Efektivitas UKM Al-Mujaddid dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara (Studi Analisis pada Mahasiswa UKM Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2018-2019

Octafa Nuha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan UKM Bahasa Arab  Al – Mujaddid dan sejauhmana efektivitas kegiatan UKM Bahasa Arab  ini dalam peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab pada anggota UKM Jurusan PBA UMY.

Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan analisa data kualitatif. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung dimana penulis mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subyek yang diteliti, dan metode pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, tes lisan, dan interview bebas terpimpin.

Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa proses kegiatan UKM Bahasa Arab Al-Mujaddid di UMY dalam peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab Mahasiswa PBA UMY  dapat dikatakan efektif, Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil tes lisan yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2019 yang diikuti oleh semua mahasiswa PBA UMY yang merupakan anggota UKM Al-Mujaddid , Dari 23 Mahasiswa sebagian besar mendapatkan nilai bagus, dengan rincian sebagai berikut, yaitu 15 mahasiswa mendapatkan nilai diatas 65 dan  8 santri mendapatkan nilai dibawah 65.

Keywords


UKM Al-Mujaddid; Bahasa Arab; Ketrampilan berbicara; Efektivitas

Full Text:

PDF

References


Afifudin. Neuropsikolinguistik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1984.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Hardiansyah, Haris. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosydakarya Offset, 2009.

Khakim, Indy G. Kamus Cerdas Pengetahuan Islam. Blora: Pustaka Kaona, 2008.

Mudlofir. Teknologi Instruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990.

Mulyana, E. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE, 2011.

Sulastri. “Pengembangan Media Pembelajaran Arabic Thematic Video Pada Ketrampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas VII MTS”. Journal of Arabic Learning and Teaching, Vol. 5, No. 1, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sujud, Aswarni. Matra Fungsional Pendidikan. Yogyakarta: Purba Sari, 1989.

Syaodih, Nana Sukmanadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mahārāat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.