Problematika Pembelajaran Qiro’ah untuk Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Aur Duri Sumani Solok

M. Pakihun, Mahyudin Ritonga, Bambang Bambang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik di Madrasah Tsanawiyyah dalam membaca bahasa Arab, tujuan didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan lemahnya kemampuan peserta didik dalam membaca bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif, informan utama dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab, dan untuk informan tambahan kepala madrasah dan beberapa peserta didik yang dipilih secara purposive sampling. Untuk mendapatkan data dari sumber yang ditentukan dalam penelitian ini digunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi, semua data dianalisis dengan pendekatan interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kesulitan mempelajari materi qiro’ah yang dihadapi peserta didik ialah mulai dari aspek makharij al-huruf, shifat al-huruf, tajwid, dan gramatika, data menunjukkan secara umum peserta didik tidak memiliki ilmu dasar yakni gramatika bahasa Arab, sementara pada aspek makharij al-huruf, shifat al-huruf dan tajwid banyak di antara peserta didik yang telah memiliki kemampuan yang baik. Hasil penelitian merekomendasikan agar pembelajaran makharij al-huruf, shifat al-huruf dan tajwid dilakukan secara intensif di luar jadwal formal. Di samping itu, penguatan gramatika dalam bentuk aplikasinya menjadi semakin penting, untuk itu sinkronisasi materi pada kurikulum pesantren dengan materi bahasa Arab sebagai kurikulum Kemenag dapat menjadi alternatif.


Keywords


reading, makhraj, tajwid, gramatical

Full Text:

PDF

References


’Asysyasy, N. (2019). al-Wasail al-Ta’limiyyah wa Dawruha fi Tahsin al-’Amaliyyah al-Ta’limiyyah ’Ind Talamidz al-Marhalah al-Ibtidaiyyah. Universite Akli Mohand Oulhadj-Bouira.

Ahkas, Ahmad Wallad, Zainal Rafli, & Aceng Rahmat. 2017. "Capability Learning on Speaking in Arabic (An Ethnographic Study at Arabic Department of FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)". IJLRES - International Journal on Language, Research and Education Studies, 1, No. 1, 93–106. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijlres/article/view/944

Ansyah, Supriyadi, Mahyudin Ritonga, & Fitri Alrasi. 2020. "Sistem Kaji Duduak Sebagai Strategi Pembelajaran Maharah al-Qira’ah di Madrasah Batang Kabung". Arabi : Journal of Arabic Studies, 5, No. 2, 191–200. https://doi.org/10.24865/ajas.v5i2.257

Bahri, Ratni Bt. H. 2015. "Prinsip integrasi tata bahasa dalam materi pembelajaran bahasa bagi pemula". Irfani, 11, No. 1, 116–127. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir

Che Haron, Sueraya, Ismail Hasanien Ahmed, Arifin Mamat, Wan Rusli Wan Ahmad, & Fouad Mahmoud M. Rawash. 2016. "Challenges in Learning to Speak Arabic". Journal of Education and Practice, 7, No. 24, 80–85.

Chettouh, Zehour. 2019. عالمية اللغة العربية: قراءة إبستيمية في إمكانية الاستثمار اللغوي. الضاد, 3(1), 1–17. https://ejournal.um.edu.my/index.php/aldaad/article/view/17321/10497

Dolong, Jufri. 2016. "Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran". Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5, No. 2, 293–300. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3484

El-Omari, Abdallah Husein, & Hussein Mohammad Bataineh. 2018. "Problems of Learning Arabic by Non-Arabic Speaking Children: Diagnosis and Treatment". Journal of Language Teaching and Research, 9, No. 5, 1095–1100. https://doi.org/10.17507/jltr.0905.25

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. 2018. "Hakikat Pembelajaran yang Efektif". Jurnal At-Tafkir, 11, No. 1, 85–99.

