Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi: Studi Empiris Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan Baitul Maal Wa Tamwil Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta

Elok Irianing Tyas, Emile Satia Darma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived usefulness (persepsi kegunaan), perceived ease of use (persepsi kemudahan sistem), perceived enjoyment (persepsi kenyamanan), dan actual usage (pemakaian nyata) terhadap penerimaan teknologi informasi pada karyawan bagian akuntansi dan keuangan yang ada di BMT Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan sistem, persepsi kenyamanan, dan pemakaian nyata. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah penerimaan teknologi informasi.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non- probability sampling. Dengan metode tersebut, peneliti menggunakan sampel sebanyak 40 responden. Pengujian statistic deskriptif, pengukuran outer model, validitas konvergen, validitas diskriminan, uji reabilitas, dan pengukuran inner model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi kemudahan sistem (perceived ease of use) berpengaruh positif secara signifikan terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness). Persepsi kegunaan (perceived usefulness) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna (attitude toward using). Persepsi kemudahan sistem (perceived ease of use) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna (attitude toward using). Persepsi kenyamanan (perceived enjoyment) pengguna tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna (attitude toward using). Persepsi kemudahan sistem (perceived ease of use) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemakaian nyata (actual usage). Persepsi kegunaan (perceived usefulness) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemakaian nyata (actual usage). Persepsi kegunaan (perceived usefulness) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan teknologi informasi (acceptance of IT). sedangkan Sikap pengguna (attitude toward using) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan teknologi informasi (acceptance of IT).


Keywords


Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Sistem, Persepsi Kenyamanan, Pemakaian Nyata, Sikap Pengguna, Penerimaan Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, M. W. (2015). Aplikasi Technology Acceptance Model Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking. Calbi Socio Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 2 (1), 55-56.

Brynjolfsson, E., & Lorin, M. H. (1998). Beyond the productivity paradox, Association for Computing Machinery. Communications of the ACM; 41 (8), 49.

Cooper, D. R., & P. S. Schindler. (2003). Business Research Methods. Eight Edition. McGraw-Hill/Irwin. New York, NY 10020.

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Acceptance of Information System Technology. MIS Quartery, 13 (3), 319-339.

Dewi, S. & Dwirandra A.A.N.B. (2013). Pengaruh Dukungan Manajemen Puncak, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Pengguna Aktual Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Implementasi Sistem Informasi Keuangan Daerah Di Kota Denpasar, Jurnal Akuntansi, Universitas Udayana.

Ferdinand, A. (2000). Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis S-2 dan Disertasi S-3 BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Gahtani S. S., & Malcolm King. (1999). Attitudes, Satisfaction and Usage : Factors Contributing to Each in the Acceptance of Information Technology. Behaviuor dan Information Technology., 18 (4), 277-297.

Ghozali, I. (2014). Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) dengan Program SmartPLS 3.0, Xlstat 2014 dan WarpPLS 4.0, BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Goodhue, D.L., & Thompson, R.L. (1995). Task-Technology Fit and Individual Performance. MIS Quarterly, 19 (2), 213-236.

Hair, Jr. J.F., Anderson, R. E., Tatham, R. L, & Black, W. C. (1998). Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. Prentice-Hall, Inc., New Jersey 07458.

Igbaria, M., Saroj, P., & Badaway, M. K. (1994). Work Experience, Job Involvement, and Quality of Work Life Among Information Systems Personnel. MIS Quarterly, Juni, 175-201.

Istiarni, P. R. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening, Skripsi, Universitas Diponegoro.

Jogiyanto. (2003). Metode Penelitian Bisnis : Salah Kaprah dan Pengalaman- Pengalaman. Andi Offset. Yogyakarta

Kang, S. (1998). Information Technology Acceptance : Evolving with the Changes in the Network Environment. Center for information system management department of management science and information system graduate school of business. The University of Texas at Austin. IEEE.

Kessi, M., & Andi S. (2004). Students Acceptance of Information Technology. UGM. Yogyakarta.

Morris, G. M., & Dillon. A. (1997). How User Perceptions Influence Software Use. IEEE.

Muntianah S. (2012). Pengaruh Minat Perilaku Terhadap Actual Use Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), Universitas Brawijaya, Malang.

Rigopoulos, G. & Dimitrios, A. (2007). A TAM Framework to Evaluate User's Perception Toward Online Electronic Payments. Journal of Internet Banking and Commerce, 12 3.

Santoso, B. (2010). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Perceived Enjoyment Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi. Tesis. Universitas Sebelas Maret.

Sathye, M. (1999). Adoption of Internet Banking by Australian Consumers: An Empirical Investigation, Journal of Bank Marketing, 17 (7).

Sekaran, U. (2006). Research Methods for Business. 4th Ed. Jakarta. Salemba Empat.

Sharda, R., Barn S.H., & Mc Donnell J.C. (1998). Decision Support System Effectiviness = A Review dan Empirical Test. Management Science, 32, II, 1492-1512.

Suh, B. & Han, I. (2002). The impact of customer trust and perception of security on the acceptance of electronic commerce. International Journal of Electronic Commerce, 7 (3), 135-161.

Syarif, D. I., & Sensuse. (2007). Kajian Penerimaan teknologi Internet Pada Organisasi Pemerintah Berdasarkan Konsep Technology Acceptance Model (TAM): Studi Kasus Direktorat jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama R.I, Jurnal Sistem Informasi MTI UI . 3 (1).

Szajna, B. (1996) Software Evaluation dan Choice: Predictive Validition of The Technology Acceptance Instrument. MIS Quarterly, 18, 319-324.

Tangke, N. (2004). Analisa Penerimaan Penerapan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 6 (1). Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra.

Weber, Ron. (1999). Information System Control And Audit. Prentice Hall.

Wijayanti, R. (2009). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking, Jurnal Akuntansi, Universitas Gunadarma.

Wilkinson, Cerullo., & Wong, R. (2000). Accounting Information System. Fourth Edition, New York : John Wiley and Sons Inc.

Yuteva, S. (2010). Analisis Pengaruh Etika Kerja Islam Terhadap Komitmen Profesi Internal Auditor, Komitmen Organisasi, Dan Sikap Perubahan Organisasi, Skripsi, Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.010103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia