ANALISIS KEMANDIRIAN USAHA MAHASISWA MELALUI INOVASI PRODUK, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MINAT BERWIRAUSAHA
Abstract
Calon pengusaha merupakan bagian penting dalam mengembangkan kemandirian usaha bagi mahasiswa. Inovasi produk usaha mahasiswa merupakan kekuatan utama dalam membentuk kemampuan mengembangkan minat berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kemandirian usaha mahasiswa melalui minat berwirausaha mahasiswa ketrampilan wajib kewirausahaan Universitas Muria Kudus. Jumlah sampel dalam penelitian ini 115 mahasiswa dengan menggunakan teorinya Ferdinant dan teknik probability sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa inovasi produk dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kemandirian usaha, serta minat berwirausaha mampu menjadi mediasi inovasi produk dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kemandirian usaha mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhaji, A. (2015). Entrepreneurship education and its impact on self-employment intention and entrepreneurial self-efficacy. Humanities and Social Sciences, 3(1), 57–63.
Aprilianti, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 311–324.
Asfiatul, F. (2013). Pengaruh Pendidikan & Pelatihan, Prestasi Belajar Kewirausahaan terhadap Sikap Kewirausahaan Peserta didik SMK N 1 Cerme. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 173–184.
Basuki, R. (2007). Analisis Hubungan antara Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Kemandirian Usaha terhadap Kinerja Pengusaha pada Kawasan Industri Kecil di daerah Pulogadung. Jurnal Usahawan, 2(10), 1–8.
Baso S., Yayat DH. (2016). Penggunaan Teknologi Informasi di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Perbatasan (Studi di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur) Jurnal Pekommas, Vol. 1 No. 2, Oktober 2016: 141 - 152.
Choueke, R., & Armstrong, R. (1998). The learning organisation in small and medium-sized enterprises: A destination or a journey? International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research, 4(2), 129–140.
Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1214–1224.
Fatoki, O. (2014). The Entrepreneurial Intention of Undergraduate Students in South Africa: The Influences of Entrepreneurship Education and Previous Work Experience. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(7), 294–299.
Ferreira, J. J., Raposo, M. L., Rodrigues, R. G., Dinis, A., & do Paço, A. (2012). A model of entrepreneurial intention: An application of the psychological and behavioral approaches. Journal of Small Business and Enterprise Development, 19(3), 424–440.
Frederick, H., O’Connor, A., & Kuratko, D. F. (2015). Entrepreneurship : Theory, Process and Practice (4th ed.). South Melbourne: Cengage Learning.
Ghobakhloo, M., Hong, T. S., Sabouri, M. S., & Zulkifli, N. (2012). Strategies for successful information technology adoption in small and medium-sized enterprises. Information, 3(1), 36–67.
Ghozali, I., & Fuad. (2014). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep Dan Aplikasi Dengan Program Lisrel 9.10 (4th ed.). Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson.
Haryono, T., & Khoiriyah, S. (2012). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada UMKM di Surakarta). Jurnal Online Universitas Negeri Sebelas Maret.
Hendarwan, D. (2018). Menumbuhkan Jiwa, Perilaku dan Nilai Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kemandirian Bisnis. MBIA, 17(2), 59–68.
Husaini. (2004). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Melalui Peningkatan Pendidikan Kejuruan di Kabupaten Indragiri Hilir. Tesis, Institut Pertanian Bogor.
Hussain, A., & Norashidah. (2015). Impact of Entrepreneurial Education on Entrepreneurial Intentions of Pakistani Students. Journal of Entrepreneurship and Business Innovation, 2(1), 43–53.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Lestari, R. B., & Wijaya, T. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 1(2), 112–119.
Malebana, J. (2014). Entrepreneurial intentions of South African rural university students: A test of the theory of planned behaviour. Journal of Economics and Behavioral Studies, 6(2), 130–143.
Qomariah, I., & Dalimunthe, D. M. J. (2011). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi, dan kemandirian pribadi terhadap daya saing usaha (Pengusaha Kuliner Skala Kecil di Jalan Dr. Mansur Medan). Jurnal Ekonomi, 14(1), 20–25.
Rahayu, M., Novadjaja, L. H., & Indrawati, N. K. (2011). Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Baru. Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(2), 329–339.
Sanchez-Gutierrez, J., Gonzalez-Uribe, E. G., Gutierrez-Govea, A., & Garcia-Jimenez, E. F. (2012). The effects of intellectual capital and innovation on competitiveness: An analysis of the restaurant industry in Guadalajara, Mexico. Journal of Competitiveness Studies, 20(3/4), 33–46.
Setiawan, H. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis, 8(2), 12–19.
Siswandi, Y. (2013). Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 1–17.
Suharti, L., & Sirine, H. (2011). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention): Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2), 124–134.
Sukirman, & Indrayani, M. (2014). Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil Menuju Kemandirian Usaha dengan Menerapkan Manajemen Profesional. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 1–14.
Suliyanto. (2012). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Thobias, E., Tungka, A. K., & Rogahang, J. J. (2013). Pengaruh Modal Sosial terhadap Perilaku Kewirausahaan (Suatu studi pada pelaku usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud). ACTA DIURNA, 2(2), 1–23.
Thompson Ronald, Christoper A and Howell Jane. (1991). Personal Computing : Toward a Conceptual Model of Utilization. MIS Quarterly. March 1991
Venesaar, U., Kolbre, E., & Piliste, T. (2006). Students’ Attitudes and Intentions toward Entrepreneurship at Tallinn University of Technology. TUTWPE, 154, 97–114.
Villonensia, P. (2009). Pengaruh Kemandirian Pribadi Terhadap Perilaku Kewirausahaan (Studi Kasus Pedagang Pakaian Pasar Pajak Sore Jalan Jamin Ginting). Skripsi, Universitas Sumatera Utara.
DOI: https://doi.org/10.18196/bti.111132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International