Fauziah, Reni, Mahyudin Ritonga, & Fitri Alrasi. 2020. "Korelasi Tsiqah Tahfidz Al-Qur’an dengan Maharah al-Lughah al-’Arabiyyah Mustawa Tsalits Ma’had Az-Zubair bin Al-Awwam". EL-TSAQAFAH Jurnal Jurusan PBA, 19, No. 1, 25–36. https: journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah%0AKORELASI

Gusvita, Armi, Mahyudin Ritonga, & Wedy Nasrul. 2020. "Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Anai". Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5, No. 2, 85–88. https://doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.224-234

Hassan, Nur Farhanah Abu, & Arifin Mamat. 2017. "The Effects of Storytelling o n Primary Students ’ Arabic Vocabulary Acquisition and Interest". IIUM Journal of Educational Studies, 5, No. 2, 20–38.

Hidayat, Nandang Sarip. 2012. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab". Jurnal Pemikiran Islam, 37, No. 1, 82–89.

Khambali, Khambali, Yumna Rasyid, & Zainal Rafli. 2019. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan gaya berpikir terhadap Hasil Belajar Qiro’ah". Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14, No. 1, 65–86.

Khoiriyah, Hidayatul. 2020. "Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Menengah". Lisanuna, 10, No. 1, 32–44.

Lahmi, Ahmad, Mahyudin Ritonga, Riki Saputra, Mursal Mursal, Sandra Ayu, Talqis Nurdianto, & Surya Afdhal. 2020. "Internet, Pesantren and Management Strategies Educational Building". International Journal of Advanced Science Research, 29(4), 2827–2836. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/23459/12133

Lamba, Sonika, Archana Rawat, Jerry Jacob, Meena Arya, Jagbeer Rawat, Vandana Chauhan, & Sucheta Panchal. 2017. "Impact of Teaching Time on Attention and Concentration". IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), 3, No. 4, 01–04.

Mahadi, Tengku Sepora Tengku, & Sepideh Mogaddas Jafari. 2012. "Motivation, Its Types, and Its Impacts in Language Learning". International Journal of Business and Social Science, 3, No. 24, 230–235.

Maher, Carmel, Mark Hadfield, Maggie Hutchings, & Adam De Eyto. 2018. "Ensuring Rigor in Qualitative Data Analysis: A Design Research Approach to Coding Combining NVivo With Traditional Material Methods". International Journal of Qualitative Method, 17, No. 1, 1–13. https://doi.org/10.1177/1609406918786362

Mahfudz, I. M. A. 2017. al-Maharat al-Lughawiyyah. Dar al-Tadmuayyah.

Mariyam, Siti. 2021. "Hubungan Penguasaan Nahwu Sharaf dengan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pesantren Riyadhul Huda". Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2, No. 2, 71–81. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.2828

Mustofa, Syaiful, Eka Lutfiyatun, & Akhmad Muzakki. 2020. "TATHWÎR KIT B AL-QIR AH AL-IDH FÎ ‘AL AS S AL-QIYAM AL-AKHL QIYYAH LI TARQIYAH MAH RAH AL-QIR AH LAD TAL MÎDZ AL-MADRASAH AL-MUTAWASSITHAH". Arabi : Journal of Arabic Studies, 5(1), 103–116. https://doi.org/10.24865/ajas.v5i1.239

Ni’mah, Khoirotun. 2018. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Qiro’ah Bahasa Arab dengan Teknik Make A Match di Kelas MI Pucangro Lamongan". MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1, No. 1, 1–14. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/489

Nurcholis, Ahmad, Syaikhu Ihsan Hidayatullah, & Muhamad Asngad Rudisunhaji. 2019. "Karakteristik dan Fungsi Qira’ah dalam Era Literasi Digital". EL-TSAQAFAH Jurnal Jurusan PBA, 18, No. 2, 131–146. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah

Oroujlou, Nasser. 2014. "The Importance of Media in Foreign Language Learning". Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, May, 24–28. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.113

Pane, Arida, & Muhammad Darwis Dasopang. 2017. "Belajar dan Pembelajaran". FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3, No. 2, 333–352. jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F

Rahim, Farida. 2005. "Pelaksanaan Pengajaran Membaca di kelas IV SD 08 Padang". Bahasa Dan Seni, 33, No. 2, 249–269.

