Efektivitas Peer Reading terhadap Kemampuan Pemahaman Dokkai Bahasa Jepang
DOI:
https://doi.org/10.18196/jjlel.4242Keywords:
dokkai, metode, peer learning, peer readingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode peer reading terhadap kemampuan pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Metode peer reading termasuk dalam metode Peer Learning yaitu pembelajaran yang dilakukan bersama rekan sebaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sample penelitian mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA . Berdasarkan tabel paired sample test dengan menggunakan SPSS didapat nilai sig 0,000 di bawah dari taraf signifikansi 0,005 maka perbedaan antara nilai pre test dan post test antara sebelum dan sesudah penerapan metode Peer reading terhadap hasil kemampuan pemahaman wacana Bahasa Jepang (Dokkai) signifikan. Berdasarkan hasil uji gain nilai pre test dan post test, nilai pre test sebelum diberikan treatment adalah 0,41 maka rata rata nilai dokkai mahasiswa naik sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Peer reading efektif terhadap pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA.
References
Harras, K. A. (2011). Hakikat dan proses membaca. Membaca 1. UT Press.
Kartini, S. (2012). Metode bercerita dalam pembelajaran menyimak di kelas V sekolah dasar. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2766
Kusmayadi, I. (2008). Think smart bahasa Indonesia. Grafindo Media Pratama
Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.
Rasiban, L. M., & Dianasari, W. (2017). EFEKTIVITAS METODE PEER READING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN (DOKKAI). JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2, 9. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i1.6999
Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Penerbit Alfabeta.
Tarigan, H.G. (1986). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, social media account, or on their website) after the article getting published in the journal, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.