Pendekatan Humanistik Melalui Permainan Edukatif Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Islam Terpadu

Erni Wahyuningsih, Syindi Oktaviani Tolinggi, R. Umi Baroroh

Abstract


Ada empat keterampilan berbahasa (مهارةاللغة) dalam pembelajaran bahasa Arab yang wajib dikuasai agar tercapai proses pembelajaran bahasa Arab yang sesuai. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan beberapa pendekatan salah satunya ialah pendekatan humanistik. Pendekatan humanistik melalui permainan edukatif bahasa akan memberikan kesan yang menyenangkan sehingga siswa bisa mengikuti proses pembelajaran bahasa Arab dengan hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab melalui permainan edukatif bahasa di Sekolah Islam Terpadu yang nantinya dapat dijadikan acuan bagi sekolah-sekolah untuk menciptakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yakni kepustakaan (library research). Adapun sumber datanya ialah data primer dan data sekunder yang berupa buku-buku, artikel jurnal, dan lainnya terkait pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab melalui permainan edukatif bahasa di Sekolah Islam Terpadu. Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah yang memiliki sistem belajar secara full day sehingga dengan menggunakan pendekatan humanistik melalui permainan edukatif bahasa, peserta didik dapat mengaktualisasikan dirinya dalam pembelajaran bahasa Arab dengan lebih menyenangkan dan tidak merasa bosan.

Keywords


Pendekatan Humanistik; Permainan Edukatif Bahasa; Sekolah Islam Terpadu

Full Text:

PDF

References


Amrulloh, Amrulloh. 2017. “Sekolah Islam Terpadu: Sebuah Tinjauan Kritis.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 no. 1: 1–15. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1033.

Arifin, Ahmad. 2017. “Peranan Permainan Bahasa dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Arab”. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19 no. 2: 302-318. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1005

Asyrofi, S. 2017. “Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah dan Sekolah (Telaah Kritis dalam Perspektif Metodologis).” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3 no. 1: 20–30. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.%x

Aziz, Abd., dan Saihu. 2019. “Interpretasi Humanistik Kebahasaan: Upaya Kontekstualisasi Kaidah Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3 no. 2: 299. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1000

Baharuddin. 2007. Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bakri, M. A. 2017. “Metode Langsung (Direct Method) dalam Pengajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab al-Maraji’ ,1 no. 1: 1-12.

Baroroh, R. Umi. 2017. “Model-model Belajar Bahasa Arab di Indonesia Berdasarkan Lingkungan Berbahasa.” Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 3 no. 3: 49–64.

Baroroh, R. Umi., dan Amrulloh, A. K. 2019. “Hypnoteaching Method in Arabic Learning.” Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 11 no. 1: 133–148. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i1.3634

Bashori, Khoiruddin. 2002. “Pendidikan Islam Terpadu, Mencari Model Komprehensif.” El Tarbawi, 7 No. 5: 101-108.

Dierksmeier, Claus. 2016. “What is ‘Humanistic’ About Humanistic Management?” Humanistic Management Journal, 1: 9–32. https://doi.org/10.1007/s41463-016-0002-6

Hilmi. 2012. “Pendekatan Humanistik Dalam Belajar.” Kompetens, 6: 1–11.

Husamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Kurnaengsih. 2015. “Konsep Sekolah Islam Terpadu.” Risalah Pendidikan dan Studi Islam, 1 no. 1: 78–84. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.14

Mualimin, Mualimin. 2017. “Lembaga Pendidikan Islam Terpadu.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 no. 1: 99–116. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2099

Kamarul Shukri Mat Teh, dkk. 2011. “Hubungan Tahap Motivasi Dengan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Agama Terengganu.” Sains Humanika, 52 no. 1: 57–67. https://doi.org/10.11113/sh.v52n1.259

Muyassarah, Mufidatul Ilmi. 2016. “Teori Tentang Belajar dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II: 245–256.

Latuconsina, Sarah. N. 2018. “Efektivitas Permainan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab”. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3 no. 2: 145-156. http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v3i2.99

Ma’ruf, I. 2009. Strategi Pembelajaran bahasa Arab. Semarang: Need’s Press

Maimunah. 2017. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik.” Medina-Te, 12 no. 1: 77–86.

Maksudin. 2018. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.

Mujib, F., dan Nailur Rahmawati. 2011. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Nasrulloh, Muhammad Farid, Afif Kholisun Nasoih, Wisnu Siwi Satiti, and Septiana Khansa Afifa. 2020. “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pelatihan Dan Permainan Bahasa Arab”. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1), 28-35. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1040.

Prasetya, T. 2002. Filsafat Pendidikan untuk IAIN STAIN dan PTAIS. Bandung: Pustaka Setia.

Qodir, A. 2017. “Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pedagogik, 4 no. 2: 188–202.

Rachmahana, R. S. 2008. “Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan.” El-Tarbawi, 1 no. 1: 99–114. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art8

Sanusi, Uci. 2013. “Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik (Penelitian pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan.” Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11 no. 2: 123-142. http://jurnal.upi.edu/file/04_Pembelajaran_dengan_Pendekatan_Humanistik_-_Uci_Sanusi.pdf

Sapri, Sapri. 2008. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Antara Tradisional dan Modern.” Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 13 no. 03: 441-452. https://doi.org/10.24090/insania.v13i3.308

Solichin, Muchlis. 2018. “Teori Belajar Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi dan Metode Pembelajaran.” Islamuna: Jurnal Studi Islam, 5 no. 1. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/222

Supratinya. 1987. Terj. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.

Suyatno, Suyatno. 2015. “Sekolah Islam Terpadu dalam Peta Sistem Pendidikan Nasional.” Alqalam, 32 no. 2: 309. https://doi.org/10.32678/alqalam.v32i2.553

Tadjuddin, Andi Fajriwati. 2017. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab.” al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1 no. 1: 25-37. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/2402

Teehankee, Benito. 2017. “Critical Realist Action Research and Humanistic Management Education.” Academy of Management Proceedings, no. 1: 13285. https://doi.org/10.5465/ambpp.2017.13285abstract

Uliyah, Asnul, dan Zakiyah Isnawati. 2019. “Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Shaut Al-’arabiyah, 7 no. 1: 31–43. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Waddock, Sandra. 2016. “Developing Humanistic Leadership Education.” Humanistic Management Journal, 1 no. 1: 57–73. https://doi.org/10.1007/s41463-016-0003-5

Wekke, Ismail Suardi. 2017. “Pengembangan Pembelajaran Keagamaan dan Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Minoritas Muslim.” Tadrib, 3 no. 2: 187-196. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i2.1793




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.