Efektivitas Peer Reading terhadap Kemampuan Pemahaman Dokkai Bahasa Jepang

Authors

  • Rina Sukmara Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.18196/jjlel.4242

Keywords:

dokkai, metode, peer learning, peer reading

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode peer reading terhadap kemampuan pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Metode peer reading termasuk dalam metode Peer Learning yaitu pembelajaran yang dilakukan bersama rekan sebaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sample penelitian mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA . Berdasarkan tabel paired sample test dengan menggunakan SPSS didapat nilai sig 0,000 di bawah dari taraf signifikansi 0,005 maka perbedaan antara nilai pre test dan post test antara sebelum dan sesudah penerapan metode Peer reading terhadap hasil kemampuan pemahaman wacana Bahasa Jepang (Dokkai) signifikan. Berdasarkan hasil uji gain nilai pre test dan post test, nilai pre test sebelum diberikan treatment adalah 0,41 maka rata rata nilai dokkai mahasiswa naik sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Peer reading efektif terhadap pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA.

References

Harras, K. A. (2011). Hakikat dan proses membaca. Membaca 1. UT Press.

Kartini, S. (2012). Metode bercerita dalam pembelajaran menyimak di kelas V sekolah dasar. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2766

Kusmayadi, I. (2008). Think smart bahasa Indonesia. Grafindo Media Pratama

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.

Rasiban, L. M., & Dianasari, W. (2017). EFEKTIVITAS METODE PEER READING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN (DOKKAI). JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2, 9. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i1.6999

Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Tarigan, H.G. (1986). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Downloads

Published

2020-08-22

How to Cite

Sukmara, R. (2020). Efektivitas Peer Reading terhadap Kemampuan Pemahaman Dokkai Bahasa Jepang. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 4(2), 177–186. https://doi.org/10.18196/jjlel.4242

Issue

Section

Articles