Pengaruh Penggunaan Metode Picture and Picture Melalui Storytelling terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Menulis Sakubun
DOI:
https://doi.org/10.18196/jjlel.v7i1.17167Keywords:
Picture and picture, storytelling, sakubunAbstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode picture and picture melalui storytelling terhadap peningkatan motivasi belajar menulis sakubun pada mahasiswa prodi sastra Jepang Universitas Pakuan. Berdasarkan hasil angket dari 25 responden 60% menjawab bahwa penggunaan metode picture and picture melalui storytelling pada matakuliah sakubun, dapat meningkatkan motivasi belajar sakubun. Metode Picture and picture merupakan model pembelajaran yang mengunakan gambar-gambar yang disusun dan digabungkan menjadi sebuah karangan. Picture and picture merupakan metode yang dapat membuat kemampuan seseorang dalam mengarang meningkat. Sedangkan mendongeng merupakan akvitas oral yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam berbicara dan juga menulis. Ada pun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi metode picture and picture melalui storytelling, kendala menulis sakubun menggunakan metode picture and picture melalui storytelling, dan pendapat mahasiswa mengenai penggunaan metode picture and picture melalui storytelling. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 22 mahasiswa, dan merupakan mahasiswa semester 4 prodi sastra Jepang Universitas Pakuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket dan wawancara menggunakan google form. Hasil dari penelitian ini, ada peningkatan motivasi belajar sakubun dibanding sebelum menggunakan metode picture and picture melalui storytelling. Setelah menggunakan metode picture and picture melalui storytelling kemampuan mengarang mahasiswa meningkat, mahasiwa menjadi percaya diri dalam menulis karangan bahasa Jepang, serta mampu mempresentasikan hasil karangannya dengan baik dan berani di depan kelas, maupun melalui video rekaman yang diupload di youtube chanel masing-masing mahasiswa. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya, metode picture and picture melalui storytelling dapat diterapkan dalam mata kuliah bunpou.
References
Abdullah, R. A., & Kadir, Z. A. (2021). Needs analysis: A Japanese language learning module of University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 114–122.
Aneros, N., & Herniwati. (2020). Japanese learners’ perception of using Padlet in Japanese composition (sakubun) skills . 509(Icollite), 499–505. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.078
Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan keterampilan komunikasi lisan melalui metode storytelling. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 110. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9780
Basri, M. S., & Rahayuningtyas, P. (2021). Penggunaan media gambar dalam pengajaran sakubun. Pucuk Rebung: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72–78.
Eko, Y., Utomo, P., Nugroho, A. S., & Listyarini, I. (2019). Penerapan model picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan. E-Journal PGSD Mimbar PGSD, 7(2), 49–56.
Fauziddin, M., & Mayasari, D. (2018). Pemanfaatan metode picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas rendah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 277. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.674
Fitriawati Musyafa, N. (2020). Penggunaan model picture and picture dalam pembelajaran menulis cerpen. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 37. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.626
Hardianti, A. & Z. H. (2019). Analisis jenis dan struktur kalimat dalam sakubun mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Omiyage : Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 2, 10–21. http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage/article/view/129/pdf
Holidi, H., Karoma, K., & Astrid, A. (2021). Metode storytelling dalam membina perilaku religius siswa sekolah dasar Yp Indra Palembang. Al Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(1), 28–39. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i1.43
Kusrini, D., Dewanty, V. L., & Hidayat, N. N. (2020). The development of comics as a media to improve Japanese writing skill. 509(Icollite), 155–163. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.024
Nurhadi, D. (2017). Struktur teks karangan bahasa Jepang: Analisis pada karangan mahasiswa angkatan 2013. Paramasastratra, 4, 72–97.
Nurpadilah, S., Kartini, C., & Fazriah, Y. (2018). Kemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode picture and picture di SMK. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 489–496.
Oktaviana, E., Yudha, C., & Ulfa, M. (2018). Menggunakan Metode Picture and Picture Di Kelas IV. 1, 1–10.
Rahmah, Y. (2019). Minat dan motivasi belajar bahasa Jepang (Studi kasus terhadap mahasiswa jurusan sastra Indonesia 2016/2017 FIB Undip). Kiryoku, 3(1), 1. https://doi.org/10.14710/kiryoku.v3i1.1-7
Rohman, Lutfi, Y. (2019). Efektifitas metode cooperative learning teknik reciprocal teaching dalam pembelajaran sakubun. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 7, 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie
Runtuwarouw, J. J. (2017). Peningkatan kemampuan menulis bahasa Jepang melalui model pembelajaran workshop. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(2), 168. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i2.8998
Rusiono, R. (2020). Pengaruh metode storytelling terhadap penanaman karakter nasionalisme pada siswa SD. Literasi, 11, 11–19.
Suryadi, D., & Rosiah, R. (n.d.). Motivasi Belajar Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Sutedi, D. (2009). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Humaniora.
Wahyudi, G., Ramadhan, S., & Arief, D. (2021). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis model picture and picture di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 966–973. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.814
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, social media account, or on their website) after the article getting published in the journal, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.