Pendekatan Humanistik Melalui Permainan Edukatif Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Islam Terpadu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrulloh, Amrulloh. 2017. “Sekolah Islam Terpadu: Sebuah Tinjauan Kritis.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 no. 1: 1–15. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1033.
Arifin, Ahmad. 2017. “Peranan Permainan Bahasa dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Arab”. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19 no. 2: 302-318. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1005
Asyrofi, S. 2017. “Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah dan Sekolah (Telaah Kritis dalam Perspektif Metodologis).” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3 no. 1: 20–30. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.%x
Aziz, Abd., dan Saihu. 2019. “Interpretasi Humanistik Kebahasaan: Upaya Kontekstualisasi Kaidah Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3 no. 2: 299. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1000
Baharuddin. 2007. Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bakri, M. A. 2017. “Metode Langsung (Direct Method) dalam Pengajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab al-Maraji’ ,1 no. 1: 1-12.
Baroroh, R. Umi. 2017. “Model-model Belajar Bahasa Arab di Indonesia Berdasarkan Lingkungan Berbahasa.” Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 3 no. 3: 49–64.
Baroroh, R. Umi., dan Amrulloh, A. K. 2019. “Hypnoteaching Method in Arabic Learning.” Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 11 no. 1: 133–148. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i1.3634
Bashori, Khoiruddin. 2002. “Pendidikan Islam Terpadu, Mencari Model Komprehensif.” El Tarbawi, 7 No. 5: 101-108.
Dierksmeier, Claus. 2016. “What is ‘Humanistic’ About Humanistic Management?” Humanistic Management Journal, 1: 9–32. https://doi.org/10.1007/s41463-016-0002-6
Hilmi. 2012. “Pendekatan Humanistik Dalam Belajar.” Kompetens, 6: 1–11.
Husamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Kurnaengsih. 2015. “Konsep Sekolah Islam Terpadu.” Risalah Pendidikan dan Studi Islam, 1 no. 1: 78–84. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.14
Mualimin, Mualimin. 2017. “Lembaga Pendidikan Islam Terpadu.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 no. 1: 99–116. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2099
Kamarul Shukri Mat Teh, dkk. 2011. “Hubungan Tahap Motivasi Dengan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Agama Terengganu.” Sains Humanika, 52 no. 1: 57–67. https://doi.org/10.11113/sh.v52n1.259
Muyassarah, Mufidatul Ilmi. 2016. “Teori Tentang Belajar dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II: 245–256.
Latuconsina, Sarah. N. 2018. “Efektivitas Permainan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab”. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3 no. 2: 145-156. http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v3i2.99
Ma’ruf, I. 2009. Strategi Pembelajaran bahasa Arab. Semarang: Need’s Press
Maimunah. 2017. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik.” Medina-Te, 12 no. 1: 77–86.
Maksudin. 2018. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.
Mujib, F., dan Nailur Rahmawati. 2011. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.
Nasrulloh, Muhammad Farid, Afif Kholisun Nasoih, Wisnu Siwi Satiti, and Septiana Khansa Afifa. 2020. “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pelatihan Dan Permainan Bahasa Arab”. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1), 28-35. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1040.
Prasetya, T. 2002. Filsafat Pendidikan untuk IAIN STAIN dan PTAIS. Bandung: Pustaka Setia.
Qodir, A. 2017. “Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pedagogik, 4 no. 2: 188–202.
Rachmahana, R. S. 2008. “Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan.” El-Tarbawi, 1 no. 1: 99–114. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art8
Sanusi, Uci. 2013. “Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik (Penelitian pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan.” Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11 no. 2: 123-142. http://jurnal.upi.edu/file/04_Pembelajaran_dengan_Pendekatan_Humanistik_-_Uci_Sanusi.pdf
Sapri, Sapri. 2008. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Antara Tradisional dan Modern.” Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 13 no. 03: 441-452. https://doi.org/10.24090/insania.v13i3.308
Solichin, Muchlis. 2018. “Teori Belajar Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi dan Metode Pembelajaran.” Islamuna: Jurnal Studi Islam, 5 no. 1. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/222
Supratinya. 1987. Terj. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.
Suyatno, Suyatno. 2015. “Sekolah Islam Terpadu dalam Peta Sistem Pendidikan Nasional.” Alqalam, 32 no. 2: 309. https://doi.org/10.32678/alqalam.v32i2.553
Tadjuddin, Andi Fajriwati. 2017. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab.” al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1 no. 1: 25-37. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/2402
Teehankee, Benito. 2017. “Critical Realist Action Research and Humanistic Management Education.” Academy of Management Proceedings, no. 1: 13285. https://doi.org/10.5465/ambpp.2017.13285abstract
Uliyah, Asnul, dan Zakiyah Isnawati. 2019. “Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Shaut Al-’arabiyah, 7 no. 1: 31–43. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375
Waddock, Sandra. 2016. “Developing Humanistic Leadership Education.” Humanistic Management Journal, 1 no. 1: 57–73. https://doi.org/10.1007/s41463-016-0003-5
Wekke, Ismail Suardi. 2017. “Pengembangan Pembelajaran Keagamaan dan Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Minoritas Muslim.” Tadrib, 3 no. 2: 187-196. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i2.1793
DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Editorial Office
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Phone: +62 274 387656, ext. 449
Email: maharat@umy.university
---------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.