Taḥlīl Ahliyyati Muḥtawiyāti Kitābi Qawā’idī Fī Al-Jawāhir Al-Maḥmūd Min An-Naḥwi Wa Aṣ-Ṣarfi Lisy-Syaikh Baḥr Al Munīr Al-Ḥamīm Trenggalek

Niswatush Sholihah, Zainal Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi Kitāb Qawā’idī karya Syekh Bahr Al-Munir Al-Hamim Trenggalek dengan standar buku teks yang baik menurut tujuan, kualitas, kaidah penulisan dan bagian-bagiannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitiannya yaitu buku ini sesuai dengan standar buku teks yang baik sesuai dengan tujuan, kualitas, kaidah penulisan dan bagian-bagiannya, yaitu memiliki sudut pandang dan konsep yang jelas, sesuai dengan kurikulum 2013 dan kurikulum terpadu, mempunyai media pendidikan yang baik, mempunyai kesesuaian dengan standar keterkaitan dengan materi lain, menarik minat siswa, dan memiliki nilai-nilai kebaikan yang membentuk akhlak yang baik bagi siswa, yaitu pengembangan aktivitas siswa dalam menganalisis semua komponen, pengembangan aktivitas siswa dalam berbicara, yaitu dengan bernyanyi, pengembangan siswa dalam berpikir, dan pengembangan aktivitas siswa dalam berbicara, serta pengembangan toleransi siswa. Namun, berdasarkan pedoman penulisan buku teks yang baik, kitab ini tidak sesuai dengan etos kerja praktek serta tidak memiliki daftar gambar, daftar tabel, dan halaman penutup di dalamnya.


Keywords


Analisis; kelayakan isi; kitāb qawā’idī

Full Text:

PDF

References


Al Fauzan, Abdur Rahman bin Ibrahim. I’dād Mawād Ta’līm al Lughah al ‘Arabiyyah Li Ghairi an Nāthiqīn bihā. 1428 H.

Bismiati, Pita. 2016. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Durūs al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Athfāl di SD 1 plus Masyithah Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.” Skripsi., IAIN Purwokerto

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muradi, Ahmad. 2017. “I’dād Mawād al Lughah al ‘Arabiyyah Li Ghairi an Nāthiqīn bil ‘Arabiyyah wa Ta’līfuha” Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan) vol. 6 No. 1. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/1426

Rachmawati, S. W. 2004. Anatomi Buku Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rohman, Taufiqur. 2017. “Analisis buku ajar Madarij al-Duruus al-Arabiyah karya KH Basori Alwi” Laporan Penelitian, UIN Malang.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia, Bandung: Angkasa.

Thu’aimah, Rusydi Ahmad. 1985. “Dalīl ‘amal fī I’dād al Mawād at Ta’līmiyyah li Barāmij Ta’līm al ‘Arabiyyah”. Makkah: Ma’had al Lughah al ‘Arabiyyah bi Jāmi’ah Umm al Qurā.

Zuhairoh. 2020. “Analisis Komparatif Kitab An-Nahwu Al-Wadhih dan Kitab Marja’ At-Thullab Fi Qawa’id An-Nahwi” Prosiding Semnasbama (Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa) IV HMJ Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v4i2.14119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Niswatush Sholihah, Zainal Arifin

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.