Pengaruh Penggunaan Metode Picture and Picture Melalui Storytelling terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Menulis Sakubun
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode picture and picture melalui storytelling terhadap peningkatan motivasi belajar menulis sakubun pada mahasiswa prodi sastra Jepang Universitas Pakuan. Berdasarkan hasil angket dari 25 responden 60% menjawab bahwa penggunaan metode picture and picture melalui storytelling pada matakuliah sakubun, dapat meningkatkan motivasi belajar sakubun. Metode Picture and picture merupakan model pembelajaran yang mengunakan gambar-gambar yang disusun dan digabungkan menjadi sebuah karangan. Picture and picture merupakan metode yang dapat membuat kemampuan seseorang dalam mengarang meningkat. Sedangkan mendongeng merupakan akvitas oral yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam berbicara dan juga menulis. Ada pun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi metode picture and picture melalui storytelling, kendala menulis sakubun menggunakan metode picture and picture melalui storytelling, dan pendapat mahasiswa mengenai penggunaan metode picture and picture melalui storytelling. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 22 mahasiswa, dan merupakan mahasiswa semester 4 prodi sastra Jepang Universitas Pakuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket dan wawancara menggunakan google form. Hasil dari penelitian ini, ada peningkatan motivasi belajar sakubun dibanding sebelum menggunakan metode picture and picture melalui storytelling. Setelah menggunakan metode picture and picture melalui storytelling kemampuan mengarang mahasiswa meningkat, mahasiwa menjadi percaya diri dalam menulis karangan bahasa Jepang, serta mampu mempresentasikan hasil karangannya dengan baik dan berani di depan kelas, maupun melalui video rekaman yang diupload di youtube chanel masing-masing mahasiswa. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya, metode picture and picture melalui storytelling dapat diterapkan dalam mata kuliah bunpou.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. A., & Kadir, Z. A. (2021). Needs analysis: A Japanese language learning module of University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 114–122.
Aneros, N., & Herniwati. (2020). Japanese learners’ perception of using Padlet in Japanese composition (sakubun) skills . 509(Icollite), 499–505. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.078
Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan keterampilan komunikasi lisan melalui metode storytelling. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 110. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9780
Basri, M. S., & Rahayuningtyas, P. (2021). Penggunaan media gambar dalam pengajaran sakubun. Pucuk Rebung: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72–78.
Eko, Y., Utomo, P., Nugroho, A. S., & Listyarini, I. (2019). Penerapan model picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan. E-Journal PGSD Mimbar PGSD, 7(2), 49–56.
Fauziddin, M., & Mayasari, D. (2018). Pemanfaatan metode picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas rendah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 277. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.674
Fitriawati Musyafa, N. (2020). Penggunaan model picture and picture dalam pembelajaran menulis cerpen. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 37. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.626
Hardianti, A. & Z. H. (2019). Analisis jenis dan struktur kalimat dalam sakubun mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Omiyage : Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 2, 10–21. http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage/article/view/129/pdf
Holidi, H., Karoma, K., & Astrid, A. (2021). Metode storytelling dalam membina perilaku religius siswa sekolah dasar Yp Indra Palembang. Al Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(1), 28–39. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i1.43
Kusrini, D., Dewanty, V. L., & Hidayat, N. N. (2020). The development of comics as a media to improve Japanese writing skill. 509(Icollite), 155–163. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.024
Nurhadi, D. (2017). Struktur teks karangan bahasa Jepang: Analisis pada karangan mahasiswa angkatan 2013. Paramasastratra, 4, 72–97.
Nurpadilah, S., Kartini, C., & Fazriah, Y. (2018). Kemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode picture and picture di SMK. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 489–496.
Oktaviana, E., Yudha, C., & Ulfa, M. (2018). Menggunakan Metode Picture and Picture Di Kelas IV. 1, 1–10.
Rahmah, Y. (2019). Minat dan motivasi belajar bahasa Jepang (Studi kasus terhadap mahasiswa jurusan sastra Indonesia 2016/2017 FIB Undip). Kiryoku, 3(1), 1. https://doi.org/10.14710/kiryoku.v3i1.1-7
Rohman, Lutfi, Y. (2019). Efektifitas metode cooperative learning teknik reciprocal teaching dalam pembelajaran sakubun. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 7, 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie
Runtuwarouw, J. J. (2017). Peningkatan kemampuan menulis bahasa Jepang melalui model pembelajaran workshop. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(2), 168. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i2.8998
Rusiono, R. (2020). Pengaruh metode storytelling terhadap penanaman karakter nasionalisme pada siswa SD. Literasi, 11, 11–19.
Suryadi, D., & Rosiah, R. (n.d.). Motivasi Belajar Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Sutedi, D. (2009). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Humaniora.
Wahyudi, G., Ramadhan, S., & Arief, D. (2021). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis model picture and picture di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 966–973. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.814
DOI: https://doi.org/10.18196/jjlel.v7i1.17167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Alo Karyati, Yelni Rahmawati
Editorial Office
Journal of Japanese Language Education and Linguistics
KH Ibrahim Building (E6) First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183
email: jjlel.pbj@umy.ac.id
Phone: +62 274 387656, ext. 459
Department of Japanese Language Education, Faculty of Language Education, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.