Eksperimentasi Media Permainan Bingo untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran

Hesti Pramudita

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dirancang dengan metode pre-eksperimental designs (non designs). Bentuk desain penelitian ini yaitu one-group pretest-postest design, dalam desain ini terdapat satu kelompok atau kelas yang dipilih tidak secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal kemudian diberi posttest untuk mengetahui keadaan setelahnya. Hasil penelitian ini adalah eksperimentasi media permainan bingo dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata dari pretest ke posttest meningkat hingga 60,56 poin. Hasil perhitungan rumus paired sample t-test dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) dan dapat disimpulkan bahwa “Media permainan bingo dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab”.

Keywords


Pembelajaran Bahasa Arab; Kosakata; Media Permainan Bingo

Full Text:

PDF

References


MacTruck, Robert H. and George A. Morgan. Mastery Motivation Conceptualizations and Application. New Jersey: Ablex Publishing Corporation, 1995.

Mujid, Fathul dan Nailur Rahmawati. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press, 2012.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2014.

Siberman, Melvin L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif penerjemah Raisul Muttaqien. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia, 2016. Cetakan XI.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2014.

Nurfauzi, Rena Rizki. Skripsi Penerapan Media Permainan Kartu Bingo Dalam Pembelajaran Mufradat (Studi Eksperimen Di Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Bantul Yogyakarta) Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Hanifah, Umi. “Penerapan Model PAIKEM dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid” Vol. 5 No.2, 2016.

Vega, Melvin. Sejarah Dan Fakta Tentang Permainan Bingo Dan Keno, http://goshow.info/2016/02/sejarah-dan-fakta-tentang-permainan-bingo-dan-keno/ diunduh tanggal 7 Desember 2018 pukul 20.05 WIB




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mahārāat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.