interpretasi Makna Jukugo yang Tidak Diketahui oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2018

Authors

  • Novita Putri Wahyu Ratnasari Universitas Brawijaya
  • Febi Ariani Saragih Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.11958

Keywords:

Analisis, Interpretasi, Jukugo.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi interpretasi makna jukugo yang tidak diketahui, serta faktor penyebab pemilihan strategi. Analisis penggunaan strategi dikaji menggunakan tiga teori yaitu teori kontekstual, mnemonic dengan rikusho, dan pembentukan jukugo. Faktor penyebab pemilihan strategi dikaji berdasarkan teori faktor pengaruh pemilihan strategi pembelajaran bahasa kedua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2018. Dari 47 responden didapatkan hasil bahwa kecenderungan strategi yang sering digunakan adalah strategi kontekstual, kemudian mnemonic dan metode pembentukan jukugo jarang digunakan. Diketahui faktor pemilihan strategi kontekstual yaitu pengetahuan kosakata, motivasi, gaya belajar kinestetik, kemampuan aptitude, dan kecerdasan linguistik. Faktor penyebab pemilihan strategi mnemonic yaitu kecerdasan spasial visual, gaya belajar visual, pengetahuan kosakata dan motivasi. Sementara Pengetahuan kosakata dan motivasi merupakan faktor penyebab pemilihan penggunaan strategi metode pembentukan jukugo.

References

Carnine, S., Silbert, J., & Kame’Enui, E. J. (1990). Direct instruction reading. Merril Publishing Company.

Ellis, R. (1986). Understanding second language acquisition. Oxford University Press.

Ishii, R. (2010). Kanzen mastaa nihongo nouryoku shiken N1, Japan. Three Network.

Junko, Y. (2013). Daini Gengo Dokkai Ni Okeru Goi Suisoku (Goi Chishiki, Bogo Haikei, Oyobi, Tekusuto no Topikku e No Najimi Fukasa Ga Oyobosu Eikyou) (Publication No. 1092) [Thesis, Kanda University of International Studies]. http://id.nii.ac.jp/1092/00000989/

Komariah, A., & Satori, D. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta.

Kondo, K., & Brown. (2006). How do English L1 learners of advanced Japanese infer unknown kanji words in authentic texts. Language Learning Journal, 56, 109–153. https://doi.org/10.1111/j.0023-8333.2006.00343.x

Matsuura, K. (1994). Nihongo-Indoneshiago jiten (Kamus bahasa Jepang-Indonesia). Gramedia.

Paribakht, T. S. (2005). The influence of first language lexicalization on second language lexical inferencing: A study of farsi-speaking learners of english as a foreign language. Language Learning Journal, 55(4), 701–748. https://doi.org/10.1111/j.0023-8333.2005.00321.x

Porter, M. E. (1985). Competitive advantage creating and sustaining superior performance, 1st edition. The Free Press.

Rasiban, L. M. (2013). Penerapan student centered learning (Scl) melalui metode mnemonik dengan teknik asosiasi pada mata kuliah kanji dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 180-189. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290

Renariah, R. (2002). Bahasa Jepang dan karakteristiknya. Jurnal Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha, 1(2), 1–16.

Saragih, F. A. (2015). Pengaruh interpretasi makna terhadap kemampuan mengartikan jukugo dalam pembelajaran kanji level chukyuu di program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Brawijaya. Jurnal Nihongo, 7(1), 75–89.

Solihatin, E. (2012). Strategi pembelajaran PPKN. PT Bumi Aksara.

Sumaryono, E. (1999). Hermeneutika sebuah metode filsafat. Kanisius.

Thornbury, S. (2002). How to teach vocabulary. Longman.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Ratnasari, N. P. W., & Saragih, F. A. (2021). Analisis Strategi Interpretasi Makna Jukugo yang Tidak Diketahui oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2018. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(2), 113–132. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.11958

Issue

Section

Articles