STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS DENGAN MEMPERHATIKAN KEPUASAN KONSUMEN OBAT MELALUI COORPORATE IMAGE PADA APOTEK DI SURAKARTA

Siti Fatonah, I Gusti Putu Diva Awatara

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen obat dengan memperhatikan kepuasan yang menggunakan aspek kualitas pelayanan, pengiriman pesanan dan promosi yang bisa disebut sebagai coorporate image pada apotek di Surakarta. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh variabel independen (kualitas pelayanan, pengiriman pesanan, promosi) terhadap loyalitas konsumen obat dengan kepuasan sebagai variabel intervening sehingga dapat digunakan untuk menentukan strategi yang harus dilakukan apotek di Surakarta. Dengan mengambil sample sebanyak 100 responden konsumen obat yang diambil secara acak di beberapa apotek yang berlokasi di Surakarta. Setelah di olah dengan analisis jalur, diperoleh hasil bahwa pengiriman pesanan mendominasi untuk meningkatkan kepuasan konsumen obat dibandingkan dengan kualitas pelayanan dan promosi. Untuk meningkatkan loyalitas berdasarkan hasil analisis maka harus meningkatkan kepuasan konsumen obat terlebih dahulu karena semua variabel independen secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas. Untuk itu disimpulkan bahwa strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen obat di apotek Surakarta sebaiknya apotek meningkatkan pelayanan pengiriman pesanan untuk meningkatkan kepuasan yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen obat terhadap apotek di Surakarta.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Pengiriman Pesanan, Promosi, Kepuasan, Loyalitas dan Obat.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS (Edisi : ke 4). Semarang : Badan Penerbit Undip.

Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariat. Semarang : Badan Penerbit Undip.

Griffin, Jill. 2014. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta : Airlangga.

H.J. Astuti dan K Nagase, 2014. Petient Loyalty to Healthcare Organization: Relationship Marketing and Satisfaction, International Journal and Marketing Research , Vol 7, No.2,2014, p.39-56

Juanim, 2004. Analisis Jalur dalam Riset Pemasaran Bandung : Fakultas Ekonomi, UPAS.

Karsono, 2005. Peran Perpindahan Yang Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Bisnis Variabel Citra Perusahaan, Kepercayaan dan Biaya dan Manajemen, Vol. 7, No. 1, hal. 93-110.

Kismono, Gugup. 2001. Pengantar Bisnis, Edisi I, Cetakan I, Yogyakarta : BPFE.

Kotler, P. 2009. Manajemen pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Kotler,Philip, Kevin L. Keller 2012, Marketing Management. 13th edition, New Jersey : Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip. 2013, Marketting Management, 11th ed. Upper Saddle River, New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Logiawan, Yenny dan Hartono Subagio. 2014. Analisa Customer Value terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Restoran Bandar Djakarta Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol.2 No. 1. 1-11

Lupiyoadi, Rambat; dan Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Dua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Maharsi, 2016. Pengaruh Kepercayaan dan promosi Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking di Surabaya melalui kepuasan pengguna. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 8, NO. 1, MEI 2016: 35-5.

Madura, Jeff, 2001. Pengantar Bisnis, Introduction to Business, Alih Bahasa Saroyini W.R. Salib. Jakarta : Salemba Empat.

Nugroho, Agung. 2019. Membangun Loyalitas Konsumen pada Apotek Danusuman Surakarta. E-Jurnal STIE AUB Surakarta

Parasuraman, V., A. Zeithaml and L. L. Beny. 2013. A Conceptual Model of Service Quality and its Implication for Future Research. Journal of Marketing Research. 49. pp. 41-50

Pratiwi, ahmad Muhtadi dan Emma Surahman. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Obat di Depo Farmasi Anggrek RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia. Vo. 5 No. 1 P. 47-55.

Rahmawati, Rista Putri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas melalui Citra dan Kepuasan Pelanggan di Apotek Moro Sehat Desa Kedungmiri Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi. E-Jurnal STIE AUB Surakarta.

Ramadhanta, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PD Bank Jogja Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Vol.2 No. 3 UNNES

Saryono, 2009. Metodologi Penelitian Kesehatan Penuntun Praktis bagi Pemula. Yogyakarta : Mitra Cendika Press.

Selnes, 2013. An Examination of the Effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty. European Journal of Marketing. Vol.27, No. 9.

Sugiyono, 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, Bandung : CV.Alfabeta.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cetakan ke , dua puluh Satu , Bandung : CV.Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan H, 2012. Manajemen Pemasaran Modern, Yogayakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandi. 2008, Manajemen Jasa, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset

Tjiptono, Fandi. 2008, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2012. Manajemen Jasa. Malang: Bayu Media Publising

Tjiptono, Fandy and Gregorius Chandra. 2014, Service, Quality & Satisfaction, Penerbit ANDI, Yogyakarta

Wang, I-Ming dan Shieh. Chich-Jen. 2016. The Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction: The Example of CJCU Library. Journal of Information and Optimization Sciences, 27(1): h; 193-209

Zeithaml, Bitner and Gremler. 2006, Service Marketing, Fourth edition, Prentice Hall; exclusive right by Mc Graw-Hill.

Zuhri, Sarika, Andriansyah, Didi Asmadi dan Siti Khajar. 2010. Analisis Loyalitas Pelanggan Industri Jasa Pengiriman Menggunakan Strucural Equation Modeling. Jurnal Ilmiah Teknik Indistri. Vo.15 (2). 101-108

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian.




DOI: https://doi.org/10.18196/bti.102119

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi terindex:

    

__________________________________________________

Office:

Program Magister Manajemen, Gd. Pascasarjana Lt. 2
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul Yogyakarta 55183.

Telepon 0274 387656 Ext. 133
Mobile 0811 267 764
Email: jurnalbti.mmumy@gmail.com

ISSN Cetak : 2085-7721

ISSN Online : 2622-0733

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats