Pengaruh Media Sosial untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Jepang

Linna Meilia Rasiban, Ahmad Dahidi, Renariah Renariah

Abstract


Penelitian ini menyelidiki pengaruh media sosial terhadap kemampuan menulis bahasa Jepang. Berbagai studi tentang efek media sosial pada siswa sudah banyak dilakukan. Tapi penelitian ini lebih difokuskan pada bagaimana media sosial dapat mempengaruhi keterampilan menulis dan mengembangkan menulis kreatif pada pembelajar dewasa khususnya pembelajar bahasa Jepang sebagai bahasa asing. Pada penelitian ini media sosial yang digunakan dibatasi hanya menggunakan media email, WhatsApp dan Line. Berdasarkan hasil angket pada studi pendahuluan menunjukkan bahwa ketiga media sosial ini yang paling sering digunakan mahasiswa khususnya mahasiswa bahasa Jepang pada saat berkomunikasi dengan dosen atau teman orang Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen melalui kuesioner online dan menganalisis dari bukti autentik email, WhatsApps dan Line yang dikembangkan untuk mengeksplorasi pandangan siswa yang berpartisipasi mengenai media sosial, adopsi mereka terhadap media sosial untuk tujuan penelitian, dan pengaruhnya dalam mengembangkan keterampilan menulis bahasa Jepang. Partisipan yang mengikuti penelitian ini sebanyak 25 mahasiswa yang telah belajar bahasa Jepang rata-rata 3-4 tahun. Berdasarkan hasil survey dan hasil analisis angket, disimpulkan bahwa email, WhatsApp dan Line membantu dalam memperlancar dan mengembangkan kegiatan menulis terutama dalam pemahaman dari feedback yang dilakukan antara mahasiswa dan dosennya.


Keywords


keterampilan menulis; media sosial; metode survey; peer learning; second language writing

Full Text:

PDF

References


Bakeer, A. M. (2018). Effects of information and communication technology and social media in developing students’ writing skill: A case of Al-Quds open university. International Journal of Humanities and Social Science, 8(5), 45-53. https://doi.org/10.30845/ijhss.v8n5p5

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210-230. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x

Ellis, N. C., & Schmidt, R. (1997). MORPHOLOGY AND LONGER DISTANCE DEPENDENCIES: Laboratory research illuminating the A in SLA. Studies in Second Language Acquisition, 19(2), 145-171. https://doi.org/10.1017/S0272263197002027

Gamage, G. H. (2003). Issues in strategy classifications in language learning: a framework for kanji learning strategy research. ASAA e-journal of Asian linguistics and language teaching, issue no.3.

Grabe, W., & Kaplan, R. B. (1996). Theory and practice of writing: An applied linguistic perspective. Longman.

Hyland, F. (1998). The impact of teacher written feedback on individual writers. Journal of Second Language Writing, 7(3), 255–286. https://doi.org/10.1016/S1060-3743(98)90017-0

Hyland, F., & Hyland, K. (2001). Sugaring the pill: Praise and criticism in written feedback. Journal of Second Language Writing, 10, 185–212. https://doi.org/10.1016/S1060-3743(01)00038-8

Hyogyon, K. (2010). Kaku koto o oshieru. The Japan Foundation.

Mori, Y. (2008). Epistemological beliefs and language learning beliefs: What do language learners believe about learning? Language Learning 49, 377-415. https://doi.org/10.1111/0023-8333.00094

Mori, Y., & Shimizu, H. (2007). Japanese language students’ attitudes toward kanji and their perceptions on kanji learning strategies. Foreign Language Annals 40, 472-490.

Muneo, K. (1988). Kyoujuhou nyuumon. Bojinsha.

Okita, Y. (1995). Kanji gakushuu sutoratejii to gakusei no kanji gakushuu ni taisuru shinnen [Kanji learning strategies and student beliefs on kanji learning]. Sekai no Nihongo Kyooiku [Japanese Language Education Around the Globe], 5, 105-124.

Sakkir, G. (2016). Interest and writing skill of the university students on using social media Facebook in writing class (STKIP Muhammadiyah Rappang, Indonesia). The Asian EFL Journal, Second Language Acquisition – Academic Research, TESOL Indonesia International Conference Edition. ISSN: 1738-1460, December 2016, Volume 2, pp. 178-188.

Sakkir, G. (2018). Pengembangan modul pengajaran menulis berbasis Facebook. Doctoral dissertation, Pascasarjana.

Sakkir, G., & Abrar, A. E. Y. (2018). Students’ perception of the implementation Facebook group in learning writing skill. The 65th TEFLIN International Conference, Universitas Negeri Makasar, Indonesia, 12-14 July 2018, pp.30-34.

Shazali, S. S., Shamsudin, Z. H., & Yunus, M. M. (2019). Instagram: Platform to develop student’s writing ability. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(1), 88–98.

Sutedi, D. (2009). Penelitian pendidikan bahasa Jepang. Humaniora Utama Press.

Sutjiati, N. & Rasiban, L. M. (2016). Project-based learning sebagai upaya meningkatkan kreatifitas menulis karangan pendek bahasa Jepang. Proceeding Maranatha International Conference on Language, Literature and Culture, 24-25 November 2016. p.446-456.

Tess, P. A. (2013). The role of social media in higher education classes (real and virtual)–A literature review. Computers in Human Behavior, 29(5), A60-A68.

Toyoda, E. (1995). Learner’s feelings toward kanji study. Nihongo Kyouiku, 85, 101-113.

Yahya, M. Y., & Hashim, N.H. (2013) DIFFICULTIES AND WAYS TO IMPROVE ENGLISH WRITING SKILLS AMONG POSTGRADUATE ESL STUDENTS, ICERI2013 Proceedings, 6245-6252.




DOI: https://doi.org/10.18196/jjlel.4241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Japanese Language Education and Linguistics

 

 

Editorial Office

Journal of Japanese Language Education and Linguistics

KH Ibrahim Building (E6) First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183

email: jjlel.pbj@umy.ac.id

Phone: +62 274 387656, ext. 459

Department of Japanese Language Education, Faculty of Language Education, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta




                                                                                                                        Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.