Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta

Suprono Wahyujatmiko, Irwan Yon Hadi

Abstract


Semakin banyaknya pelaku usaha dalam bisnis makaroni, maka persaingan juga semakin ketat. Dibutuhkan manajemen pemasaran, kreativitas dan inovasi guna mendapatkan konsumen lebih banyak lagi. Makaroni Huhhah menggunakan  media sosial instagram untuk melakukakn promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen pemasaran online melalui instagram, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi oleh Macaroni Huhhah dalam meningkatkan penjualan pada tahun 2017.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif  Pengumpulan data menggunakan teknik obervasi dan wawancara mendalam untuk mencari informasi umum yang akurat tentang manajemen pemasaran melalui media online. Teknik  analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif models of analysis atau analisis interaktif. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data. Penelitian dilaksanakan di kantor pusat manajemen Macaroni Huhhah Jogja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran Makaroni Huhhah secara online melalui instagram dilakukan  dengan terlebih dulu membuat perencanaan lalu diimplementasikan. Agar mencapai tujuannya, manajemen pemasaran dilakukan dengan tetap melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan pemasaran. Perencanaan pemasaran meliputi penentuan segmen pasar, pemlihan saluran komunikasi pemasaran, penentuan tujuan pemasaran, penentuan strategi pemasaran yaitu menggunakan instagram, dan menentukan bauran pemasaran. Implementasi meliputi semua aktivitas untuk merealisasikan rencana pemasaran yang sudah disusun. Strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur  yang ada di instagram yaitu like, comment, biodata, follower, caption, hashtag, dan give away.  Pengawasan dan pengendalian dilakukan dengan cara melihat like, komentar ataupun direct massage. Jika respon dirasa kurang, maka admin @makaronihuhhahjogja akan mengunggah foto produk dengan caption yang lebih menarik dan menggunakan hashtag yang relevan dan dengan jumlah hashtag  yang lebih banyak.

Keywords


Manajemen; Pemasaran; Instagram

Full Text:

PDF

References


Assael, H., (2002), Consumer Behavior and Marketing Action. Fourth Edition. Boston: PWS-Kent Publishing Company

Atmoko, B.D., (2012), Instagram Handbook. Jakarta: PT. Trans Media.

Daryanto, (2011), Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Daryanto, dan Setyobudi., (2014), Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media: Yogyakarta

Dharmesta, B.S., (2009), Manajemen Pemasaran modern, ke-5, Yogyakarta Liberty.

George, R.T., (2006), Principles of Management. (Alih bahasa winardi), Alumni Bandung.

Ghazali, M., (2016), Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram : Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram, Malaysia: Publishing House.

Hennig-Thurau, T ., Gwinner, K.P., Walsh, G. dan Gremler, D.D., (2004), Electronic Word-of-Mouth Via Customer-Opinion Platforms: What Motivates Consumer to Articulate Themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, Vol 18/No 1, 38-52.

Kotler, P., & Keller, K.L., (2009), Manajemen pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Ghalia Indonesia

Kotler, P., (2005), Marketing Management Analysis, Planning, Implementation, and Control, The millenium edition, Englewood Cliffs, NNJ: Prentice Hall, Inc.

Kotler, P., (2008), Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler, P., dan Armstrong, A., (2008), Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1, Jakarta : Penerbit Erlangga

Kotler, P., dan Keller, K.L., (2006). Marketing Management, twelfth Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River.

Lopiyoadi, (2013), Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Salemba: Jakarta.

Miles, M.B. dan Huberman., A.M., (1992), Analisa Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta, Universitas Indonesia (UI Press).

Moleong, J.L., (2006), Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Purwanto, (2013), Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, F., (2009), Strategi Promosi yanga Efektif, Jakarta: Gramedia.

Shinta, A., (2011), Ilmu Usahatani. Universitas Brawijaya Press, Malang.

Stanton, W.J., (1998), Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1 . Jakarta: Erlangga

Sulaksana, U., (2003), Integrated Marketing Communication, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Surijah, E.A., Kirana, C.T., dkk, (2017), Membedah Instagram: Analisis Isi Media Sosial Pariwisata Bali, Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 9 (1), 1-17.

Tjahjono, H.K (2015), Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY

Tjiptono, A., (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.18196/bti.92104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi terindex:
 
 

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

Office:
Magister of Managemet Postgraduate Building 2nd Floor UMY
Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 Ext. 133
WA : +62 815-8758-702
E-mail: jbti@umy.university


This work is licensed under Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International