Efektivitas Virtual Classroom dan Flip the Teacher dalam Flipped Classroom pada Chuukyuu Bunpou

Aulia Istianingrum, Rita Agustina Karnawati

Abstract


Penelitian ini menganalisis efektivitas dan perbedaan efektivitas Virtual Classroom dan Flip the Teacher dari metode Flipped Classroom dalam Chuukyuu Bunpou pada mahasiswa semester IV Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA HAMKA 2019-2020 menggunakan eksperimen murni pre-test post-test 2 grup. Sampel terdiri dari 19 responden di kelas 4A dan 17 responden di kelas 4B. Hasil nilai Sig. (2 tailed)  uji t antara Virtual Classroom dan Flip the Teacher, yaitu 0,207 lebih tinggi dari taraf signifikansi. Sehingga tidak ada yang signifikan antara perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan Virtual Classroom dan Flip the Teacher. Dari hasil tes normalized gain di kedua kelas, skor normalized gain untuk teknik Virtual Classroom adalah 0,49 dan skor normalized gain untuk teknik Flip the Teacher sebesar 0,34 sehingga keduanya memiliki tingkat efektivitas yang sedang. Persentase gain ternormalisasi untuk Virtual Classroom pada kelas eksperimen 1 adalah 49,50% sementara Flip the Teacher pada kelas eksperimen 2 adalah 33,86%. Dapat disimpulkan bahwa persentase efektivitas Virtual Classroom lebih besar daripada Flip the Teacher dalam peningkatan hasil belajar mata kuliah Chuukyuu Bunpou pada mahasiswa semester IV Pendidikan Bahasa Jepang UHAMKA tahun 2019-2020.


Keywords


metode; bunpou; flipped classroom

Full Text:

PDF

References


Agustin, Y. (2015). Penguasaan tata bahasa dan berpikir logik serta kemampuan menulis artikel ilmiah. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 123–132.

Amornchai, P., Songkhla, J. N., & Sujiva, S. (2015). An argument performance task in a virtual classroom for enhancing graduate students’ analytical reasoning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1031–1035. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.790

Andrews, R., Torgerson, C., Beverton, S., Freeman, A., Locke, T., Low, G., … Zhu, D. (2006). The effect of grammar teaching on writing development. British Educational Research Journal, 32(1), 39–55. https://doi.org/10.1080/01411920500401997

Comfort, P., & McMahon, J. J. (2014). The effect of peer tutoring on academic achievement. Journal of Applied Research in Higher Education, 6(1), 168–175. https://doi.org/10.1108/JARHE-06-2012-0017

Graziano, K. J. (2017). Peer teaching in a flipped teacher education classroom. TechTrends, 61(2), 121–129. https://doi.org/10.1007/s11528-016-0077-9

Ismail, S. S., & Abdulla, S. A. (2019). Virtual flipped classroom: New teaching model to grant the learners knowledge and motivation. Journal of Technology and Science Education, 9(2), 168–183. https://doi.org/10.3926/jotse.478

Kapil, Y., & Malini, S. (2018). Peer tutoring an instructional strategy: A systematic approach. Scholarly Research Journal for Humanity Science & English Language, 6(27).

Lai, C. C., & Kritsonis, W. A. (2006). The advantages and disadvantages of computer technology in second language acquisition. Online Submission, 3(1).

Milman, N. (2012). The flipped classroom strategy: What is it and how can it best be used? Distance Learning, 9, 85–87.

Patten, K. B., & Craig, D. V. (2007). iPods and English-language learners: A great combination. TEACHER LIBRARIAN-SEATTLE-, 34(5), 40.

Pavanelli, R. (2018). The flipped classroom : A mixed methods study of academic performance and student perception in EAP writing context 4205 Bonaventure Blvd. 5(2), 16–26. https://doi.org/10.30845/ijll.v5n2p3

Priyatno, D. (2008). Mandiri belajar SPSS (untuk analisis dan uji statistik). MediaKom.

Rindaningsih, I. (2018). Efektifitas model flipped classroom dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran prodi S1 PGMI UMSIDA. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 51–60. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1380

Rochmah, E., & Majid, N. W. A. (2018). Membangun virtual classroom melalui social learning networks (SLNS). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 15. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1832

Septianingsih, D. A., & Karnawati, R. A. (2019). Efektivitas quantum learning melalui teknik clustering dalam pembelajaran shochuukyu sakubun untuk meningkatkan kemampuan menulis pada semester IV program studi sastra Jepang STBA JIA. 02(01), 94–105.

Sojayapan, C., & Khlaisang, J. (2018). The effect of a flipped classroom with online group investigation on students’ team learning ability. Kasetsart Journal of Social Sciences, 4–9. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.02.003

Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.18196/jjlel.4238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Japanese Language Education and Linguistics

 

 

Editorial Office

Journal of Japanese Language Education and Linguistics

KH Ibrahim Building (E6) First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183

email: jjlel.pbj@umy.ac.id

Phone: +62 274 387656, ext. 459

Department of Japanese Language Education, Faculty of Language Education, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta




                                                                                                                        Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.