Interaksi Dosen-Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bahasa Jepang

Dini Budiani

Abstract


Menyebarnya wabah Covid-19 di seluruh dunia menimbulkan dampak yang menyebabkan banyak universitas terpaksa mengubah sistem belajar menjadi pembelajaran daring. Namun muncul keraguan mengenai pelaksanaannya, terutama mengenai partisipasi dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, penulis ingin mencari tahu bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring Bahasa Jepang dilihat dari interaksi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa. Untuk itu, dilakukan observasi pada 6 mata kuliah keterampilan Bahasa Jepang yang dilaksanakan pada platform aplikasi pembelajaran Google Classroom. Data penelitian diambil dari ujaran dosen dan mahasiswa pada bagian stream dan classwork aplikasi Google Classroom selama bulan April 2020. Berdasarkan hasil analisa coding dan kategorisasi terhadap data tersebut, ditemukan bahwa interaksi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa cenderung bersifat prosedural di mana dosen memberikan instruksi mengenai pelaksanaan pembelajaran, tugas dan ujian. Selain itu terlihat juga upaya untuk menjaga hubungan sosial antar dosen dan mahasiswa. Walaupun interaksi tersebut penting dalam pembelajaran, namun hal ini tidak secara langsung bermanfaat bagi peningkatan pemahaman dan kemampuan Bahasa Jepang mahasiswa. Dibutuhkan usaha agar interaksi bersifat kognitif muncul dalam pembelajaran dengan membuka ruang diskusi dan pemberian feedback secepatnya.


Keywords


Covid-19; Pembelajaran daring; Bahasa Jepang; Interaksi dosen-mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Anderson, T. (2003). Getting the Mix Right Again: An Updated Theoretical Rationale for Interaction. The International Review of Research in Open and Distance Learning, 9(2). https://doi.org/10.19173/irrodl.v4i2.149

Dewi, W. A. F., (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Farani, R. (2019). Students’ Interaction in Asynchronous Blended Learning: The Analysis of Community of Inquiry Framework Implementation. In UICELL Conference Proceeding pp. 105-112.

Garrison, D. R., & Shale, D. (1987). Mapping the boundaries of distance education: Problems in defining the field. The American Journal of Distance Education, 1(1), 4-13. https://doi.org/10.1080/08923648709526567

Garrison, D. R., & Shale, D. (1990). A New Framework and Perspective. In D. R. Garrison and D. Shale (Eds.), Education at a Fistance: From Issues to Practice. Malabar, FL.: Krieger.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S., (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503

Hasanah, A., dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Paper Mahasiswa. Unpublished. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30565/

Jamaludin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. Paper Mahasiswa. Unpublished. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Krashen, S. D. (1985). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Oxford: Pergamon.

Levin, J., & Waugh, M. (1998). Teaching teleapprenticeships: Electronic network-based educational frameworks for improving teacher education. Interactive Learning Environments Journal, 6(1-2), 39–58. https://doi.org/10.1076/ilee.6.1.39.3612

Moore, J. L., et al. (2010). E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They The Same? Internet and Higher Education, https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Nakahara, J., Hisamatsu, S., Yaegashi, K., & Yamauchi, Y. (2005). iTree: Does the mobile phone encourage learners to be more involved in collaborative learning? In Proceedings of the 2005 Conference on Computer Support for Collaborative Learning: Learning 2005: the next 10 years, 470-478.

Offir, B., et al. (2008). Surface and deep learning processes in distance education: Synchronous versus asynchronous systems. Computers and Education, 51 (3), 1172-1183. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.10.009

Oliver, R., & McLoughlin, C. (1996). An Investigation of The Nature and Forms of Interaction in Live Interactive Television. ERIC. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED396738

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 7(2), 297-302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Rossman, M. H. (1999). Successful Online Teaching Using an Asynchronous Learner Discussion Forum. Journal of Asynchronous Learning Networks, 3(2), 91-97.

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saldaña, J. (2021). The Coding Manual for Qualitative Researchers. SAGE Publications Limited

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Wagner, E. D. (1994). In Support of a Functional Definition of Interaction. American Journal of Distance Education, 8(2), 6–29. https://doi.org/10.1080/08923649409526852

Woo, Y., & Reeves, T. C. (2008). Interaction in Asynchronous Web-Based Learning Environments. Journal of Asynchronous Learning Networks, 12(3-4), 179-194. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ837522




DOI: https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Japanese Language Education and Linguistics

 

 

Editorial Office

Journal of Japanese Language Education and Linguistics

KH Ibrahim Building (E6) First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183

email: jjlel.pbj@umy.ac.id

Phone: +62 274 387656, ext. 459

Department of Japanese Language Education, Faculty of Language Education, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta




                                                                                                                        Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.