Rahman, Anwar Abd. 2017. "Keterampilan Membaca dan Teknik Pengembangannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab". Jurnal Diwan, 3, No. 2, 155–169.

Rahman, Nur Fuadi. 2018. "Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa PBA IAIN Palangka Raya 2017/2018)". Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 10, No. 1, 22–35.

Rathomi, Ahmad. 2019. "Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik". Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8, No. 1, 563. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315

Ritonga, Apri Wardana, Mahyudin Ritonga, Talqis Nurdianto, Martin Kustati, Rehani, Ahmad Lahmi, Yasmadi, dan Pahri. 2020. "E-Learning Process of Maharah Qira’ah in Higher Education during the Covid-19 Pandemic". International Journal of Higher Education, 9, No. 6, 227–235. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227

Ritonga, Mahyudin, Alwis Nazir, dan Sri Wahyuni. 2016. "Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi". Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3, No. 1, 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/a.v3i1.2879

Roviin, Roviin. 2018. "Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian tentang Instrumen Tes)". Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10, No. 1, 195–213. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v10i1.3085

Sartika, Fitria., dkk. 2020. "Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah". Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20, No. 2, 115–128. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.32598

Sokip, Sokip. 2020. "Overcoming the Problem of Learning Foreign Language Skills in the Classroom". Universal Journal Of Educational Research, 8, No. 2, 723–729. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080246

Sungkar, Abdullah. 2019. "Problematika Linguistik dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung". Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11, No. 1, 134–153.

Susanti, Elvi, Mahyudin Ritonga, dan Bambang Bambang. 2020. "Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa". Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4, No. 1, 179–191. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406

Syika, A. 2015. "al-Wasail al-ta’limiyyah: Ahammiyatuha wa Anwa’uha". Dalam Qatar Charity (Vol. 1, pp. 1–23). IIUM.

Takdir, Takdir. 2020. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab". Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2, No. 1, 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290

Thohir, L. (2017). Motivation in a Foreign Language Teaching and Learning. VISION: JOURNAL FOR LANGUAGE AND FOREIGN LANGUAGE LEARNING, 6(1), 20–28.

Unal, Menderes, dan Elif Ilhan. 2017. "A Case Study on the Problems and Suggestions in Foreign Language Teaching and Learning at Higher Education". Journal of Education and Training Studies, 5, No. 6, 64–72. https://doi.org/10.11114/jets.v5i6.2302

Wahhab, S. A., Al-Kurdy, A. ’Ali, & Jalaly, M. 2004. Ta’lim al-Qira’ah wa al-Kitabah fi al-Marhalah al-Ibtidaiyah (Ru’yah Tarbawiyyah). Jami’ah al-Manshurah.

Wahyuni, Wahyuni. (2020). Tathwir Takhthith Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah fi al-Madrasah al-Ibtidaiyah al-Hukumiyyah 5 Padang. Lisanuna, 3(1), 40–52.

Yaqub, Muhammad Tunde. 2012. "Developing Speaking Skill in Arabic Learners: A Proposal for Integration of Product and Process Approaches". European Scientific Jounal, 8, No. 29, 140–149.

Yusuf, Muhammad, dan Ismail Suardi Wekke. 2018. "Teaching and Learning Arabic and Quran through Ecletic Method in Islamic School". International Journal of Pure and Applied Mathematics, 119, No. 18, 915–927.

Zaenuddin, Rodliyah. 2012. "Pembelajaran Nahwu/Sharaf dan Implikasinya terhadap membaca dan Memahami Literatur Bahasa Arab Kontemporer pada Santri Pesantren majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien (MTM) Desa Kempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon". Holistik, 13, No. 01, 95–120.

Zaynullin, Gabdulzyamil G., dan Alfiya M. Khabibullina. 2017. "Stylistic Features of Comment in Arabic Blogosphere". Journal of History Culture and Art Research, 6, No. 5, 285–291. https://doi.org/10.7596/taksad.v6i5.1290




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.