Pengaruh Lingkungan Bisnis Terhadap Strategi Manufaktur: Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Kabupaten Bantul
Abstract
The study analyzed the effect of business environment factors on manufacturing strategy. Data was collected from 43 organisations in Bantul, Yogyakarta. The analyses using Multivariate Multiple Regression Analysis (MMRA) found the results that simultaneously the factors of business environment effected manufacturing strategy. But, partially they did not. Only business cost, labor availability, and market dynamism significantly influenced manufacturing strategy.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anatan, L. (2005). Pengaruh Lingkungan Bisnis Terhadap Prioritas Kompetitif: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia, Siasat Bisnis No.10, Vol 2: P: 179-194
Azwar, Syaifuddin (2000), ”Reliabilitas dan Validitas”,Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta.
Cooper, D.R., & Emory, W (1995). Metode Penelitian Bisnis. Jilid 1, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Damodar Gujarati, 1995, Ekonometrika Dasar, Jakarta: Erlangga.
Firdausy, 2002. www. google. com
Ghazali, Imam. (2005), Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Kompas, 23 Desember 2008. www.google.com
Kusmantini, T., (2007). Evaluasi Misfit Score Strategi Pemanufakturan dengan Strategi Bisnis serta Dampaknya pada Kinerja Operasional Pabrik (Studi Kasus Pada Industri Logam di Ceper dan Tegal), Usahawan No.11:P. 41- 48
Masri , Singarimbun dan Sofyan Efendi, 1995. Metode Penelitian Survey.cetakan keempat, jilid 1, LP3ES : Jakarta.
Porter, ME. dan Agus Maulana (1991) Strategi Bersaing : Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Jakarta: Erlangga.
Ramayanti, Y. (2008). Analisis Strategi Operasi Pada Sektor Industri Di Daerah Istimewa Yogyakarta (Industri Kecil dan Menengah). Skripsi. UPN ”Veteran” Yogyakarta.
Russel, Roberta.S. dan Taylor Bernard.W. (2004). Operation Management : Quality and Competitive in a Global Environment. USA : John Wiley and Sons.
Sekaran, U, (2000), Research Methods For Business : A Skill-Building Approach, 3rd ed. New York : John wiley & Sons, Inc.
Soehardi Sigit, (1999), “Pengantar Metode Penelitian Sosial-Bisnis Manajemen”, Lukman Offset, Yogyakarta.
Sulaksono, Ananto N. (2007). Analisis Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Strategi Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Industri Kecil dan Menengah di Kotamadya Yogyakarta). Skripsi. UPN ”Veteran” Yogyakarta.
Supriyono, R.A (1998). Manajemen Strategis dan Kebijakan Bisnis, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta.
Tjahjono, H.K. (2009). Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY
Suwismo, Andryanto. 24 Januari 2008. www. google.com
Ward, P.T. dan Rebecca Duray. (1999). Manufacturing Strategy in Context : Environment, Competitive Strategy and Manufacturing Strategy, Journal of Management, Vol 18(2000) P: 123 – 138. “Veteran” Yogyakarta.
Widyasmara, P. (2006). Analisis Waktu Siklus Pengembangan Produk Baru Pada Industri Manufaktur Kecil. Skripsi. UPN
Yulianti, C. (2005). Pengaruh Lingkungan Industri Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Strategi Bersaing pada Industri Kecil di Kasongan Bantul (Studi pada Industri Gerabah). Skripsi. UPN “Veteran” Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.18196/jbti.v1i1.2412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International