Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.18196/bti.92104Keywords:
Manajemen, Pemasaran, InstagramAbstract
Semakin banyaknya pelaku usaha dalam bisnis makaroni, maka persaingan juga semakin ketat. Dibutuhkan manajemen pemasaran, kreativitas dan inovasi guna mendapatkan konsumen lebih banyak lagi. Makaroni Huhhah menggunakan media sosial instagram untuk melakukakn promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen pemasaran online melalui instagram, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi oleh Macaroni Huhhah dalam meningkatkan penjualan pada tahun 2017.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif Pengumpulan data menggunakan teknik obervasi dan wawancara mendalam untuk mencari informasi umum yang akurat tentang manajemen pemasaran melalui media online. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif models of analysis atau analisis interaktif. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data. Penelitian dilaksanakan di kantor pusat manajemen Macaroni Huhhah Jogja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran Makaroni Huhhah secara online melalui instagram dilakukan dengan terlebih dulu membuat perencanaan lalu diimplementasikan. Agar mencapai tujuannya, manajemen pemasaran dilakukan dengan tetap melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan pemasaran. Perencanaan pemasaran meliputi penentuan segmen pasar, pemlihan saluran komunikasi pemasaran, penentuan tujuan pemasaran, penentuan strategi pemasaran yaitu menggunakan instagram, dan menentukan bauran pemasaran. Implementasi meliputi semua aktivitas untuk merealisasikan rencana pemasaran yang sudah disusun. Strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur yang ada di instagram yaitu like, comment, biodata, follower, caption, hashtag, dan give away. Pengawasan dan pengendalian dilakukan dengan cara melihat like, komentar ataupun direct massage. Jika respon dirasa kurang, maka admin @makaronihuhhahjogja akan mengunggah foto produk dengan caption yang lebih menarik dan menggunakan hashtag yang relevan dan dengan jumlah hashtag yang lebih banyak.References
Assael, H., (2002), Consumer Behavior and Marketing Action. Fourth Edition. Boston: PWS-Kent Publishing Company
Atmoko, B.D., (2012), Instagram Handbook. Jakarta: PT. Trans Media.
Daryanto, (2011), Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Daryanto, dan Setyobudi., (2014), Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media: Yogyakarta
Dharmesta, B.S., (2009), Manajemen Pemasaran modern, ke-5, Yogyakarta Liberty.
George, R.T., (2006), Principles of Management. (Alih bahasa winardi), Alumni Bandung.
Ghazali, M., (2016), Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram : Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram, Malaysia: Publishing House.
Hennig-Thurau, T ., Gwinner, K.P., Walsh, G. dan Gremler, D.D., (2004), Electronic Word-of-Mouth Via Customer-Opinion Platforms: What Motivates Consumer to Articulate Themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, Vol 18/No 1, 38-52.
Kotler, P., & Keller, K.L., (2009), Manajemen pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Ghalia Indonesia
Kotler, P., (2005), Marketing Management Analysis, Planning, Implementation, and Control, The millenium edition, Englewood Cliffs, NNJ: Prentice Hall, Inc.
Kotler, P., (2008), Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
Kotler, P., dan Armstrong, A., (2008), Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid ke-1, Jakarta : Penerbit Erlangga
Kotler, P., dan Keller, K.L., (2006). Marketing Management, twelfth Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River.
Lopiyoadi, (2013), Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Salemba: Jakarta.
Miles, M.B. dan Huberman., A.M., (1992), Analisa Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta, Universitas Indonesia (UI Press).
Moleong, J.L., (2006), Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Purwanto, (2013), Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga
Rangkuti, F., (2009), Strategi Promosi yanga Efektif, Jakarta: Gramedia.
Shinta, A., (2011), Ilmu Usahatani. Universitas Brawijaya Press, Malang.
Stanton, W.J., (1998), Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1 . Jakarta: Erlangga
Sulaksana, U., (2003), Integrated Marketing Communication, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Surijah, E.A., Kirana, C.T., dkk, (2017), Membedah Instagram: Analisis Isi Media Sosial Pariwisata Bali, Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 9 (1), 1-17.
Tjahjono, H.K (2015), Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY
Tjiptono, A., (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi is licensed under Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).