Efektivitas Peer Reading terhadap Kemampuan Pemahaman Dokkai Bahasa Jepang

Rina Sukmara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode peer reading terhadap kemampuan pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Metode peer reading termasuk dalam metode Peer Learning yaitu pembelajaran yang dilakukan bersama rekan sebaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sample penelitian mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA . Berdasarkan tabel paired sample test dengan menggunakan SPSS didapat nilai sig 0,000 di bawah dari taraf signifikansi 0,005 maka perbedaan antara nilai pre test dan post test antara sebelum dan sesudah penerapan metode Peer reading terhadap hasil kemampuan pemahaman wacana Bahasa Jepang (Dokkai) signifikan. Berdasarkan hasil uji gain nilai pre test dan post test, nilai pre test sebelum diberikan treatment adalah 0,41 maka rata rata nilai dokkai mahasiswa naik sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Peer reading efektif terhadap pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA.


Keywords


dokkai; metode; peer learning; peer reading

Full Text:

PDF

References


Harras, K. A. (2011). Hakikat dan proses membaca. Membaca 1. UT Press.

Kartini, S. (2012). Metode bercerita dalam pembelajaran menyimak di kelas V sekolah dasar. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2766

Kusmayadi, I. (2008). Think smart bahasa Indonesia. Grafindo Media Pratama

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.

Rasiban, L. M., & Dianasari, W. (2017). EFEKTIVITAS METODE PEER READING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN (DOKKAI). JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2, 9. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i1.6999

Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Tarigan, H.G. (1986). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.18196/jjlel.4242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Japanese Language Education and Linguistics

 

 

Editorial Office

Journal of Japanese Language Education and Linguistics

KH Ibrahim Building (E6) First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183

email: jjlel.pbj@umy.ac.id

Phone: +62 274 387656, ext. 459

Department of Japanese Language Education, Faculty of Language Education, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta




                                                                                                                        Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.