PROFIL PEMASARAN ONLINE USAHA KERAJINAN TOPENG DAN KAYU BATIK DESA BOBUNG GUNUNGKIDUL

Authors

  • Dwi Maryono Universitas Sebelas Maret
  • Slamet Subiyantoro Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Susilaningsih Susilaningsih Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/bti.102118

Keywords:

pemasaran online, kerajinan topeng, kayu batik, e-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil atau gambaran pemanfaatan teknologi IT dalam pemasaran atau pemasaran online produk kerajinan topeng dan kayu batik di desa Bobung, Putat, Kecamatan Pathuk Gungungkidul. Dengan mengetahui profil pemasasaran online ini dapat digunakan untuk menyusun strategi yang tempat mengenai strategi dan bentuk pegembangan pemasaran online sehingga dapat meningkatkan pasar produk kerajinan sekaligus meningkatkan omset pendapat para pengrajin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya para pengrajin menyadari betul akan pentignya pemasaran secara online, sebagai alternatif media pemasaran yang ada selama ini yang lebih mengandalkan pada kegiatan pameran, brosur, dan informasi dari mulut ke mulut. Namun demikian di antara para pengrajin, baru 45% yang sudah mencoba menggunakan media online sebagai sarana pemasaran. Belum diterapkannya pemasaran online lebih pada kurangnya peralatan dan SDM untuk pengelolaan pemasaran secara online. Namun demikian melihat perkembangan teknologi informasi saat ini, terutama perangkat HP smartphone, masalah peralatan semestinya sudah tidak menjadi masalah karena dalam perangkat HP peralatan seperti koneksi internet, web, dan kamera dalam satu perangkat. Oleh karena itu penggunaan e-commerce mulai bergeser dengan m-commerce (mobile commerce), meskipun implementasinya m-commerce tidak bisa dipisahkan dengan e-commerce atau bisa disebut bahwa m-commerce merupakan salah satu bentuk dari e-Commerce.

References

Agustina Shinta, 2011, Manajmen Pemasaran, Malang: Universitas Brawijaya Press.

Andriyanto, I., 2018, Penguatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui E-Commerce, Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol. 6 No. 2, Des 2018

https://money.kompas.com/read/2016/05/26/164038126/kemenkop.dorong.umkm.tingkatkan.bisnis.melalui.e-commerce, diakses 22 September 2019

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-kelebihan-dan-kekurangan-berbisnis-online-di-marketplace-yang-perlu-diketahui/, diakses 22 September 2019

Helamlia dan Afrinawati, 2018, Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang, JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam),Volume 3, Nomor 2, Juli – Desember 2018

Kaur, P dkk, 2015, E-Marketing -A Global Perspective, Int. Journal of Enginering Research and Application Vol 5 Issue 2 February 2015 pp 116-124

Nadaraja, Rubathee & Yazdanifard, Assc. Prof. Dr. Rashad, 2013, Social Media Marketing: Advantages And Disadvantages, https://www.researchgate.net/publication/256296291_Social_Media_Marketing_SOCIAL_MEDIA_MARKETING_ADVANTAGES_AND_DISADVANTAGES , diakses 22 September 2019

Palwinder Sandhu, 2012, Mobile Commerce: Beyond E-Commerce, IJCST Vol. 3, Iss ue 1, Jan - March 2012.

Sholihin, M dan Mujilahwati S, 2016, DAMPAK PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI UMKM (Studi Kasus Ninda Bros Lamongan), Jurnal TeknikA, Vol. 8, No 1, Maret 2016

Downloads

Published

2019-11-29