The Influence Of Hedonic Lifestyle, Shopping Addiction, Fashion Involvement On Global Brand Impulse Buying
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya hidup hedonis, kecanduan berbelanja, keterlibatan fashion terhadap pembelian tidak terencana produk fashion global. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, Tipe desain penelitian ini adalah desain survey kausal Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan suatu pertimbangan tertentu (judgment sampling). Sampel pada penelitian ini adalah responden yang termasuk kategori gaya hidup hedonis, kecanduan berbelanja, keterlibatan fashion di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 115 responden. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan alpha cronbanch. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gaya hidup hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian tidak terencana, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig < 0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif yaitu sebesar 0,391. Kecanduan berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian tidak terencana, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig < 0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif yaitu sebesar 0,309. Keterlibatan fashion berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian tidak terencana, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,009 (sig < 0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif yaitu sebesar 0,193.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, F, Amir, (2014) “The Causes of Impulse Buying Behavior among Iranian Shoppers”, Asian Social Science, , Vol. 10, No. 21.
Alireza, K dan Hasti, Y, (2011) “Evaluating Effective Factors on Consumer Impulse Buying Behavior”, Asian Journal of Business Management Studies , 2 (4): 174-181.
Assael, Henry, (2001), Consumer Behavior, Edisi 6, United State of Amerika: Thomson Learning.
Cho, James, (2014) “Impulse buying behavior of Vietnamese consumers insupermarket setting”, International Journal of Research Studies in Management, Vol.3 No. 2, 33-50.
Choudhary, Shweta, (2014), “ Study of Impulse Buying Behavior of Consumers”, International Journal of Advances Research in Computer Science and Management Studies, Vol. 2, No. 9, September: pp. 1-4.
Cravens dan Piercy, (2013), Strategic Marketing, Edisi 10, Singapore: Mc Graw Hill.
Dhurup, Maniall, (2014), “ The Role of Hedonism, Fashion Involvement, and Emotional Gratification in Fashion Apparel Imupulse Buying Behaviour in a Developing Country”, Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol 5, No. 8, Mei : pp 168-177.
Ferdinand, Augusty, (2006). Metodologi Penelitian. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam, (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 19 . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hui Yi lou and Nigel H, (2012), “Effects of Shopping Addiction on Consumer Decision Making”, Journal of Behavioral Addiction, July: pp. 1-28
Kirgiz, Ayca, (2014), “ Hedonism, A Consumer Disease Of The Modern Age, Gender and Hedonic Shopping in Turkey”, Global Media Journal, Vol 4, No. 8, September: pp. 200-211.
Khairudin Murad and Shahnon Mohd Salleh, (2014) “Confession of an Online Shopaholic: Teenage Youths’Purchasing Behavior towards Online Retailing Preferences”, International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 4, No. 1
Koca, Emine, (2013), “ An Evaluation of Consumer Tendencies Towards Hedonistic Shopping for Clothes”, European Journal of Research on Education, vol. 5, no.3, pp.54-64.
Kumar, Ramesh, (2000), “Shopaholics - An Exploratory Study”, Journal of Marketing, Januari.
Kotabe & Helsen, (2011), Global Marketing Management, Edisi 5, Asia: Wiley.
Kotler and Keller, (2012), Marketing Management, England: Pearson.
Kuncoro, Mudrajad, (2013), Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi 4, Jakarta: Erlangga
Malhotra K. Naresh, (2010), Marketing Research an Applied Orientation, Edisi 6, Boston: Pearson Education.
O’Cass, Aron. (2004), “Fashion Clothing Consumption: antecendents and consequences of fashion clothing involvement”, European Journal of Marketing, Vol. 38 No. 7, pp. 869-882.
Pattipeilohy, Victor, R, (2013), “The Influence of the availability of Money and Time, Fashion Involvement, Hedonic Consumption Tendency and Positive Emotions towards Impulse Buying Behavior in Ambon City”, International Journal of Business and Behavioral Sciences, Agustus 2013, Vol. 3, No.8.
Prastia, Fita, (2013), “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement and Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan toko Elizabeth Surabaya”, Journal of Marketing, pp.1-6.
Sari, Paramita, (2014), “ Peran Gaya Hidup Hedonisme dan Locul of Control dalam Menjelaskan Kecenderungan Shopping Addiction pada Mahasiswa Putri Isospol Brawijaya”, Journal of Marketing, pp. 1-14.
Sarkar, Abhigyan, (2011), “ Impact of Utilitarian and Hedonic Shopping Values on Undividual’s Perceived Benefits, International Management Review, vol. 7, no. 1, pp. 58-65.
Sekaran, U, (2006), Research Methods For Business, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.
Sunyoto, D, (2015), Perilaku Konsumen dan Pemasaran, Cetakan 1, Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service ( CAPS ).
Tjahjono, HK, (2015). Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY.
Thompson, A. A., Jr., & Strickland A. J, (2013), Strategic Management (tenth ed.). Boston, MA.
TIM, (2010), Panduan Tesis Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.
Vazifehdoos, (2014), “Hossein, Evaluation of the Influence of Fashion Involvement, Personality Characteristics,Tendency to Hedonic Consumption and Store Environment on Fashion-Oriented Impulse Buying”, Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol 5, No 16 .
www. bps.go.id/indeks/Badan Pusat Statistik (Statistics Indonesia).
DOI: https://doi.org/10.18196/jbti.v7i2.2556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International