Keefektifan Student-Centered Learning (SCL) Metode Cerita dalam Pembelajaran Huruf Kanji Level Menengah

Authors

  • Rosi Rosiah Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Azizia Freda Savana Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.12557

Keywords:

Metode Cerita, Pembelajaran Kanji, Level Menengah

Abstract

Dalam mempelajari Bahasa Jepang pembelajaran huruf Kanji merupakan salah satu hal yang paling sulit. Oleh karena itu, diperlukan metode dalam mempelajarinya. Telah banyak penelitian mengenai metode pembelajaran huruf kanji. Tapi, isu mengenai huruf kanji masih merupakan isu yang layak untuk diteliti berhubung masih banyak keterbatasan dan hal yang perlu dikembangkan dari metode sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Student-Centered Learning (SCL) Metode cerita dalam pembelajaran huruf kanji level menengah. Metode yang digunakan kuantitatif eksperimental dengan jumlah partisipan sebanyak 22 partisipan. Hasil yang setelah dilakukan perlakuan dengan metode cerita selama enam kali. Menunjukan bahwa metode cerita efektif untuk meningkatkan kemampuan terhadap kanji level menengah.

References

Esposito, J. (2017). Mnemonic networks: Multiple paths to learning Sino-Japanese characters. The Reading Matrix: An International Online Journal, 17 (2).

Haththotuwa Gamage, G. (2003). Perceptions of kanji learning strategies. Australian Review of Applied Linguistics, 26(2). https://doi.org/10.1075/aral.26.2.02gam

Lin, N., Kajita, S., & Mase, K. (2007). Story-based CALL for Japanese kanji characters: A study on student learning motivation. The JALT CALL Journal, 3(2), 25–44.

Mawaddah, A. (2021). Pengenalan huruf kanji dasar dengan media ilustrasi di SMA swasta Dharmawangsa Medan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 255–263. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1082

Mori, Y. (2012). Five myths about “kanji” and “kanji” learning, Japanese Language and Literature, 46 (1), 143-169. http://www.jstor.org/stable/41442049

Overby, K. (2011). Student-centered learning. ESSAI, 9. http://dc.cod.edu/essai/vol9/iss1/32

Paxton, S., & Svetanant, C. (2013). Tackling the kanji hurdle: Investigation of kanji learning in non-kanji background learners. International Journal of Research Studies in Language Learning, 3(3). https://doi.org/10.5861/ijrsll.2013.519

Prasetiani, D., & Diner, L. (2014). Meningkatkan kemampuan kanji mahasiswa melalui media kartu huruf kanji. IZUMI, 3(2). https://doi.org/10.14710/izumi.3.2.15-21

Rasiban, L. M. (2013). Penerapan student centered learning (SCL) melalui metode mnemonik dengan teknik asosiasi pada mata kuliah kanji dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290

Rasiban, L. M. (2017). Understanding the basic of kanji’s meaning through mnemonic method learning. https://doi.org/10.2991/conaplin-16.2017.4

Rasiban, L. M., Sudana, D., & Sutedi, D. (2019). Indonesian students’ perceptions of mnemonics strategies to recognize Japanese kanji characters. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(3). https://doi.org/10.17509/ijal.v8i3.15256

Rose, H. (2013). L2 learners’ attitudes toward, and use of, mnemonic strategies when learning Japanese kanji. The Modern Language Journal, 97(4). https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.2013.12040.x

Rosiah, R., & Savana, A. freda. (2018). Memorizing kanji through story in shokyu kanji. 2nd International Conference on Japanese Language Education, Literature and Culture, 115–119.

Thomas, M. (2015). Air writing as a technique for the acquisition of Sino-Japanese characters by second language learners. Language Learning, 65(3). https://doi.org/10.1111/lang.12128

Windhaber, K. (2018). How interactive storytelling in a digital role-playing game can improve the learnability of Japanese Kanji. [Master’s Thesis, University of Skovde]. Digitala Vetenskapliga Arkivet.

Downloads

Published

2021-09-02

How to Cite

Rosiah, R., & Savana, A. F. (2021). Keefektifan Student-Centered Learning (SCL) Metode Cerita dalam Pembelajaran Huruf Kanji Level Menengah. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(2), 159–167. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.12557

Issue

Section

Articles